PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS AR (AUGMENTED REALITY) PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR

Nenden Suciyati Sartika(1*), Hilfi Villar Risya(2), Ika Yunitasari(3),

(1) Universitas Mathla'ul Anwar
(2) Universitas Mathla'ul Anwar Banten
(3) Universitas Mathla'ul Anwar Banten
(*) Corresponding Author


Abstract


Media pembelajaran memiliki peranan yang sangat penting pada proses pembelajaran untuk meningkatkan minat, motivasi serta ketertarikan peserta didik terhadap pelajaran yang disampaikan. Namun pada kenyataannya menunjukkan bahwa dalam proses pembelajaran, media yang digunakan oleh guru ketika proses pembelajaran belum meningkatkan minat peserta didik. Penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan dan mengetahui kelayakan Media Pembelajaran Matematika berbasis Augmented Reality pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar. Penelitian ini merupakan jenis penelitian dan pengembangan, jenis penelitian ini merupakan metode penelitian yang digunakan untuk menghasilkan produk tertentu dan menguji keefektifan produk tersebut. Model penelitian dan pengembangan yang digunakan ialah model pengembangan ADDIE, model ini memiliki lima tahapan, yang pertama Tahap Analysis, yang kedua Tahap Design, yang ketiga Tahap Development, yang keempat Tahap Implementation, dan yang terakhir ialah Tahap Evaluation. Berdasarkan hasil penelitian dan pengembangan ini dapat disimpulkan bahwa Media Pembelajaran Matematika berbasis Augmented Reality pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar berhasil dikembangkan dan mendapatkan nilai dengan kriteria sangat layak berdasarkan penilaian dari beberapa ahli dan Respon Peserta Didik. Implikasi penelitian ini adalah pentingnya menggunakan media pembelajaran ketika dikelas agar bisa lebih meningkatkan minat belajar peserta didik.

Instructional media plays a crucial role in the learning process by enhancing students' interest, motivation, and engagement with the lessons presented. However, in practice, the teaching materials used by teachers during lessons often fail to increase students' interest. This research and development study aims to produce and assess the feasibility of AR (Augmented Reality)-based Mathematics Instructional Media on the topic of Three-Dimensional Shapes. This study is a type of Research and Development, which is a research method used to create a specific product and test its effectiveness. The Research and Development model employed in this study is the ADDIE development model, which consists of five stages: Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation. Based on the results of this research and development, it can be concluded that the AR-based Mathematics Instructional Media on the topic of Three-Dimensional Shapes was successfully developed and received an excellent rating according to the assessments from various experts and student responses. The implication of this study is the importance of using instructional media in the classroom to enhance student’s learning interest.


Keywords


ADDIE; BRSD; Augmented Reality; Intructional Media

References


Aldoobie, N (2015). ADDIE MODEL. American International Journal of Contemporary Research, 5(6), 68-72. doi: 10.30845/aijcr

Biber, Ç., Tuna, A., & Korkmaz, S. (2021). The mistakes and the misconceptions of the eight grade students on the subject of angles. European Journal of Science and Mathematics Education, 1(2), 50 59 https://doi.org/10.30935/scimath/9387

Fahmi, Syariful, & Dewi Astrida Noviani. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Android Menggunakan Augmented Reality Pada Materi Bangun Ruang Sisi Lengkung. Quadratic: Journal of Innovation and Technology in Mathematics and Mathematics Education, 1(2), 108-113. https://doi.org/0.14421/quadratic.2021.012-05

Fahriani, W., Alim, A. J., & Syahrilfuddin (2023). Pengembangan materi Ajar Bilingual Materi Geometri Berbasis Realistik. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika. 12(3). 2740-2750. https://doi.org/10.24127/ajpm.v12i3.5467

Firdayati, U., Darwan, & Kusmanto, H. (2021). Android-Based Media Development in Mathematics Lessons. Eduma: Mathematics Education Learning and Teaching, 10(1), 49–59. https://doi.org/10.24127/ajpm.v12i3.7188

