PENINGKATKAN KOMPETENSI PROFESIONAL CALON GURU MELALUI LESSON STUDY

Dwi Rahmawati(1*),

(1) 
(*) Corresponding Author


Abstract


Abstrak

Program pengalaman lapangan (PPL) merupakan salah satu matakuliah wajib yang harus ditempuh oleh setiap mahasiswa semester VII di Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Metro. Permasalahan yang sering muncul dalam proses pelaksanaan PPL diantaranya kurang maksimalknya komunikasi antara mahasiswa dengan guru pamong ataupun dengan dosen pembimbing lapangan. Untuk mengatasi permasalahan tersebut maka diterapkan PPL berbasis lesson study. Lesson Study merupakan suatu model pembinaan terhadap orang yang berprofesi sebagai pendidik baik guru ataupun dosen melalui pengkajian pembelajaran secara kolaboratif dan berkelanjutan dalam membangun komunitas belajar. Penelitian dilaksakan di SM Kartikatama Metro, SMA Kartikatama Metro dan SMK  Karikatama 1Metro denga jumlah 31 mahasiswa. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif yaitu mengembangkan kompetensi profesioal calon guru melalui PPL berbasis lesson study. Lesson study yang dilakukan dikolaborasikan dengan kegiatan Penelitian Tindakan (Action Reseach). Penelitian ini dilaksanakan dua siklus, adapun setiap siklusnya meliputi perencanaan (plan), pelakasnaan (do) dan observasi serta refleksi (see). Hasil pelaksanaan siklus I dan siklus II menunjukkan adanya peningkatan profesional calon guru melalui kegiatan lesson study walaupun belum terjadi peningkatan pada semua indikator. Dalam penelitian ini indikator kompetensi profesionalisme yang diamati meliput:1) Kemampuan membuka pembelajaran, 2) Penguasaan materi pembelajaran, 3) Penguasaan penggunaan pendekatan/strategi  pembelajaran, 4) Pemanfaatan sumber belajar/media, 5) Gaya dan penggunaan bahasa, 6) Penilaian proses dan hasil belajar, 7) Kemampuan menutup pembelajaran. Berdasarkan pembahasan singkat di atas dapat disimpulkan bahwa model proses PPL berbasis lesson study dapat meningkatkan kompetensi profesional calon guru dan penggunakan lesson study dalam proses PPL mahasiswa menyatakan lebih siap dalam melaksanakan praktik di kelas dibandingkan tidak menggunakan lesson study.

Full Text:

PDF

References


Depdiknas. 2009. Program Perluasan Lesson Study Untuk Penguatan LPTK. Jakarta.

Hendayana, S. dkk. 2007. Lesson Study: Suatu Strategi untuk Meningkatkan Keprofesionalann Pendidik. Bandung: UPI Press.

Janzen, Heidi. 2005. Using the Japanese Lesson Study in Mathematics. http://www. Glencoe.com/ .

Peraturan Pemerintah No. 19 Tahun 2005. Tentang Standar Nasional Pendidikan.

Sparks, Dennis. 1999. Using Lesson Study to Improve Teaching. http://www.nsdc.org/library/publicatioms/results/res11-99spar.cfm.

Uno. Hamzah. 2007. Profesi Kependidikan. Jakarta: PT. Bumi Aksara




DOI: http://dx.doi.org/10.24127/ajpm.v3i1.378

Refbacks

  • There are currently no refbacks.