ANALISIS KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS MATERI PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL

Rohana Rohana(1), Eka Fitri Puspa Sari(2*), Siti Nurfeti(3),

(1) 
(2) Universitas PGRI Palembang
(3) Universitas PGRI Palembang
(*) Corresponding Author


Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kategori kemampuan representasi matematis peserta didik. Metode yang digunakan yaitu metode analisis deskriptif. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas IX.2 SMP Negeri 16 Palembang Tahun Ajaran 2019/2020 sebanyak 30 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, wawancara dan dokumentasi. Instrumen tes berupa 4 soal uraian materi sistem persamaan linear dua variabel. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada representasi visual memiliki persentase rata-rata sebesar 43,33 dengan sebagian besar peserta didik belum mampu menentukan titik potong dan menggambarkan titik potong pada koordinat kartesius. Indikator representasi ekpresi matematis sebesar 80,37 menunjukkan bahwa peserta didik mampu menyelesaikan permasalahan menggunakan representasi ekpresi matematis tetapi sebagian besar peserta didik keliru dalam menentukan solusi terakhir. Indikator representasi kata-kata atau teks tertulis sebesar 28,89 dengan sebagian besar peserta didik belum mampu menyatakan strategi penyelesaian menggunakan kata-kata atau teks tertulis. Secara keseluruhan didapat persentase rata-rata kemampuan representasi peserta didik sebesar 62,66 dengan kategori sedang.

Kata kunci: Analisis deskriptif; kemampuan representasi matematis; sistem persamaan linear dua variabel.

 

Abstract

The purpose of this study were to determine the category of mathematical representation ability of students. The method used is descriptive analysis method. The subjects of this study were 30 students of class IX.2 SMP Negeri 16 Palembang on 2019/2020 academic year. Data collection techniques used are tests, interviews and documentation. The test instrument consists of 4 questions about the material description of a two-variable linear equation system. The data analysis technique in this study used descriptive statistics. The results showed that the visual representation had an average percentage of 43.33 with most of the students not being able to determine the intersection point and describe the intersection point at the Cartesian coordinates. The mathematical expression representation indicator of 80.37 shows that students are able to solve problems using mathematical expression representations but most of the students are wrong in determining the final solution. The indicator for the representation of words or written text is 28.89 with most of the students not being able to state the settlement strategy using written words or text. Relativity, student’s representation ability was 62.66 in the moderate category.

Keywords: Descriptive analysis; mathematical representation ability; two variable linear equation system.

 

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kategori kemampuan representasi matematis peserta didik. Metode yang digunakan yaitu metode analisis deskriptif. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas IX.2 SMP Negeri 16 Palembang Tahun Ajaran 2019/2020 sebanyak 30 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, wawancara dan dokumentasi. Instrumen tes berupa 4 soal uraian materi sistem persamaan linear dua variabel. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada representasi visual memiliki persentase rata-rata sebesar 43,33 dengan sebagian besar peserta didik belum mampu menentukan titik potong dan menggambarkan titik potong pada koordinat kartesius. Indikator representasi ekpresi matematis sebesar 80,37 menunjukkan bahwa peserta didik mampu menyelesaikan permasalahan menggunakan representasi ekpresi matematis tetapi sebagian besar peserta didik keliru dalam menentukan solusi terakhir. Indikator representasi kata-kata atau teks tertulis sebesar 28,89 dengan sebagian besar peserta didik belum mampu menyatakan strategi penyelesaian menggunakan kata-kata atau teks tertulis. Secara keseluruhan didapat persentase rata-rata kemampuan representasi peserta didik sebesar 62,66 dengan kategori sedang.

 

Kata kunci:   Analisis deskriptif; kemampuan representasi matematis; sistem persamaan linear dua variabel.

 

Abstract

The purpose of this study were to determine the category of mathematical representation ability of students. The method used is descriptive analysis method. The subjects of this study were 30 students of class IX.2 SMP Negeri 16 Palembang on 2019/2020 academic year. Data collection techniques used are tests, interviews and documentation. The test instrument consists of 4 questions about the material description of a two-variable linear equation system. The data analysis technique in this study used descriptive statistics. The results showed that the visual representation had an average percentage of 43.33 with most of the students not being able to determine the intersection point and describe the intersection point at the Cartesian coordinates. The mathematical expression representation indicator of 80.37 shows that students are able to solve problems using mathematical expression representations but most of the students are wrong in determining the final solution. The indicator for the representation of words or written text is 28.89 with most of the students not being able to state the settlement strategy using written words or text. Relativity, student’s representation ability was 62.66 in the moderate category.