Kristanto, Y. D., Amin, S. M., & Khabibah, S. (2016). The Development of Investigative Learning Materials Using Computer Assisted Instruction in the Topic of Reflection for Grade VII. Journal of Research and Advances in Mathematics Education, 1(2), 172–182. https://doi.org/10.23917/jramathed u.v1i2.4828

Listiawan, T., & Antoni, A. (2021). Pengembangan media pembelajaran matematika berbasis augmented reality (AR) pada materi transformasi geometri. JP2M (Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika), 7(1), 43-52. https://doi.org/10.29100/jp2m.v7i1.2099

Meika, I., Solikhah, F. F., & Yunitasari, I. (2023). Pengembangan bahan ajar materi trigonometri melalui pendekatan realistic mathematics education. SJME: Supremum Journal of Mathematics Education, 7(1), 93-106. https://doi.org/10.35706/sjme.v7i1.7190

Mullis, I. V. S., Martin, M. O., Foy, P., & Hooper, M. (2016). TIMSS 2015 International Results in Mathematics. Retrieved from Boston College, TIMSS & PIRLS International Study Center. http://timssandpirls.bc.edu/timss2015/international-results/

OECD. (2019). PISA 2021 creative thinking framework. Oecd, 53(9), 1689–1699.

Puspasari, R. (2019). Pengembangan Buku Ajar Kompilasi Teori Graf Dengan Model Addie. Journal of Medives : Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, 3(1), 137-152. doi:10.31331/medivesveteran.v3i1.702.

Rezeki, S., Dahlia, A., & Amelia, S. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Menggunakan Aplikasi Wordwall untuk Peserta Didik FAS. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 12(3), 3136-3146. https://doi.org/10.24127/ajpm.v12i3.7188

Rozi, Fahrur, Rezal Ridlo Kurniawan, & Farid Sukmana. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Pengenalan Bangun Ruang Berbasis Augmented Reality Pada Mata Pelajaran Matematika. Jurnal Ilmiah Penelitian dan Pembelajaran Informatika, 6(2), 436-447. https://doi.org/10.29100/jipi.v6i2.2180

Rusmiyati, R., Setyaningsih, S., & Parsiyono, P. (2020). Buddhist Sunday School Learning Pattern At Dhamma Pañña Monastery Temanggung. Jurnal Pencerahan, 13(1), 38–51. http://dx.doi.org/10.58762/jupen.v13i1.45

Saputra, H. V., & Frebiyanto, E. (2019). Media Pembelajaran berbasis Multimedia untuk anak tuna grahita, Mathema: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 15–23. https://ejurnal.teknokrat.ac.id/index.php/jurnalmathema/article/view/350

Sari, N. R., & Siswono, E. Y. T. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika berbasis Media Sosial Instagram pada Materi Lingkaran di SMP. Mathedunesa: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 9(1) 120–127. https://doi.org/10.26740/mathedunesa.v9n1.p120-127

Sartika, N. S., & Yunitasari, I. (2019). Pengembangan model pair check untuk menghindari mind in chaos siswa kelas x terhadap pembelajaran matematika. FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika, 5(2), 97-104. https://doi.org/10.24853/fbc.5.2.97-104

Sofnidar, Vivi Anggraini, & Khairul Anwar. (2023). Pengembangan Video Animasi Pada Blended Learning Dengan Model Discovery Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Siswa. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 12(4), 3670-3682. https://doi.org/10.24127/ajpm.v12i4.7715.

Sungkono, S., Apiati, V., & Santika, S. (2022). Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Augmented Reality. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 11(3), 459–470. https://doi.org/10.31980/mosharafa. v11i3.1534

Winarni, S., Hanim, M., Kumalasari, A., Marlina, M., & Rohati, R. (2023). Pengembangan Buku Saku Berbasis Augmented Reality Pada Materi Bangun Ruang Untuk Meningkatkan Kemampuan Spasial Siswa. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 12(4), 3561. https://doi.org/10.24127/ajpm.v12i4.8193




DOI: http://dx.doi.org/10.24127/ajpm.v14i1.11066

Refbacks

  • There are currently no refbacks.