PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA MENGGUNAKAN PENDEKATAN SAINTIFIK PADA MATERI POLA BILANGAN

Arifah Indah Setyorini(1*), Abdul Aziz Saefudin(2), Haryanto Haryanto(3),

(1) 
(2) PGRI University of Yogyakarta
(3) Yogyakarta State University
(*) Corresponding Author


Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development (R&D) yang bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar berupa Lembar Kerja Siswa menggunakan Pendekatan Saintifik pada materi Pola Bilangan dan untuk mengetahui kualitas lembar kerja siswa ditinjau dari aspek Kevalidan dan Kepraktisan. Peneltian ini merupakan penelitian pengembangan dengan model pengembangan ADDIE, yaitu analisis, perancangan, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Subjek dalam penelitian ini adalah 32 orang siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Mlati. Instrumen penelitian yang digunakan untuk mengukur kualitas LKS yang dikembangkan meliputi angket validasi ahli dan angket respon siswa. Angket validasi ahli digunakan untuk mengukur kevalidan LKS sedangkan angket respon siswa digunakan untuk mengukur kepraktisan LKS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas bahan ajar dilihat dari aspek kevalidan masuk kategori valid dengan skor rata-rata  dari skor maksimal ideal , hasil angket respon siswa terhadap LKS dilihat dari aspek kepraktisan masuk kategori praktis dengan skor rata-rata  dari skor maksimal ideal , dan hasil observasi keterlaksanaan pembelajaran dilihat dari aspek kepraktisan masuk kategori praktis dengan skor rata-rata persentase keterlaksanaan pembelajaran oleh observer sebesar 92,5%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa secara keseluruhan hasil penelitian menunjukkan bahwa Lembar Kerja Siswa yang dikembangkan dinyatakan valid, praktis dan layak untuk digunakan di kelas.  

This is a Research and Development (R&D) that aims to develop teaching materials in the form of Student Worksheets with Scientific Approach in the material of Number Patterns and to see the quality of student worksheets in terms of validity and practicality. This research is development research with the ADDIE development model, namely analysis, design, development, implementation, and evaluation. The subjects in this study were 32 persons students VIII grade student of Junior High School 1 Mlati. The instruments were used to measure the quality of worksheets developed includes expert validation questionnaires and student response questionnaires. Expert validation questionnaires were used to measure the validity of the worksheets while the student response questionnaire was used to measure the practicality of the student worksheets. The results show that the quality of teaching materials seen from the validity aspect was categorized as valid with an average score of 3.08 from an ideal maximum score of 4.00, the results of the student response questionnaire to the student worksheets seen from the practical aspect were in the practical category with an average score of 3.25 from an ideal maximum score of 4.00, and the results of observations of the implementation of learning seen from the practical aspect were included in the practical category with an average score of the percentage of learning implementation by the observer of 92.5%. So it can be concluded that the overall results of the study indicate that the student worksheet developed is valid, practical, and suitable for using in class.


Keywords


Lembar Kerja Siswa; Pendekatan Saintifik; Pola Bilangan

References


Agitsna, L. D., Wahyuni, R., & Friansah, D. (2019). Pengembangan Lembar Kerja Siswa Berbasis Problem Based Learning Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 8(3), 429–437. https://doi.org/ttps://doi.org/10.24127/ajpm.v8i3.2360

Arifin, Z. A. I., Nur, D., & Sepriyani, A. (2019). Pengembangan LKS Matematika dengan Pendekatan Saintifik Pokok Bahasan Polinomial untuk SMA kelas XI 1. Prima: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 9–15.

Haryonik, Y., & Bhakti, Y. B. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Lembar Kerja Siswa dengan Pendekatan Matematika Realistik. MaPan: Jurnal Matematika Dan Pembelajaran, 6(1), 40–55. https://doi.org/https://doi.org/10.24252/mapan.2018v6n1a5

Hidayanti, D., & Utami, T. H. (2016). Pengembangan Lembar Kegiatan Siswa (LKS) Matematika dengan Pendekatan Saintifik Pada Pokok Bahasan Garis Singgung Lingkaran untuk SMP Kelas VIII. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, 3(1), 42–56.

Kawiyah, S. (2015). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Saintifik untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Prestasi Belajar Siswa. PYTHAGORAS: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(2), 201–210.

Khalimah, N., Farin, K. I., Nikmah, M., Ni’mah, K., & Jatmiko. (2013). BUDAYA KEDIRI DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA (PENGEMBANGAN LEMBAR KEGIATAN SISWA (LKS) BERBASIS ETNOMATEMATIKA MELALUI PENDEKATAN SAINTIFIK ). Jurnal Ilmiah Pendidikan Matemtika, 2(1), 65–71.

Magdalena, M. (2018). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Peminatan Berbasis Pendekatan Saintifik untuk Siswa Kelas XI Sekolah Menengah Atas. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 1(1), 157–170.

Mardapi, D. (2018). Teknik Penyusunan Instrumen Tes dan Nontes (9th ed.). Yogyakarta: Mitra Cendekia Press.

Mulyatiningsih, E. (2011). Terapan Riset Bidang Pendidikan dan Teknik. Yogyakarta: UNY Press.

Prasetyawan, E., & Gunawan, H. I. (2020). Pengembangan LKS Matematika Saintifik SMP Kelas VIII Berbasis Multiple Intelligences Gardner. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 04(02), 914–925.

Septina, N., Farida, & Komarudin. (2018). Pengembangan Lembar Kerja Siswa dengan Pendekatan Saintifik Berbasis Kemampuan Pemecahan Masalah. Jurnal TATSQIF: Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Pendidikan, 16(2), 160–171.

Setyorini, A. I., & Saefudin, A. A. (2020). Pengembangan LKS (Lembar Kerja Siswa) Materi Pola Bilangan dengan Pendekatan Scientific untuk Memfasilitasi Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa. AKSIOMA: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 11(1), 131–140.

Untayana, J. R., & Harta, I. (2016). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Limit Berbasis Pendekatan Saintifik Berorientasi Prestasi Belajar dan Kemampuan Komunikasi Matematika. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 3(1), 45–54. https://doi.org/https://doi.org/10.21831/jrpm.v3i1.9683

Yamasari, Y. (2010). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis ICT yang Berkualitas. Seminar Nasional Pascasarjana X-ITS Surabaya 4 Agustus 2010.




DOI: http://dx.doi.org/10.24127/ajpm.v9i4.3054

Refbacks

  • There are currently no refbacks.