PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS ETNOMATEMATIKA BERORIENTASI LITERASI NUMERASI

Ma'sumah Ma'sumah(1*), Muhammad Mona Adha(2), Dina Maulina(3), Nurhanurawati Nurhanurawati(4),

(1) Universitas Lampung
(2) Universitas Lampung
(3) Universitas Lampung
(4) Universitas Lampung
(*) Corresponding Author


Abstract


Rendahnya kemampuan literasi numerasi peserta didik sekolah dasar dalam menerapkan konsep matematika dalam kehidupan sehari-hari menjadi tantangan yang perlu segera diatasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran matematika berbasis etnomatematika pada materi keliling segi empat di kelas V dan menguji efektivitasnya dalam meningkatkan kemampuan literasi numerasi peserta didik. Prosedur pengembangan yang digunakan merujuk pada model Plomp yang terdiri atas 3 tahapan, yaitu: Preliminary Research (Investigasi Awal), Development or Prototyping Phase (Pengembangan dan pembuatan prototipe), dan Assessment Phase (Fase Penilaian). Penelitian ini dilakukan pada peserta didik kelas V SDN 1 Tanjung Agung Lampung Selatan. Hasil penelitian ini diperoleh rata-rata penilaian uji validitas ahli materi diperoleh 85,2 (sangat valid), rata-rata penilaian uji validitas ahli media diperoleh 92,3 (sangat valid), dan rata-rata penilaian uji validitas ahli bahasa diperoleh skor 64,6 dengan kategori valid. Rata-rata angket kepraktisan modul diperoleh 90,2 (sangat praktis) dan hasil angket dari praktisi (guru) diperoleh 89,74 (sangat praktis). Rata-rata skor posttest peserta didik lebih tinggi daripada pretest, menunjukkan adanya peningkatan kemampuan literasi numerasi. Berdasarkan uji paired t-test yang dilakukan, diperoleh hasil signifikansi sebesar 0,000 atau kurang dari 0,05 yang berarti terdapat perbedaan yang signifikan antara pretest dan posttest. Hasil ini menunjukkan bahwa media pembelajaran yang dikembangkan valid, praktis, dan efektif digunakan dalam meningkatkan kemampuan literasi numerasi peserta didik.

Keywords


Etnomatematika; literasi numerasi; media pembelajaran

References


Abdullah, F. S., & Yunianta, T. N. H. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Trigo Fun Berbasis Game Edukasi Menggunakan Adobe Animate Pada Materi Trigonometri. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 7(3), 434. https://doi.org/10.24127/ajpm.v7i3.1586

Afandi, M., & Ernawati, E. (2024). Peningkatan Kemampuan Numerasi Melalui Model PBL Berbantuan Video Pembelajaran dan Media Konkrit Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Sultan Agung, 4(1), 79–95. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30659/jp-sa.4.1.79-94

Ain, S. Q., Mustika, D., & Wulandari, A. (2023). Permasalahan Pembelajaran Literasi Numerasi dan Karakter untuk Siswa Sekolah Dasar. Aulad: Journal on Early Childhood, 6(2), 152–158. https://doi.org/10.31004/aulad.v6i2.452

Aransyah, A., Herpratiwi, H., & Adha, M. M. (2022). The use of qr-code media in PKN subjects to foster the democratic character of 21st century students. Educenter : Jurnal Ilmiah Pendidikan, 1(10), 671–676. https://doi.org/10.55904/educenter.v1i10.424

Arfiani, A. R., Restian, A., & Mariani, M. (2024). Analisis Pembiasaan Budaya Literasi untuk Mewujudkan Kemampuan Berpikir Kritis di SD Muhammadiyah 4 Batu. Autentik: Jurnal Pengembangan Pendidikan Dasar, 8(1), 74–79. https://doi.org/https://doi.org/10.36379/autentik.v8i1.477

Arumsari, W. P. A., & Adirakasiwi. (2023). Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Persamaan Garis Lurus. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif , 6(3), 1257–1268. https://doi.org/10.22460/jpmi.v6i3.17077

Asnawati, R., Widyastuti, Maulina, D., Anggoro, B. S., Ferdiansyah, M., & Izzati, N. (2022). Evaluating the Numeracy Cognitive Level of Indonesian Elementary School Students using the Minimum Competency Assessment. Jurnal Pendidikan MIPA, 23(2), 428–436. https://doi.org/https://doi.org/10.23960/jpmipa/v23i2.pp428-436

Cao Thi, H., Le, T. A., Tran Ngoc, B., & Phan Thi Phuong, T. (2023). Factors Affecting The Numeracy Skills of Students From Mountainous Ethnic Minority Regions In Vietnam: Learners’ Perspectives. Cogent Education, 10(1). https://doi.org/10.1080/2331186X.2023.2202121

Fauzi, A., Rahmatih, A. N., & Haryati, L. F. (2022). Analisis Efektivitas Model Pembelajaran Blended Learning Ditinjau dari Hasil Belajar Geometri Mahasiswa Guru Sekolah Dasar. COLLASE (Creative of Learning Students Elementary Education), 5(1), 43–52. https://doi.org/https://doi.org/10.22460/collase.v5i1.9962

Gal, I., Grotlüschen, A., Tout, D., & Kaiser, G. (2020). Numeracy, adult education, and vulnerable adults: a critical view of a neglected field. ZDM - Mathematics Education, 52(3), 377–394. https://doi.org/10.1007/s11858-020-01155-9

