PENGEMBANGAN SOAL LITERASI MATEMATIKA TERINTEGRASI ISLAM UNTUK SISWA MADRASAH

M. Imamuddin(1*), Hari Antoni Musril(2), Isnaniah Isnaniah(3),

(1) UIN Bukittinggi
(2) UIN Bukittinggi
(3) UIN Bukittinggi
(*) Corresponding Author


Abstract


Pembelajaran matematika di madrasah dituntut untuk dilaksanakan secara Islami dan mampu melatih kemampuan literasi matematika siswa. Untuk itu diperlukan soal literasi matematika yang syarat dengan nilai-nilai Islam sebagai materi latihan dalam pembelajaran. Penelitan ini bertujuan mengembangkan dan menghasilkan soal literasi matematika terintegrasi Islam untuk materi bilangan bulat yang valid, praktis dan efektif. Metode penelitian ini, menggunakan metode penelitian pengembangan dengan tahapan: analisis, desain, dan evaluasi. Ujicoba produk dilaksanakan di kelas VII MTsN 2 Bukittinggi dan MTsN 7 Agam. Instrumen yang digunakan berupa: pedoman wawancara dengan guru/siswa, lembar analisis silabus, lembar validasi ahli, dan lembar angket guru/siswa. Analisis data kualitatif: tabulasi, redukasi (pengkodean dan pengelompokan), menyajikan dan menarik kesimpulan. Data kuantitatif dianalisis menggunakan persentase, kategori dan kriteria. Penelitian ini menghasilkan soal literasi matematika terintegrasi Islam untuk materi bilangan bulat. Soal yang dihasilkan berkriteria sangat valid dengan persentase 87.3% yang diperoleh dari penilaian ahli (pendidikan matematika, pendidikan Islam dan bahasa), sangat praktis dengan persentase 92% dan 94% yang diperoleh melalui ujicoba kelompok kecil dan besar, dan efektif berdasarkan efek potensial yaitu soal dapat memotivasi siswa, memiliki manfaat yang sangat baik dan mampu membedakan kemampuan literasi matematika siswa. Berdasarkan penelitian ini, direkomendasikan untuk menggunakan soal literasi matematika terintegrasi Islam dalam pembelajaran matematika.

It is required to conduct mathematics learning in Madrasas by integrating Islamic values with the aims to foster students’ mathematical literacy skills. Therefore, tests on mathematical literacy skills should include Islamic values as their material. This research aims to develop and produce Islamic-integrated mathematical literacy tests for valid, practical and effective integer testing material. This research method uses development research methods with stages: analysis, design, and evaluation. The product trial was carried out on seventh grade students of MTsN 2 Bukittinggi and MTsN 7 Agam. The instruments used were interview guidelines with teachers/students, syllabus analysis sheets, expert validation sheets, and questionnaire for teachers/students. Qualitative data were analyzed through tabulation, reduction (coding and grouping), presenting, and drawing conclusions. Quantitative data were analyzed by using percentage, categories and criteria. This research produces an Islamic-integrated mathematical literacy tests for integer learning material. The developed tests are categorized valid with a percentage of 87.3% obtained from expert assessments (mathematics education, Islamic education, and language), practical with a percentage of 92% and 94% obtained from small and large group trials, and effective based on potential effects related to their possibility to motivate students, the benefits they bring to students  and their ability to distinguish students' mathematical literacy skills. Based on the research, it is recommended for teachers to use Islamic-integrated mathematical literacy tests in mathematics learning.


Keywords


Islamic integration; Mathematical literacy; Test development

References


Abdussakir. (2017). Internalisasi Nilai-Nilai Islami Dalam Pembelajaran Matematika Dengan Strategi Analogi. http://repository.uin-malang.ac.id/1885/2/1885.pdf

Adit, A. (2019, December 12). Gebrakan “Merdeka Belajar” Berikut 4 Penjelasan Mendikbud Nadiem. Kompas.Com. https://edukasi.kompas.com/read/2019/12/12/12591771/gebrakan-merdeka-belajar-berikut-4-penjelasan-mendikbud-nadiem?page=all

Akker, J. van den, Bannan, B., Kelly, A. E., Nieveen, N., & Plomp, T. (2013). Educational Design Research. SLO.

