PENGEMBANGAN APLIKASI ANDROID BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING BERORIENTASI KEBUDAYAAN LOKAL MATERI BARIS DAN DERET ARITMATIKA

Amrih Sugiharti(1), Ira Vahlia(2*), Dwi Rahmawati(3),

(1) Universitas Muhammadiyah Metro
(2) Universitas Muhammadiyah Metro
(3) Universitas Muhammadiyah Metro
(*) Corresponding Author


Abstract


Perkembangan zaman mengharuskan pendidik kreatif dalam menerapkan pembelajaran yang menarik minat siswa untuk belajar terutama pada mata pelajaran matematika yang dianggap menyeramkan. Media yang digunakan harus memanfaatkan teknologi namun  tidak melunturkan kebudayaan yang ada.Penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran aplikasi android berbasis problem based learning berorientasi kebudayaan lokal Lampung materi barisan dan deret aritmatika yang diharapkan dapat menjadi alternatif media pembelajaran dan membantu proses pembelajaran menjadi lebih menarik sekaligus siswa dapat mempelajari kebudayaan lokal Lampung. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model 4D (Define, Design, Develop, Disseminate). Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa observasi, wawancara, dan angket. Data yang didapatkan dianalisis sebagai acuan pembuatan produk sesuai dengan kebutuhan sekolah, lalu dikembangkan, dan dievaluasi. Hasil kevalidan diuji dan dinilai oleh ahli yang terdiri dari 6 validator. Aplikasi yang dikembangkan memperoleh tingkat kevalidan dengan total skor 87,3% dengan kriteria sangat valid dan tingkat kepraktisan memperoleh skor 93% dengan kategori sangat praktis. Dapat disimpulkan bahwa aplikasi android berbasis problem based learning berorientasi kebudayaan lokal materi baris dan deret aritmatika di SMP Negeri 10 Metro dinyatakan sangat valid dan sangat praktis. Aplikasi yang dikembangkan memuat unsur kebudayaan lokal Lampung yang memotivasi siswa untuk cinta budaya lokal serta melestarikan kebudayaan lokal Lampung.

The development of the times requires creative educators in implementing learning that attracts students to learn, especially in mathematics subjects that are considered scary. The media used must utilize technology but not dilute the existing culture. This research and development aims to develop a learning media application for Android based on problem-based learning oriented to Lampung local culture material of arithmetic sequences and series, which is expected to be an alternative learning medium and help the learning process become more interesting while students can learn Lampung local culture. This research is development research using the 4D model (Define, Design, Develop, Disseminate). Data collection techniques used are observation, interviews, and questionnaires. The data obtained is analyzed as a reference for making products according to school needs, then developed and evaluated. Validity results is tested and assessed by experts consisting of six validators. The application developed obtained a level of validity with a total score of 87.3% with very valid criteria and a level of practicality with a score of 93% with a very practical category. It can be concluded that the android application based on problem-based learning oriented to local culture material of arithmetic sequences and series at SMP Negeri 10 Metro is stated to be very valid and very practical. The application developed contains elements of local Lampung culture which motivates students to love local culture and preserve local Lampung culture.


Keywords


android; aplikasi; kebudayaan lokal; problem based learning.

References


Aini, D., Latifah, S., & Hamid, A. (2021). Problem Based Learning (PBL) Model: Its Effect in Improving Students’ Critical Thinking Skill. Indonesian Journal of Science and Mathematics Education, 4(2), 183–190. https://doi.org/10.24042/ijsme.v4i2.8660

Andayani, S., & Pratama, Y. (2022). Pengembangan Modul Matematika Dasar Berbasis Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 11(1), 121–131. https://doi.org/10.24127/ajpm.v11i1.4806

Apsari, P. N., & Rizki, S. (2018). Media Pembelajaran Matematika Berbasis Android Pada Materi Program Linear. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 7(1), 161–170. https://doi.org/10.1299/jsmemag.121.1191_47

Ardiansyah, A. A., & Nana, N. (2020). Peran Mobile Learning sebagai Inovasi dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran di Sekolah. Indonesian Journal Of Educational Research and Review, 3(1), 47. https://doi.org/10.23887/ijerr.v3i1.24245

Azizah, A. N., Rohmah, M., Tyas, W., & Sundawa, D. A. (2024). Integrating ethnomathematics in E-LKPD: Enhancing learning through rice farming activities. Al-Jabar : Jurnal Pendidikan Matematika, 15(1), 61-74. https://doi.org/10.24042/ajpm.v15i1.19163

Dwianjani, N. K. ., Astawa, I. W. P., & Sukajaya, I. . (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android Pada Materi Brsd Berorientasi Etnomatematika Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika Indonesia, 11(2), 69–80. https://doi.org/10.23887/jppmi.v11i2.1447