Hardianti, S. R., & Effendi, K. N. S. (2021). Analisis Kemapuan Representasi Matematis Siswa SMA Kelas XI. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 4(5), 1904. https://doi.org/10.22460/jpmi.v4i5.1093-1104

Hendriani, M., Melindawati, S., & Mardicko, A. (2021). Keterampilan Pemecahan Masalah Matematika di Era Revolusi Industri 4.0 Siswa SD. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 892–899. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i2.477

Herlina, S., Kusumah, Y. S., & Juandi, D. (2023). Digital Literacy: Student Perception in Mathematics Learning. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 12(3), 3115. https://doi.org/10.24127/ajpm.v12i3.7561

Hussein, S., Ratnaningsih, N., & Ni’mah, K. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Menggunakan Smart Application Creator. Prisma, 11(2), 595. https://doi.org/10.35194/jp.v11i2.2621

Karseno. (2023). Pengembangan Media Game Edukasi untuk Siswa Kelas VI Sekolah Dasar. Jurnal Didaktika Pendidikan Dasar, 7(2), 585–602. https://doi.org/10.26811/didaktika.v7i2.882

Kemdikbud. (2023). Rapor Pendidikan Indonesia tahun 2023. 2023. https://raporpendidikan.kemdikbud.go.id/login

Latifah, H., & Kurniawan, A. W. (2020). Membudayakan Literasi Dengan Teknik Review Anggit Angglang Pada Tingkat Sekolah Dasar. NATURALISTIC : Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(2b), 575–580. https://doi.org/10.35568/naturalistic.v4i2b.765

Nugroho, A. A., Dwijayanti, I., & Atmoko, P. Y. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Penemuan dan Lingkungan Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Melalui Meta Analisis. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(1), 147. https://doi.org/10.24127/ajpm.v9i1.2659

Pitanti, A. M. (2023). Revolutionizing Education: Enhancing Numeracy Skills with the Innovative Monster Math Game. Pedagogia : Jurnal Pendidikan, 12(2), 76–91. https://doi.org/10.21070/pedagogia.v12i2.1573

Plomp, T., Akker, J. van den, Bannan, B., Kelly, A. E., & Nieveen, N. (2013). Educational Design Research Part A: An introduction. In Netherlands Institute for Curriculum Development: SLO. http://www.eric.ed.gov/ERICWebPortal/recordDetail?accno=EJ815766

Priyatna, S., & Marsigit, M. (2024). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Etnomatematika Keraton Yogyakarta Berorientasi Pada Pemahaman Konsep Matematis Siswa. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 13(2), 458. https://doi.org/10.24127/ajpm.v13i2.8825

Putri, M. A. K., Lestari, N. D. S., Hakiki, F. N., Sari, T. S. R., & Pambudi, D. S. (2022). Bagaimana Siswa dapat Berkomunikasi dalam Memecahkan Masalah Matematika? AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 11(4), 3105. https://doi.org/10.24127/ajpm.v11i4.5754

Radiusman. (2020). Studi Literasi: Pemahaman Konsep Anak Pada Pembelajaran Matematika. FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 6(1), 1. https://doi.org/10.24853/fbc.6.1.1-8

Rahmadhani, S. E., Sabara, I. M., & Marhayati, M. (2024). Pengembangan LKPD Berbasis Etnomatematika Batik Kawung pada Materi Unsur-Unsur Lingkaran. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 13(1), 116. https://doi.org/10.24127/ajpm.v13i1.8078

Rakhmawati, Y., & Mustadi, A. (2022). The circumstances of literacy numeracy skill: Between notion and fact from elementary school students. Jurnal Prima Edukasia, 10(1), 9–18. https://doi.org/10.21831/jpe.v10i1.36427

Rezky, M., Hidayanto, E., & Parta, I. N. (2022). Kemampuan Literasi Numerasi Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Konteks Sosial Budaya Pada Topik Geometri Jenjang Smp. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 11(2), 1548. https://doi.org/10.24127/ajpm.v11i2.4879

Shahbari, J. A., & Daher, W. (2020). Learning congruent triangles through ethnomathematics: The case of students with difficulties in mathematics. Applied Sciences (Switzerland), 10(14). https://doi.org/10.3390/app10144950

Tresnasih, I., Ratnaningsih, N., & Rahayu, D. V. (2022). Analisis Numerasi Matematis Peserta Didik dalam Menyelesaikan Soal AKM. Prisma, 11(2), 478. https://doi.org/10.35194/jp.v11i2.2454

Yenti, I. N., Putri, M. V., & Maris, I. M. (2022). Pengembangan Media Interaktif Berbasis Etnomatematika Menggunakan Lectora Inspire untuk Materi Segitiga dan Segi Empat. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 11(4), 2847. https://doi.org/10.24127/ajpm.v11i4.6030

Zaenal, R. M., Suryaman, O., & Sutisna, A. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Mobile Learning “Numet” untuk Meningkatkan Kemampuan Numerasi Siswa Sekolah Dasar. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 11(4), 2725–2739. https://doi.org/https://doi.org/10.24127/ajpm.v11i4.6035




DOI: http://dx.doi.org/10.24127/ajpm.v14i3.11021

Refbacks

  • There are currently no refbacks.