PENGEMBANGAN "ENUMEKA" BERBASIS DIGITAL PADA IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN LITERASI NUMERASI MURID

Ita Yusritawati(1*), Sofhian Fazrin Nasrullah(2), Reza Muhamad Zaenal(3),

(1) "Universitas Muhammadiyah Kuningan"
(2) Universitas Muhammadiyah Kuningan
(3) Universitas Muhammadiyah Kuningan
(*) Corresponding Author


Abstract


Kemampuan numerasi murid di Indonesia masih belum memadai, meskipun kompetensi ini penting untuk persiapan akademik dan keikutsertaan dalam Asesmen Nasional (AS). Kemampuan numerasi murid yang belum memadai perlu dicarikan solusinya. Salah satu upaya yang diusulkan oleh para peneliti adalah pengembangan media pembelajaran berbasis digital. Aplikasi E-NuMeka diharapkan dapat meningkatkan kemampuan numerasi murid. Proyek ini bertujuan untuk membuat platform media digital "E-NuMeka" yang memenuhi persyaratan validitas, kepraktisan, dan efektivitas untuk meningkatkan literasi numerasi murid. Penulisan ini menggunakan Software Development Life Cycle dengan menggunakan teknik prototyping sebagai metodologi penulisan dan pengembangannya. Aplikasi E-NuMeka yang dikembangkan dinilai valid dan layak untuk digunakan, serta memperlihatkan efektivitas dalam meningkatkan kemampuan numerasi matematika murid. Hal ini dibuktikan dengan analisis Paired Samples Test, yang mana signifikansi (2-tailed) dengan asumsi varians yang sama adalah 0,000, yang berarti lebih kecil dari 0,05. Aplikasi E-NuMeka dinilai praktis, dengan skor evaluasi kuesioner murid rata-rata 80,20. Penulisan ini memperlihatkan jika program E-NuMeka dapat meningkatkan kemampuan literasi numerasi matematika di kalangan murid sekolah menengah atas.

Students' numeracy skills in Indonesia are still inadequate, although this competency is important for academic preparation and participation in the National Assessment (AN). Students' inadequate numeracy skills need to be solved. One of the efforts proposed by researchers is the development of digital-based learning media. The E-NuMeka application is expected to improve students' numeracy skills. This project aims to create a digital media platform "E-NuMeka" that meets the requirements of validity, effectiveness, and practicality to improve students' numeracy literacy. This study uses the Software Development Life Cycle using prototyping techniques as its research and development methodology. The E-NuMeka application developed was considered valid and feasible to use with the results of the validation of material experts obtaining an average value of 88.75 and 90, then the average validation assessment from media experts was 79 and 77.66 with a valid category. And shows the effectiveness in improving students' mathematical numeracy skills, this is proven by the Paired Samples Test analysis, where the significance (2-tailed) assuming the same variance is 0.000, which means it is less than 0.05. The E-NuMeka application is considered practical, with an average student questionnaire evaluation score of 80.20. This study shows that the E-NuMeka program can improve mathematical numeracy literacy skills among high school students.


Keywords


E-NuMeka; Curriculum “Merdeka”; Numeracy; Prototype; R&D; SDLC.

References


Agustina, R., & Vahlia, I. (2017). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Masalah Pada Mata Kuliah Ekonomi Program Studi Pendidikan Matematika. AKSIOMA Journal of Mathematics Education, 5(2), 152–160. https://doi.org/10.24127/ajpm.v5i2.668

Ameer, I. S., & Singh, P. (2013). Exploring Grade Levels and Gender Differences in Numeracy Thinking Among Secondary School Students. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 90(InCULT 2012), 187–195. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2013.07.081

Cahyadi, M. R., Cholily, Y. M., & Syaifuddin, M. (2023). Pengembangan Aplikasi Modul Dan Evaluasi Mandiri Berorientasi Numerasi. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 12(1), 11–22.

Farman, F., & Chairuddin, C. (2020). Pengembangan Media E-Learning Berbasis Edmodo pada Materi Teorema Pythagoras. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(4), 872–882. https://doi.org/10.24127/ajpm.v9i4.3114

Fery, M. F., Wahyudin, & Tatang, H. (2017). Improving primary students mathematical literacy through problem based learning and direct instruction. Educational Research and Reviews, 12(4), 212–219. https://doi.org/10.5897/err2016.3072

Ghavifekr, S., & Rosdy, W. A. W. (2015). Teaching and learning with technology: Effectiveness of ICT integration in schools. International Journal of Research in Education and Science (IJRES), 1(2), 175–191. www.ijres.net

Herawan, E. (2022). Literasi Numerasi di Era Digital Bagi Pendidik Abad 21. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Sultan Agung (Vol. 3, pp. 23–32). https://jurnal.unissula.ac.id/index.php/sendiksa/article/view/19826

Hwang, J., & Ham, Y. (2021). Relationship between mathematical literacy and opportunity to learn with different types of mathematical tasks. Journal on Mathematics Education, 12(2), 199–222. https://doi.org/10.22342/JME.12.2.13625.199-222

Lu’luilmaknun, U., & Wutsqa Urwatul, D. (2018). Efektivitas Media E-Learning Dengan Metode Guided Discovery Ditinjau Dari Kemandirian Belajar Matematika Siswa. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 7, 413–424.

