Lapisan Pemahaman Konsep Mahasiswa Calon Guru Matematika dalam Menyelesaikan Soal Logaritma

Imanuel Gery Donuata(1*), Fika Widya Pratama(2),

(1) Universitas Kristen Satya Wacana
(2) Universitas Kristen Satya Wacana
(*) Corresponding Author


Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan lapisan pemahaman konsep mahasiswa calon guru matematika dalam menyelesaikan soal logaritma. Teori yang digunakan dalam mendeskripsikan lapisan pemahaman konsep adalah teori Pirie & Kieren yang terdiri dari delapan lapisan, antara lain primitive knowing, image making, image having, property noticing, formalizing, observing, structuring, inventising. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Subjek pada penelitian ini dipilih menggunakan teknik purposive sampling, sehingga terpilih 3 mahasiswa aktif dengan IPK tertinggi pada angkatan 2018, 2019 dan 2020 program studi Pendidikan Matematika, FKIP, Universitas Kristen Satya Wacana, Salatiga. Instrumen penelitian ini adalah peneliti sendiri sebagai instrumen utama dan instrumen pendukung berupa soal tes dan pedoman wawancara. Metode tes berupa soal persamaan logaritma dan metode wawancara digunakan untuk memperoleh data penelitian. Hasil penelitian menunjukan bahwa subjek 1 dan subjek 2 telah mencapai lapisan kedelapan, yaitu inventising. Sedangkan subjek 3 mencapai lapisan ketujuh, yaitu structuring. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa mahasiswa calon guru matematika telah mencapai lapisan kedelapan, yaitu inventising.


Keywords


Lapisan Pemahaman Konsep; Logaritma; Mahasiswa Calon Guru Matematika



DOI: http://dx.doi.org/10.24127/ajpm.v10i3.3701

Refbacks

  • There are currently no refbacks.