PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS ETNOMATEMATIKA BERORIENTASI LITERASI NUMERASI
(1) Universitas Lampung
(2) Universitas Lampung
(3) Universitas Lampung
(4) Universitas Lampung
(*) Corresponding Author
Abstract
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Abdullah, F. S., & Yunianta, T. N. H. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Trigo Fun Berbasis Game Edukasi Menggunakan Adobe Animate Pada Materi Trigonometri. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 7(3), 434. https://doi.org/10.24127/ajpm.v7i3.1586
Afandi, M., & Ernawati, E. (2024). Peningkatan Kemampuan Numerasi Melalui Model PBL Berbantuan Video Pembelajaran dan Media Konkrit Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Sultan Agung, 4(1), 79–95. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30659/jp-sa.4.1.79-94
Ain, S. Q., Mustika, D., & Wulandari, A. (2023). Permasalahan Pembelajaran Literasi Numerasi dan Karakter untuk Siswa Sekolah Dasar. Aulad: Journal on Early Childhood, 6(2), 152–158. https://doi.org/10.31004/aulad.v6i2.452
Aransyah, A., Herpratiwi, H., & Adha, M. M. (2022). The use of qr-code media in PKN subjects to foster the democratic character of 21st century students. Educenter : Jurnal Ilmiah Pendidikan, 1(10), 671–676. https://doi.org/10.55904/educenter.v1i10.424
Arfiani, A. R., Restian, A., & Mariani, M. (2024). Analisis Pembiasaan Budaya Literasi untuk Mewujudkan Kemampuan Berpikir Kritis di SD Muhammadiyah 4 Batu. Autentik: Jurnal Pengembangan Pendidikan Dasar, 8(1), 74–79. https://doi.org/https://doi.org/10.36379/autentik.v8i1.477
Arumsari, W. P. A., & Adirakasiwi. (2023). Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Persamaan Garis Lurus. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif , 6(3), 1257–1268. https://doi.org/10.22460/jpmi.v6i3.17077
Asnawati, R., Widyastuti, Maulina, D., Anggoro, B. S., Ferdiansyah, M., & Izzati, N. (2022). Evaluating the Numeracy Cognitive Level of Indonesian Elementary School Students using the Minimum Competency Assessment. Jurnal Pendidikan MIPA, 23(2), 428–436. https://doi.org/https://doi.org/10.23960/jpmipa/v23i2.pp428-436
Cao Thi, H., Le, T. A., Tran Ngoc, B., & Phan Thi Phuong, T. (2023). Factors Affecting The Numeracy Skills of Students From Mountainous Ethnic Minority Regions In Vietnam: Learners’ Perspectives. Cogent Education, 10(1). https://doi.org/10.1080/2331186X.2023.2202121
Fauzi, A., Rahmatih, A. N., & Haryati, L. F. (2022). Analisis Efektivitas Model Pembelajaran Blended Learning Ditinjau dari Hasil Belajar Geometri Mahasiswa Guru Sekolah Dasar. COLLASE (Creative of Learning Students Elementary Education), 5(1), 43–52. https://doi.org/https://doi.org/10.22460/collase.v5i1.9962
Gal, I., Grotlüschen, A., Tout, D., & Kaiser, G. (2020). Numeracy, adult education, and vulnerable adults: a critical view of a neglected field. ZDM - Mathematics Education, 52(3), 377–394. https://doi.org/10.1007/s11858-020-01155-9
Hardianti, S. R., & Effendi, K. N. S. (2021). Analisis Kemapuan Representasi Matematis Siswa SMA Kelas XI. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 4(5), 1904. https://doi.org/10.22460/jpmi.v4i5.1093-1104
Hendriani, M., Melindawati, S., & Mardicko, A. (2021). Keterampilan Pemecahan Masalah Matematika di Era Revolusi Industri 4.0 Siswa SD. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 892–899. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i2.477
Herlina, S., Kusumah, Y. S., & Juandi, D. (2023). Digital Literacy: Student Perception in Mathematics Learning. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 12(3), 3115. https://doi.org/10.24127/ajpm.v12i3.7561
Hussein, S., Ratnaningsih, N., & Ni’mah, K. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Menggunakan Smart Application Creator. Prisma, 11(2), 595. https://doi.org/10.35194/jp.v11i2.2621