Malalina, M., & Kesumawati, N. (2014). Pengembangan Bahan Ajar Interaktif Berbasis Komputer Pokok Bahasan Lingkaran Untuk Kelas Viii Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Pendidikan Matematika, 8(1). https://doi.org/10.22342/jpm.8.1.1861.55-70

Mardiansyah, & Rahmawati. (2014). Literasi Matematika Siswa Pendidikan Menengah: Analisis Menggunakan Desain Tes Internasional dengan Konteks Indonesia. In Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan (Vol. 20, pp. 452–469). https://doi.org/https://doi.org/10.24832/jpnk.v20i4.158

Masfingatin, T., Murtafiah, W., Krisdiana, I., Setyansah, R. K., & Susanti, V. D. (2021). Multimodal Model Melalui E-Learning pada Mata Kuliah Geometri Bidang di Masa Pandemi Covid 19. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(1), 73–84. https://doi.org/10.24127/ajpm.v10i1.3414

Mustofa, M. I., Rinawati, E., & Sari, P. C. (2022). Implementasi Learning Management System Sebagai Inovasi Pendidikan Era Sekolah Digital. Jurnal Informatika Dan Teknologi Informasi, 1(2). https://doi.org/10.56854/jt.v1i2.76

Patriana, W. D., Sutama, S., & Wulandari, M. D. (2021). Pembudayaan Literasi Numerasi untuk Asesmen Kompetensi Minimum dalam Kegiatan Kurikuler pada Sekolah Dasar Muhammadiyah. Jurnal Basicedu, 5(5), 3413–3430. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1302

PISA 2015 Results (Volume I). (2016). OECD. https://doi.org/10.1787/9789264266490-en

PISA 2018 Assessment and Analytical Framework. (2019). OECD. https://doi.org/10.1787/b25efab8-en

PISA 2022 Assessment and Analytical Framework. (2023). OECD. https://doi.org/10.1787/dfe0bf9c-en

Putra, A. L. T., & Mukhtar, D. (2022). The Numerical-Literacy Skill Reviewed From Adversity Quotient on Video-Assisted Based Learning on Western Sumatera Culture. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 11(4), 3315–3322. https://doi.org/10.24127/ajpm.v11i4.6131

Sa’adah, A., Ningrum, F. Z., & Farikha, N. (2021). Scaffolding Dalam Pembelajaran Trigonometri Berbantuan Soal Hots Untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Numerasi Matematika (pp. 167–174). https://proceeding.unikal.ac.id/index.php/sandika/article/view/556

Sari, R. H. N., & Wijaya, A. (2017). Mathematical literacy of senior high school students in Yogyakarta. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 4(1), 100–107. https://doi.org/10.21831/jrpm.v4i1.10649

Sari, T. T., & Cahyono, A. H. (2020). Pengembangan E-Learning Berbasis Android “Fun Math” Sebagai Alternatif Belajar Matematika di Tengah Pandemi. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 1283–1298. https://doi.org/10.31004/cendekia.v4i2.355

Supriyati, Y., Permana, A. H., Dwi, N., & Aziz, S. (n.d.). Prosiding Seminar Nasional Fisika (E-Journal) SNF2020 Seminar Nasional Fisika 2020 Program Studi Fisika dan Pendidikan Fisika, Fakultas MIPA. https://doi.org/10.21009/03.SNF2020

Sutarna, N., Zaenal, R. M., & Manan, N. A. (2021). The effectiveness of E-learning based learning models to improve primary school students’ numeracy ability during the Covid-19 pandemic. AIP Conference Proceedings, 2438(October). https://doi.org/10.1063/5.0071603

Valério, M., & Ferrara, S. (2022). Numeracy at the dawn of writing: Mesopotamia and beyond. Historia Mathematica, 59, 35–53. https://doi.org/10.1016/j.hm.2020.08.002

Virgiawan, M. D., Marlini, S., & Matematika, P. S. P. (2018). Pengembangan Kuis Interaktif Berbasis E-Learning dengan Menggunakan Aplikasi Wondershare Quis Creator pada Mata Kuliah Belajar dan Pembelajaran Matematika. Journal Pendidikan Matematika, 12(1), 29–42. www.e-learning.unsri.ac.id

Wardhani, N. K., Wulandari, D., & Semarang, U. P. (2021). Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Ditinjau dari Gaya Kognitif. 3(1), 1–6. https://doi.org/Https://Doi.Org/10.26877/Imajiner.V3i1.6902

Widiastuti, E. R., & Kurniasih, M. D. (2021). Pengaruh Model Problem Based Learning Berbantuan Software Cabri 3D V2 terhadap Kemampuan Literasi Numerasi Siswa. 05(02), 1687–1699. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i2.690

Winarni, S., Kumalasari, A., Marlina, M., & Rohati, R. (2021). Efektivitas Video Pembelajaran Matematika Untuk Mendukung Kemampuan Literasi Numerasi Dan Digital Siswa. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(2), 574–583. https://doi.org/10.24127/ajpm.v10i2.3345

Yuliati, L., Harsiati, T., Kurniawan, B. R., & Purwodani, D. L. (2020). Pembelajaran dan Penilaian Berbasis Komputer untuk Meningkatkan Kompetensi Guru SMPN 3 Malang (pp. 1–10). http://conference.um.ac.id/index.php/hapemas/article/view/228

Zainiyah, U. (2018). Literasi Matematika: Bagaimana jika Ditinjau dari Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa SD Kelas Tinggi? Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 4(1), 5–14. http://journal.uny.ac.id/index.php/jrpm




DOI: http://dx.doi.org/10.24127/ajpm.v14i3.11183

Refbacks

  • There are currently no refbacks.