PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS REALISITIC MATEMATICS EDUCATION MATERI BANGUN DATAR TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA

Sarda Nuria(1*), Syafri Ahmad(2), Melva Zainil(3), Rayendra Rayendra(4),

(1) Universitas Negeri Padang
(2) Universitas Negeri Padang
(3) Universitas Negeri Padang
(4) Universitas Negeri Padang
(*) Corresponding Author


Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan e-modul berbasis realistic mathematics education yang valid dan praktis, serta mengetahui efektivitas e-modul berbasis realistic mathematics education terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Penelitian ini merupakan jenis penelitian dan pengembangan Research & Development. Model pengembangan yang digunakan menurut Tjeer Plomp. Prosedur model penelitian pengembangan Plomp terdiri dari tiga tahap yaitu Preliminary research, prototype phase, dan assessment phase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Hasil uji validitas e-modul berbasis realistic mathematics education oleh validator memperoleh nilai rata-rata sebesar 92,62% kategori sangat valid. (2) hasil uji praktikalitas e-modul berbasis realistic mathematics education oleh guru dan siswa masing-masing diperoleh nilai sebesar 97% dan 94,66% kategori sangat praktis. (3) hasil uji efektivitas e-modul berbasis realistic mathematics education terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis diperoleh nilai rata-rata sebesar 95% dengan perolehan N-Gain Score 64,78% termasuk kategori cukup efektif. Berdasarkan proses pengembangan, hasil uji validitas, praktikalitas, dan efektivitas maka dapat disimpulkan bahwa pengembangan e-modul berbasis realistic mathematics education materi bangun datar terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa merupakan e-modul yang valid, praktis dan efektif.


Keywords


E-Modul; Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis; Realistic Mathematics Education

References


Ahmad, S. (2022). Geometry Learning With Indonesian Realistic Mathematics Education Approach. Elementary School Journal Pgsd Fip Unimed, 11(4), 393. https://doi.org/10.24114/esjpgsd.v11i4.33331

Alda, T. (2024). Realistic Mathematics Education Realistic Mathematics Education ( Rme ) Bernuansa Islami Dan Lingkungan Pada Materi Koordinat Kartesius. Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung. https://doi.org/https://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/34002

Anisa, H., Sumaji, & Riswari, L. A. (2024). Pengembangan E-Modul Emblem Berbasis Pendekatan Realistic Mathematics Education Pada Materi Pecahan Untuk Anak Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Perkhasa, 10(April), 289–303. https://doi.org/10.31932/jpdp.v10i1.3343

Anisah, I. N., Susanta, A., & Djuwita, P. (2023). Pengembangan E-Modul Berbasis Realistic Mathematic Education (RME) pada Pembelajaran Matematika Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Kajian Pendidikan …, 2(2), 409–418. https://ejournal.unib.ac.id/kapedas/article/view/27296%0Ahttps://ejournal.unib.ac.id/kapedas/article/download/27296/13150

Azra Akila Nihaya, Nila Kesumawati, & Marvinda Rizki Dita Dirgantara. (2022). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Melalui Pembelajaran Matematika Berbasis Etnomatematika Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(4), 1427–1438. https://doi.org/10.31949/jcp.v8i4.3265

Dwi Rahma Putri, R., Ratnasari, T., Trimadani, D., Halimatussakdiah, H., Nathalia Husna, E., & Yulianti, W. (2022). Pentingnya Keterampilan Abad 21 Dalam Pembelajaran Matematika. Science and Education Journal (SICEDU), 1(2), 449–459. https://doi.org/10.31004/sicedu.v1i2.64

Fathurrahman, M., Pratiwi, P. D. R., Awairaro, M., Al-lahmadi, N., Silayar, S., & Djakaria, I. (2024). Integrasi Teknologi Dalam Pendidikan Matematika : Wawasan Dari Tinjauan Literatur Sistematik. KAMBIK: Journal of Mathematics Education Volume 2, No. 1, 2024, 66-79 ISSN, 2(1), 66–79.