Karseno. (2023). Pengembangan Media Game Edukasi untuk Siswa Kelas VI Sekolah Dasar. Jurnal Didaktika Pendidikan Dasar, 7(2), 585–602. https://doi.org/10.26811/didaktika.v7i2.882
Kemdikbud. (2023). Rapor Pendidikan Indonesia tahun 2023. 2023. https://raporpendidikan.kemdikbud.go.id/login
Latifah, H., & Kurniawan, A. W. (2020). Membudayakan Literasi Dengan Teknik Review Anggit Angglang Pada Tingkat Sekolah Dasar. NATURALISTIC : Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(2b), 575–580. https://doi.org/10.35568/naturalistic.v4i2b.765
Nugroho, A. A., Dwijayanti, I., & Atmoko, P. Y. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Penemuan dan Lingkungan Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Melalui Meta Analisis. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(1), 147. https://doi.org/10.24127/ajpm.v9i1.2659
Pitanti, A. M. (2023). Revolutionizing Education: Enhancing Numeracy Skills with the Innovative Monster Math Game. Pedagogia : Jurnal Pendidikan, 12(2), 76–91. https://doi.org/10.21070/pedagogia.v12i2.1573
Plomp, T., Akker, J. van den, Bannan, B., Kelly, A. E., & Nieveen, N. (2013). Educational Design Research Part A: An introduction. In Netherlands Institute for Curriculum Development: SLO. http://www.eric.ed.gov/ERICWebPortal/recordDetail?accno=EJ815766
Priyatna, S., & Marsigit, M. (2024). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Etnomatematika Keraton Yogyakarta Berorientasi Pada Pemahaman Konsep Matematis Siswa. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 13(2), 458. https://doi.org/10.24127/ajpm.v13i2.8825
Putri, M. A. K., Lestari, N. D. S., Hakiki, F. N., Sari, T. S. R., & Pambudi, D. S. (2022). Bagaimana Siswa dapat Berkomunikasi dalam Memecahkan Masalah Matematika? AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 11(4), 3105. https://doi.org/10.24127/ajpm.v11i4.5754
Radiusman. (2020). Studi Literasi: Pemahaman Konsep Anak Pada Pembelajaran Matematika. FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 6(1), 1. https://doi.org/10.24853/fbc.6.1.1-8
Rahmadhani, S. E., Sabara, I. M., & Marhayati, M. (2024). Pengembangan LKPD Berbasis Etnomatematika Batik Kawung pada Materi Unsur-Unsur Lingkaran. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 13(1), 116. https://doi.org/10.24127/ajpm.v13i1.8078
Rakhmawati, Y., & Mustadi, A. (2022). The circumstances of literacy numeracy skill: Between notion and fact from elementary school students. Jurnal Prima Edukasia, 10(1), 9–18. https://doi.org/10.21831/jpe.v10i1.36427
Rezky, M., Hidayanto, E., & Parta, I. N. (2022). Kemampuan Literasi Numerasi Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Konteks Sosial Budaya Pada Topik Geometri Jenjang Smp. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 11(2), 1548. https://doi.org/10.24127/ajpm.v11i2.4879
Shahbari, J. A., & Daher, W. (2020). Learning congruent triangles through ethnomathematics: The case of students with difficulties in mathematics. Applied Sciences (Switzerland), 10(14). https://doi.org/10.3390/app10144950
Tresnasih, I., Ratnaningsih, N., & Rahayu, D. V. (2022). Analisis Numerasi Matematis Peserta Didik dalam Menyelesaikan Soal AKM. Prisma, 11(2), 478. https://doi.org/10.35194/jp.v11i2.2454
Yenti, I. N., Putri, M. V., & Maris, I. M. (2022). Pengembangan Media Interaktif Berbasis Etnomatematika Menggunakan Lectora Inspire untuk Materi Segitiga dan Segi Empat. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 11(4), 2847. https://doi.org/10.24127/ajpm.v11i4.6030
Zaenal, R. M., Suryaman, O., & Sutisna, A. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Mobile Learning “Numet” untuk Meningkatkan Kemampuan Numerasi Siswa Sekolah Dasar. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 11(4), 2725–2739. https://doi.org/https://doi.org/10.24127/ajpm.v11i4.6035
DOI: http://dx.doi.org/10.24127/ajpm.v14i3.11021
Refbacks
- There are currently no refbacks.