PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MATEMATIKA EKONOMI BERBASIS V-LOG BERORIENTASI PADA KEMAMPUAN PENGUASAAN KONSEP DAN KOMUNIKASI MATEMATIS

Isnaini Mahuda(1), Amah Suhamah(2), Anton Nasrullah(3*), Beni Junedi(4),

(1) Universitas Bina Bangsa
(2) Universitas Bina Bangsa
(3) Universitas Bina Bangsa
(4) Universitas Bina Bangsa
(*) Corresponding Author


Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk: a) mendeskripsikan desain bahan ajar Matematika Ekonomi berbasis vlog; b) mengukur tingkat kevalidan bahan ajar Matematika Ekonomi berbasis vlog menurut para ahli; c) mengukur tingkat kepraktisan bahan ajar Matematika Ekonomi berbasis vlog menurut mahasiswa pengguna; dan d) mengetahui tingkat efektivitas bahan ajar Matematika Ekonomi berbasis vlog terhadap kemampuan penguasaaan konsep dan komunikasi matematis mahasiswa pengguna. Metode penelitian ini menggunakan mixed-method dengan pendekatan penelitian dan pengembangan. Bahan ajar Matematika Ekonomi berbasis vlog dikembangkan dengan model pngembangan 4D (Define, Design, Develop dan Disseminate). Subjek dari penelitian ini adalah mahasiswa semester II jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Bina Bangsa yang sedang mengambil mata kuliah Matematika Ekonomi. Hasil uji kevalidan dari para ahli yang terdiri dari ahli materi, ahli media dan ahli bahasa diperoleh bahwa bahan ajar Matematika Ekonomi berbasis vlog termasuk pada kriteria kelayakan sangat valid. Uji kepraktisan oleh mahasiswa pengguna bahan ajar diperoleh bahwa bahan ajar Matematika Ekonomi berbasis vlog termasuk dalam kriteria sangat praktis. Adapun uji efektivitas bahan ajar Matematika Ekonomi berbasis vlog efektif dalam meningkatkan kemampuan penguasaan konsep dan komunikasi matematis mahasiswa.


The purpose of this study is to: a) describe the design of vlog-based Mathematics Economics teaching materials; b) measure the validity of vlog-based Mathematics Economics teaching materials according to experts; c) measure the practicality of vlog-based Mathematics Economics teaching materials according to student users; and d) measure the effectiveness of vlog-based Mathematics Economic teaching materials on the ability to mastery of mathematical concepts and mathematical communication of user students. This research method uses mixed-method with a research and development approach. Vlog-based Mathematics Economic teaching materials are developed using the 4D development model (Define, Ddesign, Develop and Disseminate). The subjects of this study is the 2nd semester students majoring in Management, Faculty of Economics and Business, University of Bina Bangsa who were currently taking Mathematics Economics courses. Validation test results from experts consisting of material experts, media experts and linguists obtained that the vlog-based Mathematics Economics teaching materials are very valid. Practicality test by students who use teaching materials is obtained that the vlog-based Mathematics Economics teaching material is very practical criteria. The effectiveness test of Vlog-based Mathematics Economics teaching materials is effective in improving students' mathematical concepts and mastery ability.

 


Keywords


Bahan ajar; kemampuan komunikasi matematis; kemampuan penguasaan konsep; vlog;Concept mastery ability; mathematical communication ability; teaching materials

References


Akuba, S. F. (2020). Pengaruh Kemampuan Penalaran , Efikasi Diri dan Kemampuan Memecahkan Masalah Terhadap Penguasaan Konsep Matematika. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 4(1) , 44–60.

Al Hibra, B. H. (2019). Development of Vlog Learning Media (Video Tutorial) on Student Materials. Tax at SMK PGRI 1 Jombang. Internasional Journal of Education Research Review, 4(3) , 435-438.

Arfah. (2018). Hubungan Kemampuan Komunikasi Matematis dan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas X SMAN 1 Bajeng. Jurnal Nalar Pendidikan. Vol 6 (2) , 86-94.

Arikunto. (2012). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Creswell, J. (2013). Research Design: Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif dan Mixed. Terjemahan Fawaid, A. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

David, E. R. (2017). Pengaruh Konten Vlog dalam Youtube terhadap Pembentukan Sikap Mahasiswa Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Universitas Sam Ratulangi. Jurnal Acta Diurna, 6(1).

Fitriyani, L. D. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Vlog (Video Blogging) Padamateri Usaha Dan Energiuntuk Menumbuhkan Kemandirian dan Meningkatkan Penguasaan Konsepfisikasiswa Kelas X Sma Negeri 2 Ngaglik. E-journal Pendidikan Fisika Jurusan Pendidikan Fisika FMIPA UNY Vol 7 (6) .

Hodiyanto. (2017). Kemampuan Komunikasi Matematis dalam Pembelajaran Matematika. AdMathEdu Vol.7 (1) , 9-18.

Irawan, A. (2014). Pengaruh Kecerdasaan Numerik dan Kemampuan Konsep Matematika Terhadap Kemampuan Berpikir Kritik Matematika. Jurnal Formatif 4(1) , 46-55.

Karamina, S. (2020). The Role of Social Studies Teacher in the Use of YouTube Vlog-Based Learning Media. Proceedings of the International Conference on Science and Education and Technology (ISET 2019 (pp. 10). (pp. 186–190). Atlantis Press.

Lestari, N. (2019). Improving the Speaking Skill by Vlog ( video blog ) as Learning Media : The EFL Students Perspective Improving the Speaking Skill by Vlog ( video blog ) as Learning Media: The EFL Students Perspective. International Journal of Academic Research in Business and Social Sciences, 9(1) , 915-925.

Mugara, R. E. (2019). Penyusunan Bahan Ajar Berbasis Vlog Dalam Meningkatkan Keterampilan Komunikasi Mahasiswa PGSD IKIP Siliwang. Jurnal Ilmiah UPT P2M STKIP Siliwangi, Vol. 6 (1) , 63-72.

Priana, R. Y. (2017). Pemanfaatan Vlog Sebagai Media Pembelajaran Teritegrasi Teknologi Informasi. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP UNTIRTA Vol 1(2), (pp. 313-316).

Putri, Y. U. (2020). Efektivitas Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Pendekatan Contextual Teaching and Learning terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(1) , 205-212.

Susanti, E. D. (2020). Pengembangan Media ECHA (Elaboration , Cover Song , Historycal Content , Audio Visual) Berbasis Vlog Dalam Pembelajaran Sejarah. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian dan Pengembangan Vol5 (3) , 326-331.

Wachid Muzhaffar, I. R. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Vlog pada Mata Pelajaran Dasar Desain Grafis di SMK N 1 Surabaya. Jurnal Information Technology and Education, 04 , 104–109.




DOI: http://dx.doi.org/10.24127/ajpm.v9i3.2995

Refbacks

  • There are currently no refbacks.