Alawiyah, F. (2014). Pendidikan Madrasah di Indonesia. Aspirasi, 5(1), 51–58. https://doi.org/https://doi.org/10.46807/aspirasi.v5i1.449

Amelia, I., Syamsuri, & Novaliyosi. (2020). Identifikasi Proses Penyelesaian Soal Literasi Matematika Siswa Kelas IX Pada Konten Peluang dan Data. Journal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 331–345. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/cendekia.v4i2.212

Angraini, L. M., Andrian, D., Effendi, L. A., & Firdaus. (2021). Pelatihan Pengembangan Soal-Soal Matematika yang Terintegrasi dengan Nilai-Nilai Keislaman. CEEJ: Community Education Engagement Journal, 3(1), 1–8. https://doi.org/https://doi.org/10.25299/ceej.v3i01.8038

As Salafy, Y. W. (2022). Perbandingan Literasi Matematika Siswa Kelas VIII Smp Dalam Pembelajaran Model Eliciting Activities (Meas) Dan Pembelajaran Konvensional. MATHEdunesa Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 11(1), 302-310

Direktorat Jenderal Pendidikan Islam. (2020). No Title. pendis.kemenag.go.id

Fathani, A. H. (2016). Pengembangan Literasi Matematika Sekolah Dalam Perspektif Multiple Intelligence. EduSains, 4(2), 136–150.

Fitriza, R., Putra, M. S., & Samad, D. (2020). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berwawasan Al-Qur’an dan Budaya Minangkabau Dalam Pembelajaran Matematika Kelas X. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(4), 1159–1171. https://doi.org/https://doi.org/10.24127/ajpm.v9i4.3212

Hamzah, A. (2019). Metode Penelitian & Pengembangan Research & Development. Literasi Nusantara.

Harahap, A. (2018). Integrasi Alquran dan Materi Pembelajaran Kurikulum Sains pada Tingkat Sekolah di Indonesia: Langkah Menuju Kurikulum Sains Berbasis Alquran. Jurnal Penelitian Medan Agama, 9(1), 21–46.

Imamuddin, M., Isnaniah, I., Zulmuqim, Z., Nurdin, S., & Andryadi, A. (2020). Integrasi Pendidikan Matematika dan Pendidikan Islam (Menggagas Pembelajaran Matematika di Madrasah Ibtidaiyah). Jurnal Pendidikan Dasar, 4(2), 117–130.

Imamuddin, M., & Sepriyanti, N. (2022). Exploring Madrasah Students Mathematics Literacy Ability. International Journal Of Humanities Education and Social Sciences (IJHESS), 1(4).

Isnaniah, I., Imamuddin, M., Charles, C., Syahrul, S., & Zulmuqim, Z. (2021). Kemampuan Literasi Matematika Siswa Berdasarkan Gender. Lattice Journal: Journal of Mathematics Education and Applied, 1(2), 131–137.

Istiqlal, M., & Jumadi. (2017). Strengthening Islamic Character Through Mathematics Learning. MUDARRISA: Jurnal Kajian Pendidikan Islam, 9(2), 188–207. https://doi.org/https://doi.org/10.18326/mdr.v9i2.188-207

Johar, R. (2012). Domain Soal PISA untuk Literasi Matematika. Jurnal Peluang, 1(1), 30–41.

Julisra, W., & Sepriyanti, N. (2019). Kemampuan Literasi Matematis Peserta Didik Dalam Perspektif Gender Di Kelas X Mia 7 SMAN 10 Padang. Math Educa Journal, 3(2), 195–206. https://doi.org/https://doi.org/10.15548/mej.v3i2.673

Junaidi, Susilawati, N., Fernandes, R., Sylvia, I., & Putra, E. V. (2020). Integration of Al-Quran Education and Minangkabau Culture on Subjects in Formal Schooling. Advances in Social Science, Education and Humanities Research, 405(Iclles 2019), 139– 144. https://doi.org/10.2991/ assehr.k.200217.029

Karmila. (2018). Deskripsi Kemampuan Literasi Matematis Siswa Ditinjau Dari Gender. Pedagogy, 3(1), 126–155.

