EFEKTIVITAS PENERAPAN RECIPROCAL LEARNING DALAM PEMBELAJARAN DARING SELAMA PANDEMI COVID-19

Siti Inganah(1*), Eliza Dewi Armelia(2), Adi Slamet Kusumawardana(3),

(1) Universitas Muhammadiyah Malang
(2) Universitas Muhammadiyah Malang
(3) Universitas Muhammadiyah Malang
(*) Corresponding Author


Abstract


Abstrak

Pandemi Covid-19 memberikan tantangan besar dunia pendidikan dengan pemberlakuan  penerapan pembelajaran daring. Untuk itu, diperlukan pembelajaran interaktif yang sesuai diterapkan dalam pembelajaran daring. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas penerapan reciprocal learning dalam pembelajaran daring di kelas X IPA 1 SMA Negeri 1 Gambiran. Efektivitas ditinjau dari aktivitas siswa, hasil belajar siswa dan respon siswa. Metode penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa berjumlah 30 orang. Instrumen penelitian ini menggunakan lembar aktivitas siswa, tes, dan angket. Hasil penelitian menemukan bahwa penerapan reciprocal learning dalam pembelajaran daring pada materi logaritma kelas X IPA 1 di SMA Negeri 1 Gambiran efektif. Penerapan reciprocal learning dalam pembelajaran daring dengan empat tahapan aktivitas yaitu bertanya, memprediksi, mengklarifikasi, dan merangkum dapat meningkatkan aktivitas siswa, hasil belajar siswa, dan respon siswa. Aktivitas siswa bertanya, memprediksi, klarifikasi, dan merangkum mengalami peningkatan disetiap pertamuan dengan rata-rata akhir 76,19% dalam kategori baik. Hasil belajar siswa sebanyak 90% diatas KKM tuntas secara klasikal dan respon siswa menunjukkan positif dengan rata-rata akhir 82,67% dalam kategori sangat baik. Respon siswa ditunjukkan dengan siswa merespon pembelajaran dengan bersemangat, antusias tinggi, dan tertarik mengikuti rangkaian penerapan reciprocal learning dalam pembelajaran daring.

Abstract

The Covid-19 pandemic poses a big challenge to the world of education with the implementation of online learning. For this reason, interactive learning is needed that is appropriate to be applied in online learning. This study aims to describe the effectiveness of the application of reciprocal learning in online learning in class X IPA 1 SMA Negeri 1 Gambiran. Effectiveness in terms of student activities, student learning outcomes and student responses. This research method uses a descriptive method with a qualitative approach. The subjects of this study were 30 students. This research instrument uses student activity sheets, tests, and questionnaires. The results of the study found that the application of reciprocal learning in online learning on logarithmic material for class X IPA 1 at SMA Negeri 1 Gambiran was effective. The application of reciprocal learning in online learning with four stages of activity, namely asking, predicting, clarifying, and summarizing can increase student activity, student learning outcomes, and student responses. The activities of students asking, predicting, clarifying, and summarizing experienced an increase in each meeting with a final average of 76.19% in the good category. Student learning outcomes as much as 90% above the KKM completed classically and student responses showed positive with a final average of 82.67% in the very good category. Student responses are shown by students responding to learning with enthusiasm, high enthusiasm, and interest in participating in a series of applications of reciprocal learning in online learning.


Keywords


efektivitas; pembelajaran daring; reciprocal learning

References


Abidin, Z., Hudaya, A., & Anjani, D. (2020). Efektivitas Pembelajaran Jarak Jauh Pada Masa Pandemi Covid-19. Research and Development Journal of Education, 1(1), 131. https://doi.org/10.30998/rdje.v1i1.7659

Afriana, Rovi, 2017. Pengaruh Model Reciprocal Teaching terhadap Hasil Belajar pada Konsep Fluida Statis. Skripsi. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah, Jakarta.

Anugrahana, A. (2020). Hambatan, Solusi dan Harapan: Pembelajaran Daring Selama Masa Pandemi Covid-19 Oleh Guru Sekolah Dasar. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 10(3), 282–289. https://doi.org/10.24246/j.js.2020.v10.i3.p282-289

Dyah, Novia (2019). PENGARUH MODEL RECIPROCAL TEACHING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS SISWA

KELAS X Dyah Rufaidah 1 , Novia Ratna Sari 2 1,2. 8(1), 8–14.

Emily, P., & Mclaughlin, T. F. (2018). International Journal of English and Education. International Journal of English and Education, 3(2), 581–584.

Fauzy, A., & Nurfauziah, P. (2021). Kesulitan Pembelajaran Daring Matematika Pada Masa Pandemi COVID-19 di SMP Muslimin Cililin. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 551–561. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i1.514

Firmansah, M. L. H. (2022). Desain Pembelajaran Kooperatif dalam E-Learning pada Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(1), 749–758. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i1.2052

Gayatri, S. A., Sugiarta, I. M., & Suryawan, I. P. P. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe ETH melalui Pembelajaran Daring terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika Undiksha, 11(2), 26–35.