Hasyanah, Y., Novika Sukmaningthias, Sari, N., & Nuraeni, Z. (2023). Pengaruh Digital Komik Berbasis Realistic Mathematic Education Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah. JTMT: Journal Tadris Matematika, 4(1), 56–65. https://doi.org/10.47435/jtmt.v4i1.1750

Hidayatillah, W., Wisudaningsih, E. T., Pratama, L. D., Islam, U., & Hasan, Z. (2022). Kepraktisan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Google Sites Berorientasi Pada Hasil Belajar Dan Minat Belajar Siswa. 5(1), 93–104. https://doi.org/https://doi.org/10.31537/laplace.v5i1.931

Istikomah, I., Purwoko, R. Y., & Nugraheni, P. (2020). Sigil: Pengembangan E-Modul Berbasis Realistik Pada Materi Lingkaran Untuk Siswa Kelas Viii Smp. JP3M (Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Pengajaran Matematika), 6(2), 91–98. https://doi.org/10.37058/jp3m.v6i2.1957

Kumalasari, N., Fathurohman, I., & Fakhriyah, F. (2023). Pengembangan E-Modul Berbasis Kearifan Lokal Daerah Grobogan untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Paedagogy, 10(2), 554. https://doi.org/10.33394/jp.v10i2.7190

Nadhifah, A., & Rezania, V. (2023). Pengembangan E-Modul Colonization In Indonesia Untuk Meningkatkan Kemampuan Mengajar Pada Pembelajaran Ips Kelas V Sekolah Dasar. 08(September). https://doi.org/https://doi.org/10.23969/jp.v8i2.9094

Nam, C. W. (2022). World Economic Outlook for 2022 and 2023. CESifo Forum, 23(3), 50–51. https://doi.org/https://hdl.handle.net/10419/263857

NCTM. (2020). NCTM Standards (2020) – Secondary (Initial Preparation). NCTM Standards - Positions, 1–6. https://doi.org/https://www-nctm-org.webpkgcache.com/doc/-/s/www.nctm.org/uploadedFiles/Standards_and_Positions/NCTM%20Standards%202020%20-%20Secondary.pdf

Ningrum, P. A., & Rohim, A. (2023). Pengembangan E- Modul Interaktif Berbasis Canva Dengan Pendekatan Pmri Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa. Wahana Pedagogika. WAHANA PEDAGOGIKA, 5(02), 41–50. https://doi.org/https://doi.org/10.52166/wp.v5i02.5629

Putri, L. A., & Dewi, P. S. (2020). Media Pembelajaran Menggunakan Video Atraktif pada Materi Garis Singgung Lingkaran. Mathema: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 32. https://doi.org/10.33365/jm.v2i1.568

Rahmawati, F., Pamungkas, M. D., & Ardiyanto, B. (2021). Pengembangan E-Modul Logika Matematika berbasis HOTS untuk Meningkatkan Divergent Thinking Skill. Didactical Mathematics, 3(2), 68–74. https://doi.org/10.31949/dm.v3i2.1629

Raibowo, S., Nopiyanto, Y. E., Jasmani, P., Keguruan, F., Pendidikan, I., Bengkulu, U., Info, A., & Raibowo, S. (2020). Journal STAND : Sports and Development. 1, 112–119. https://doi.org/https://doi.org/10.36456/j-stand.v1i2.2774

Ridwan, M. R. (2022). Pengembangan E-Modul Menggunakan Aplikasi Flip Pdf Professional Pada Kelas. 9, 356–363. https://doi.org/https://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/20487

Saefuloh, N. A., Wahyudin, W., Prabawanto, S., Kosasih, U., Saputra, S., Ahmatika, D., & Ihsan, I. R. (2023). Analisis Kemampuan Berpikir Matematis Siswa pada Pembelajaran Aritmatika Sosial Ditinjau dari Model Pembelajaran dan Self Efficacy Siswa. AKSIOMA : Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 14(2), 251–262. https://doi.org/10.26877/aks.v14i2.15950

Suranti, T., & Wulantina, E. (2023). Development Of Ethnomathematics-Based E-Module On Equation And Inequality Of One Variable Linear Equations Materials For Class VII. Jurnal Equation, 6(2), 46. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.29300/equation.v6i2.3497

Vicente, S., Verschaffel, L., Sánchez, R., & Múñez, D. (2022). Arithmetic word problem solving. Analysis of Singaporean and Spanish textbooks. Educational Studies in Mathematics, 111(3), 375–397. https://doi.org/10.1007/s10649-022-10169-x

Wahyulin, E., Susanta, A., Koto, I., & Susanto, E. (2024). Pengembangan E-Modul Realistic Mathematics Konteks Tabut Bengkulu Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Materi Bangun Datar. 16(1). https://doi.org/https://doi.org/10.37755/jsm.v16i1.784

Zulkardi, Z. (2024). Freudenthal Ideas Continues in Indonesia: From ICMI 1994 to ICME-14 in Shanghai. 0, 747–756. https://doi.org/10.1142/9789811287183_0050




DOI: http://dx.doi.org/10.24127/ajpm.v14i2.11956

Refbacks

  • There are currently no refbacks.