Kaunang, D. F., Mantiri, J., & Mangelep, N. O. (2018). Pengembangan Soal Literasi Matematika Berbasis Kearifan Lokal Minahasa Untuk Siswa SMP. Jurnal Frontiers, 1(2), 223–230.

Khoirudin, A., Styawati, R. D., & Nursyahida, F. (2017). Profil Kemampuan Literasi Matematika Siswa Berkemampuan Matematis Rendah Dalam Menyelesaikan Soal Berbentuk Pisa. Aksioma: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 8(2), 33–42. https://doi.org/https://doi.org/10.26877/aks.v8i2.1839

Kohar, A. W., Zulkardi, & Darmawijoyo. (2014). Developing PISA- like Mathematics Tasks to Promote Students ’ Mathematical Literacy. In Proceeding the 2nd SEA-DR, 14–26.

Kurniati, A. (2016). Pengembangan Modul Matematika Berbasis Kontekstual Terintegrasi Ilmu Keislaman. Al-Khwarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, 4(1), 43–58.

Lanya, H., Zayyadi, M., Sulfiah, S. K., & Roziq, A. (2021). Students’ Mathematical Literacy on the Performance of PISA Questions: What is Gender Correlation ? Jurnal Didaktik Matematika, 8(2), 222–234. https://doi.org/10.24815/jdm.v8i2.20570

Lestariningsih & Lutfianto, M. (2021). Pengembangan Soal Literasi Matematis untuk Mendukung Matematisasi Mahasiswa Calon Guru. Jurnal Elemen, 7(1), 195 – 208. DOI: 10.29408/jel.v7i1.3003, http://e-journal.hamzanwadi.ac.id/index.php/jel

Mahdiansyah, & Rahmawati. (2014). Mathematical Literacy Of Students At Secondary Education Level: An Analysis Using International Test Design with Indonesian Context. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 20(4), 452–469. https://doi.org/10.24832/jpnk.v20i4.158

Mahiuddin, W. P., Masi, L., Kadir, & Anggo, M. (2019). Analisis Kemampuan Literasi Matematis Siswa SMP Di Kabupaten Konawe Dalam Perspektif Gender. Jurnal Pendidikan Matematika, 10(1), 55–65.

Majid, A. (2012). Belajar dan Pembelajaran: Pendidikan Agama Islam. PT Remaja Rosdakarya.

Mansur, N. (2018). Melatih Literasi Matematika Siswa dengan Soal PISA. Prisma: Prosiding Seminar Nasional Matematika (PRISMA 1 2018), 140–144.

Mauluah, L., & Marsigit. (2014). Pengembangan LKS Matematika Yang Terintegrasi dengan Nilai-nilai Islam di Kelas IV MI Diponegoro Bantul. Al-Bidayah, 6(1), 125–141.

MTsN 2 Bukittinggi. (2021). No Title. Mtsn2bukittinggi.sch.id

Mufidah, N. (2018). Pengajaran Menuju Budaya Literasi Dan Pembentukan Karakter Muslim Dengan Kajian Tokoh Untuk Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI). A L - M U D A R R I S J o u r n a l o f E d u c a t i o N, 1(1), 15–21.

Mutijah. (2018). Model Integrasi Matematika dengan Nilai-nilai Islam dan Kearifan Lokal Budaya dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 51–75.

Nindiawati, D., Subandowo, M., & Rusmawati, R. D. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Matematika untuk Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Edcomtech, 6(1), 140–150.

Nolaputra, A.P., Wardono, & Supriyono, (92018). Analisi Kemampuan Literasi Matematika pada Pembelajaran PBL Pendekatan RME Berbantuan Schoology Siswa SMP. PRISMA 1, 18-32 https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/,

Novianti, Hartoyo, A., & Nursangaji, A. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Bersumber Al-Qur’an Berbentuk Modul Pada Materi Fungsi Kelas X. Journal of Authentic Research on Mathematics Education (JARME), 3(2), 217–232. https://doi.org/https://doi.org/10.37058/jarme.v3i2.3357

OECD. (2009). Learning Mathematics for Life: A Perspective from PISA. OECD Publishing.