 

Keywords: Descriptive analysis; mathematical representation ability; two variable linear equation system.

Keywords


Descriptive Analysis; Mathematical Representation Ability; Two Variable Linear Equation System.

References


Ariani, D. N. (2017). Strategi Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SD/MI. Muallimuna : Jurnal Madrasah Ibtidaiyah 3(1), 96-107.

Astuti, R., & Siroj, R. A. (2017). Analisis Kemampuan Representasi Siswa dalam Menyelesaikan Soal Matematika. Prosiding Seminar Nasioanal Pendidikan (pp. 512-521). Palembang: Universitas Muhammadiyah Palembang.

Hartono, Firdaus, M., & Supriyanti. (2019). Kemampuan Representasi Matematis dalam Materi Fungsi dengan Pendekatan Open Ended Siswa Kleas VII MTS Sirajul Ulum Pontianak. Jurnal Eksponen 9(1), 9-20.

Kunandar. (2011). Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi Guru. Jakarta: Grafindo Persada.

Kurniawan, D., & Kartono. (2018). Peran Demonstration Feedback dalam Pembelajaran Group Investigation Berintegrasi Pendidikan Karakter pada Pencapaian Kemampuan Representasi Matematis berdasar Self-efficacy. Seminar Nasional Pendidikan Matematika Ahmad Dahlan (pp. 585-593). Yogyakarta: Universitas Ahmad Dahlan.

Kusmaryono, I., & Dwijanto. (2016). Peranan Representasi dan Disposisi Matematis Siswa terhadap Peningkatan Mathematical Power. JIPMat 1(1), 19-28.

Latif, S., & Akib, I. (2016). Mathematical Connection Ability in Solving Mathematics Problem Based on Initial Abilities of Students at SMPN 10 Bulukumba. Daya Matematis 4(2), 207-2017.

Lestari, K. E., & Yudhanegara, M. R. (2015). Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: Refika Aditama.

Mawaddah, S., & Mahmudi, A. (2021). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematika Siswa Melalui Penggunaan Project-Based Learning Terintegrasi Stem. Aksioma 10(1), 167-182.

Pasehah, A. M., & Firmansyah, D. (2019). Analisis Kemampuan Representasi Matematis Siswa pada Materi Penyajian Data. Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika Sesiomadika (pp. 1094-1108). Karawang: Universitas Singaperbangsa Karawang.

Ramanisa, H., Khairudin, & Netti, S. (2020). Analisis Kemampuan Representasi Matematis. Jumadika 2(1), 34-38.

Sari, I. J., & Sari, A. (2019). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Think Pair Share terhadap Kemampuan Representasi Matematis ditinjau dari Kemampuan Awal Matematis Siswa. Juring 2(3), 191-198.

Sutrisno, & Murtianto, Y. H. (2016). Miskonsepsi Mahasiswa pada Mata Kuliah Statistik Deskriptif Materi Ukuran Tendensi Sentral, Ukuran Dispersi, dan Ukuran Letak. Media Penelitian Pendidikan 10(1), 1-14.

Sutrisno, Sudargo, & Titi, R. A. (2019). Analisis Kemampuan Representasi Matematis Siswa SMK Kimia Industri Theresiana Semarang. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematik 4(1), 65-76.

Ummul, H., Edwin, M., & Nola, N. (2019). Analisis Kemampuan Representasi Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Soal Pemecahan Masalah Matematika. TA'DIB 22(1), 19-26.

Wijayanti, D. A., & Deniyanti, P. (2020). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Means Ends Analysis terhadap Kemampuan Menalar Deduktif Siswa ditinjau dari Kemampuan Representasi Matematis Siswa. Medives 4(1), 151-160.




DOI: http://dx.doi.org/10.24127/ajpm.v10i2.3365

Refbacks

  • There are currently no refbacks.