ANALISIS KESULITAN BELAJAR SISWA PADA SOAL CERITA MATEMATIKA DITINJAU DARI KEMAMPUAN PEMAHAMAN DAN KOMUNIKASI MATEMATIS
(1) Muhammadiyah University of Surakarta
(2) Universitas Muhammadiyah Surakarta
(*) Corresponding Author
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi kesulitan belajar siswa pada soal cerita matematika pada pemilihan materi persamaan dan fungsi kuadrat. Jenis penilitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang pertama dilakukan adalah tes, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data pada penelitian ini dengan tiga kegiatan yaitu mereduksi data, penyajikan data, dan menarik kesimpulan yang selanjutnya keabsahan data menggunakan triangulasi. Subjek penelitian ini adalah 20 siswa kelas XI Seni Lukis. Hasil dari penelitian dapat disimpulkan bahwa siswa mengalami kesulitan belajar dalam soal cerita persamaan dan fungsi kuadrat. Siswa kesulitan dalam pemahaman konsep yaitu mengidentifikasi persamaan kuadrat dengan presentase 45 %, kemudian mencari akar-akar persamaan kudrat dengan presentase 80 %, kemudian pada tahap analisis yaitu saat menentukan persamaan kuadrat baru dengan presentase 90%, dan membuat persamaan grafik fungsi kuadrat yang disajikan dalam soal cerita. Kesulitan terbesar siswa yaitu membuat grafik fungsi kuadrat karena kurangnya pemahaman terhadap konsep pembelajaran matematika pada materi persamaan dan fungsi kuadrat. Faktor-faktor lain yang menyebabkan siswa kesulitan belajar matematika dalam mengerjakan soal cerita adalah kurangnya berlatih soal, sering lupa rumus, kurangnya kemampuan berhitung cepat dan kurangnya minat untuk belajar metematika.
This study aims to identify students' learning difficulties in mathematical story problems in the selection of equations and quadratic functions. This type of research used in this research is descriptive qualitative research. The first data collection techniques performed were tests, interviews, and documentation. Analysis of the data in this study with three activities, namely reducing data, presenting data, and drawing conclusions which then validation of the data using triangulation. The subjects of this study were 20 students of class XI Painting. The results of the study can be concluded that students have difficulty learning in the matter of story equations and quadratic functions. Students have difficulty in understanding the concept of identifying quadratic equations with a percentage of 45%, then looking for the roots of the equations with 80% percentage, then at the analysis stage which is when determining a new quadratic equation with a percentage of 90%, and making a graph of quadratic functions presented in a matter of story. The biggest difficulty of students is to graph quadratic functions due to lack of understanding of the concept of learning mathematics in the material equation and quadratic functions. Other factors that cause students difficulty learning mathematics in working on equations and quadratic functions are lack of practicing problems, often forgetting formulas, lack of ability to count quickly and lack of interest in learning mathematics.
Keywords
References
Al Amin, Y & Murtiyasa, B. (2021). Analisis Belajar Matematika pada Proses Pembelajaran Daring Menggunakan Metode Pembelajaran Berbasis Masalah. Jurnal Kontinu. Vol 5, No 1.
Astuti, Rezania R.Y & Murtiyasa, B. (2020) Analisis Kesulitan Siswa Berdasarkan Taksonomi Bloom Dalam Mengerjakan Soal Matematika Bentuk Cerita Pada Pokok Bahasan Segiempat Kelas VII Semester 2 SMP Negeri 2 Kemalang Tahun Ajaran 2019/2020. Skripsi, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Hapsari, S.N & Murtiyasa, B. (2020). Pengaruh Strategi TAI dan STAD Terhadap Hasil Belajar Ditinjau dari Keterampilan Komunikasi Matematis. Jurnal Universal Penelitian Pendidikan, 8(6), 2406-2415.
Pradana, D.A.Y & Murtiyasa, B. (2020). Kemampuan Siswa Menyelesaikan Masalah Bentuk Soal Cerita Sistem Persamaan Linear Ditinjau dari Kemampuan Penalaran. Pythagoras: Jurnal Pendidikan Matematika, 15 (2), 151-164.
Hasibuan, E.K. (2018). Analisis Kesulitan Belajar Matematika Siswa Pada Pokok Bahasan Bangun Ruang Sisi Datar di SMP Negeri 12 Bandung. Jurnal UINSU (Avaible at http://webcache.googleusercontent.com/search?q=cache:efyOEvcH5QJ:jurnal.uinsu.ac.id/index.php/axiom/article/download/1766/1405+&cd=2&hl=id&ct=clnk&gl=id), Vol.7(1).
Hendriana, H. (2017). Hards Skill dan Soft Skill Matematik Siswa. Bandung: Refika Aditama.
Husna, R.A , Rohaeti, E.E & Senjawati,E. (2019). Analisis Kesulitan Belajar Pada Materi Spldv Siswa Kelas X Smk Bina Insan Bangsa Di Tinjau Dari Segi Kemampuan Komunikasi Matematik. Journal on Education,
Jamal Fkhrul. (2015). Analisis Kesulitan Belajar Siswa Dalam Mata Pelajaran Matematika Pada Materi Peluang Kelas XI IPA SMa Muhammadiyah Meulaboh Johan Pahlawan. Jurnal MAJU (Jurnal Pendidikan Matematika) Vol. 1, No. 1, 18-36.Vol.1(2) , 335-343.
Puspitasari, L., dkk. (2019). Analysis of Students’ Creative Thinking in SolvingArithmetic Problems. International Elektronic Journal Of Mathematics Education, 14(1), 58. Retrieved from(https://www.iejme.com/
Umairoh, Herlina Lia. (2018) Kesulitan Siswa Dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Materi Fungsi Kuadrat. Skripsi, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Wahyuddin. (2017). The Analysis of the Problem of Economic Mathematical Problem Reversed from the Ability of Logic Thinking in Students. Internasional Journal of Mathematics Education(IEJME), Vol.12(3), 585-598.
Senjayawati, E. (2015). Penerapan Pendekatan Kontekstual Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematik Siswa SMK di Kota CImahi. Jurnal Ilmiah STKIP Siliwangi Bandung, Vol.9(1), 33–39.
Marsukan, Susilo B.E & Pertiwi A,D. (2015). Analysis of Mathematical Communication Ability Through 4K Model Based on 7th Grades’ Personality Types. Internasional Journal of Educatin and Research, Vol.3(7), 343-352.
Sari, Anita Wulan & Dr. Sumardi, M.Si. (2017). Diagnosis Kesulitan Belajar Matematika Siswa Ditinjau Dari Kemampuan Koneksi Matematika Siswa Kelas VIII SMP Muhammadiyah 2 Kartasura Tahun Ajaran 2016/2017. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta
Sholihah, D. A & Mahmudi Ali. (2015). Keefektifan Experiential Learning Pembelajaran Matematika MTs Materi Bangun Ruang Sisi Datar. Jurnal Riset Matematika, Vol 2 (2), (175 - 185) Available (JRPM Website: http://journal.uny.ac.id/index.php/jrpm/index).
DOI: http://dx.doi.org/10.24127/ajpm.v11i1.4177
.png)

.png)