OECD. (2010). PISA 2012 Mathematics Framework: Draft Subject to Possible revision after the Field Trial. https://www.oecd.org/pisa/pisaproducts/46961598.pdf

OECD. (2013). PISA 2012 Assessment and Analytical Framework: mathematics, reading, science, problem solving and financial literacy. OECD Publishing.

Ojose, B. (2011). Mathematics Literacy: Are We Able to Put The Mathematics We Learn Into Everyday Use ? Journal of Mathematics Education, 4(1), 89–100.

Oktaviranda, A., & Asmara, A. (2021). Kemampuan Literasi Melalui Pengembangan Soal pada Materi Statistika. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 7(1), 15-26. http://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/jkpm

Pernandes, O., & Asmara, A. (2020). Kemampuan Literasi Matematis Melalui Model Discovery Learning di SMP. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 5(1), 140-147

Plomp, T. (2013). An Itroduction to Educational Design Research. SLO.

Pulungan, D. A. (2014). Pengembangan Instrumen Tes Literasi Matematika Model Pisa. Journal of Educational Research and Evaluation, 3(2), 74–78.

Purwanto. (2011). Evaluasi Hasil Belajar. Pustaka Pelajar.

Rachmiati, W., & Mansur. (2021). Vidio Pembelajaran Matematika Terintegrasi Nilai-Nilai Keislaman Untuk mengembangkan Pemahaman Matematis dan Karakter Religius Siswa. Primary: Jurnal Keilmuan Dan Kependidikan Dasar, 13(1), 59–72.

Riduwan. (2012). Skala Pengukuran Variable Penelitian. Alfabeta.

Setiawan, A., Inganah, S., & Ummah, S. K. (2019). Analisis Kemampuan Literasi Matematis Siswa Dalam Penyelesaian Soal Pisa Ditinjau Dari Gender. Jurnal Karya Pendidikan Matematika, 6(1), 43–48.

Setiawan, A., & Thahir, M. (2016). Pembelajaran Matematika Dasar Berintegrasi Keislaman untuk Meningkatkan Sikap Religiusitas Siswa. The Dynamics of Malay Islamic World in Responding to Contemporary Global Issues, 155.

Setiawati, R., Netriwati, N., & Nasution, S. P. (2018). Desain Model Pembelajaran Gerlach dan Ely yang Berciri Nilai-nilai Ke-Islaman untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 7(3), 371–379.

Sobarningsih, N., Juariah, J., Nurdiansyah, R., Purwanti, A. R., & Kariadinata, R. (2019). Pengembangan Soal Matematika Bernuansa Islami. Jurnal Analisa, 5(2), 109–123.

Stacey, K. (2011). The PISA View of Mathematical Literacy in Indonesia. Journal on Mathematics Education (IndoMS J.M.E), 2(2), 95–126.

Stacey, K., & Turner, R. (2015). Assessing Mathematical Literacy, The PISA Experience. Springer.

Subhan, A. (2014). Lembaga Pendidikan Islam Indonesia Abad ke-20: Pergumulan antara Modernisasi dan Identitas. Kencana.

Tessmer, M. (1993). Planning and Conducting Formative Evaluation. Kogan Page.

Widodo, S. A., Sunardi, & Diah S. L., N. (2015). Identification Of Mathematical Literacy Students In XIA-4 Grade Of SMA Negeri 1 Ambulu. http://repository.unej.ac.id/bitstream/handle/123456789/64122/SUGENG ARIEF WIDODO.pdf?sequence=1&isAllowed=y

Zulkardi. (2006). Formative Evaluation: What, Why, When, and How. http://www.oocities.org/zulkardi/books.html




DOI: http://dx.doi.org/10.24127/ajpm.v11i2.4830

Refbacks

  • There are currently no refbacks.