Hidayati, N., Zubaidah, S., & Amnah, S. (2023). Effective learning model bases problem based learning and digital mind maps to improve student’s collaboration skills. International Journal of Evaluation and Research in Education, 12(3), 1307–1314. https://doi.org/10.11591/ijere.v12i3.22654

Indriyani, E., ES., Y. R., & Vahlia, I. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Android Menggunakan Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME). EMTEKA: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 1–10. https://doi.org/10.24127/emteka.v2i1.727

Jazuli, L. O. A., Arvyaty, A., Hasnawaty, H., & Ibrahim, M. F. (2024). Pengembangan media pembelajaran Articulate Storyline untuk pemahaman konsep materi turunan. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 10(2), 139–152. https://doi.org/10.21831/jrpm.v10i2.71066

Julianto, N., & Efendi, A. (2024). Empowering Math Learning with Android : Ethnomathematics Media for 3D Shapes in Elementary Education. Jurnal Edutech Undiksha, 12(2), 334–345. https://doi.org/10.23887/jeu.v12i2.70060

Kusuma, D. A. C., Sujadi, I., & Slamet, I. (2023). Pengembangan Model Blended Learning Berbasis Etnomatematika Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 12(1), 256-268. https://doi.org/10.24127/ajpm.v12i1.5911

Munandar, A., & Rizki, S. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Matematika Berbasis Komputer Menggunakan Flipbook Maker Disertai Nilai Islam Pada Materi Peluang. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 8(1), 262–269. https://doi.org/10.24127/ajpm.v8i1.1957

Nurhayati, D., Rahmawati, D., & Farida, N. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Android Pada Materi Segi Empat dan Segitiga Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Labuhan Maringgai. EMTEKA: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 11–24. https://doi.org/10.24127/emteka.v2i1.731

Permatasari, N. M., Effendi, M. M., & Azmi, R. D. (2023). Development of Codular-Assisted Android-Based Mathematics Media to Increase Student Motivation and Learning Outcomes. JTAM (Jurnal Teori Dan Aplikasi Matematika), 7(2), 489–497. https://doi.org/10.31764/jtam.v7i2.13521

Praja, I. R., & Andriani, A. E. (2025). Problem-based learning interactive multimedia to optimize elementary school natural and social sciences learning Article history : Multimedia interaktif berbasis pembelajaran berbasis masalah untuk mengoptimalkan pembelajaran ilmu pengetahuan alam dan sos. Indonesian Jurnal of Science and Mathematics Education (IJSME), 08(March), 136–153. https://doi.org/10.24042/ijsme.v8i1.26067

Pujiarti, T., Srirahmawati, I., Putra, A., & Sari, F. F. (2023). Pengaruh Model Problem Based Learning Berbasis Etnomatika Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Mahasiswa PGSD. Undihamka, 11(1), 40. https://doi.org/10.33394/mpm.v11i1.8230

Ramadhani, R., Farid, F., Lestari, F., & Machmud, A. (2020). Improvement of Creative Thinking Ability through Problem-Based Learning with Local Culture Based on Students’ Gender and Prior Mathematics Ability. Al-Jabar : Jurnal Pendidikan Matematika, 11(1), 61–72. https://doi.org/10.24042/ajpm.v11i1.4961

Riduwan & Akdon. (2020). Rumus dan Data dalam Analisis Statistika. Bandung: ALFABETA.

Sari, N. M., Setiani, A., Rinangkit, I., & Munawar, H. S. (2021). The development of teaching materials based on problem solving exploration with microsoft kaizala applications. Al-Jabar : Jurnal Pendidikan Matematika, 12(2), 253–266. https://doi.org/10.24042/ajpm.v12i2.9253

Siswanti, A. B., & Indrajit, E. R. (2023). Problem Based Learning (1st ed.). Yogyakarta: Penerbit Andi.

Thiagarajan. (1976). Instructional development for training teachers of exceptional children: A Sourcebook. In Indiana Univ., Blommington (Vol. 14). https://doi.org/10.1016/0022-4405(76)90066-2

Yuliana, Y., Syaifuddin, M. W., & Adiningrum, A. (2023). Media Berbasis Android Pada Pembelajaran Matematika Perbandingan (Microsoft Powerpoint, Ispring Suite, Website Apk 2 Builder). AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 12(1), 281-293. https://doi.org/10.24127/ajpm.v12i1.5949

Yusman, M. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Android. Jurnal Teknologi Dan Informatika (JEDA), 01(01), 1–12. https://doi.org/10.57084/jeda.v1i1.965.g830




DOI: http://dx.doi.org/10.24127/ajpm.v14i2.10963

Refbacks