Hariyanti, D., Mun’im, A. H., & Hidayat, N. (2020). Identifikasi Hambatan Mahasiswa dalam Pelaksanaan Pembelajaran Biologi Secara Daring Selama Pandemi Covid-19 di Kabupaten Jember. ALVEOLI: Jurnal Pendidikan Biologi, 1(1), 11–21. https://doi.org/10.35719/alveoli.v1i1.4

Januardi, Anggi G., U. P. (2018). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN RECIPROCAL LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN EKONOMI DI SMA BAKTI BANGSA AIR SALEH Keyword : Reciprocal Learning Model , Learning outcomes. 2(1), 57–67.

Malik, A. (2021). Hambatan Komunikasi dalam Perkuliahan Daring pada Masa Pandemi Covid-19. LONTAR: Jurnal Ilmu Komunikasi, 9(2), 78–84. https://doi.org/10.30656/lontar.v9i2.4037

Nafiah, S. (2017). Penerapan pengajaran terbalik. 02, 30–37.

Nugroho, S. A., Wati, A. F., & Dianastiti, F. E. (2020). Kendala dan Solusi Pembelajaran Daring di Perguruan Tinggi (Constraints and Solutions in the Implementation of Online Lesson in Higher Education). Jalabahasa, 16(2), 196–205.

Palincsar, A. S., & Brown, A. L. (1984). Reciprocal teaching of comprehensive-fostering and comprehension-monitoring activities. Cognition and Instruction, 1, 117–175.

Pradja, B. P., & Firmansyah, M. A. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Reciprocal Teaching dalam Pembelajaran Matematika untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa. Imajiner: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 2(2), 159–166. https://doi.org/10.26877/imajiner.v2i2.5829

Pratiwi, N. H., Rahmad, M., Fakhruddin, Z., & Lona, K. (2019). THE IMPLEMENTATION OF RECIPROCAL TEACHING LEARNING MODEL TO IMPROVE THE UNDERSTANDING OF PHYSIC CONCEPTS FOR OPTICAL MATERIAL IN CLASS X SMK Physics Education , University of Riau Vocational High School ( SMK ) Abdurrab Pekanbaru PENERAPAN MODEL PEMBELAJA. 7(2), 78–86.

Rohmah, M., & Sutiarso, S. (2018). Analysis problem solving in mathematical using theory Newman. Eurasia Journal of Mathematics, Science and Technology Education, 14(2), 671–681.

Safitri, M., Idrus, I., Studi, P., Biologi, P., & Bengkulu, U. (2018). UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPA SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING ( PBL ) PENDAHULUAN Pendidikan merupakan usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara a. 2(1), 103–112.

Saleh, H. (2016). Penerapan Strategi Pembelajaran Terbalik (Reciprocal Teaching) untuk Meningkatkan Kreativitas Belajar Mahasiswa Pada Matakuliah Analisis Real. Sigma, 2(1), 13–18.

Sandopa, A., Doyan, A., & Ardhuha, J. (2022). The effect of reciprocal teaching-learning model on the mastery of physics concepts and creativity of senior high school. Journal of Physics: Conference Series, 2165(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/2165/1/012011

Sari, N. K. (2017). Menggunakan Penajaman Ciri Questioning & Clarifying Untuk Membelajarkan Fungsi Polinomial. JURNAL SILOGISME : Kajian Ilmu Matematika Dan Pembelajarannya, 1(2), 27. https://doi.org/10.24269/js.v1i2.270

Sari, U. A. (2020). Keaktifan Siswa dalam Pembelajaran Geografi dengan Menggunakan Model Pembelajaran Reciprocal Teaching. Gulawentah:Jurnal Studi Sosial, 5(1), 60. https://doi.org/10.25273/gulawentah.v5i1.6597

Susanti, E. (n.d.). PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN MODEL RECIPROCAL TEACHING UNTUK MELATIH KECAKAPAN.

Tristiyanti, T., & Afriansyah, E. A. (2016). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Diskursus Multi Representasi Dan Reciprocal Learning (Studi Penelitian di MTs. Mathlaul Ulum Garut). Jurnal Silogisme: Kajian Ilmu Matematika Dan Pembelajarannya, 1(2), 4–14.

Vahlia, I., & Sudarman, S. W. (2015). Penerapan Model Pembelajaran Berbalik (Reciprocal Teaching) Ditinjau Dari Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa. AKSIOMA Journal of Mathematics Education, 4(1), 59–66. https://doi.org/10.24127/ajpm.v4i1.94

Zaenab. (2021). Kolaborasi Zoom dengan WAG Sebagai Potret Merdeka Belajar pada Masa New Normal di SMK Negeri 4 Gowa Jurnal Paedagogy : Jurnal Paedagogy : 8(1), 24–30.




DOI: http://dx.doi.org/10.24127/ajpm.v11i2.4628

Refbacks

  • There are currently no refbacks.