MEDIA PEMBELAJARAN MARI (MAGICBOOK AUGMENTED REALITY) BERBASIS ETNOMATEMATIKA RUMAH ADAT JOGLO

Aira Puteri Damayanti(1*), Astrid Chandra Sari(2), Anisa Fitri(3),

(1) Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri
(2) Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri
(3) Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri
(*) Corresponding Author


Abstract


Kebingungan peserta didik dalam memecahkan soal-soal geometri disebabkan oleh tingginya tingkat abstraksi dari objek geometris dan kurangnya visualisasi benda yang dibayangkan. Media pembelajaran berbasis teknologi yang mampu membantu peserta didik untuk belajar visualisasi secara langsung yaitu Augmented Reality (AR). Teknologi AR dikolaborasikan dengan bahan ajar berupa Magicbook yang berisi marker AR, materi pembelajaran dan latihan soal. Hadirnya etnomatematika memberikan warna baru pada aktivitas pembelajaran peserta didik karena mengaitkan matematika dengan budaya. Budaya yang diangkat dalam penelitian ini adalah rumah adat Joglo karena struktur bangunan rumah Joglo merupakan representasi ilmu matematika materi bangun ruang sisi datar. Tujuan penelitian ini mengembangkan media MARI (Magicbook Augmented Reality) berbasis etnomatematika rumah adat Joglo untuk pembelajaran bangun ruang sisi datar di kelas VIII SMPN 2 Balen. Penelitian ini adalah jenis penelitian dan pengembangan dengan model ADDIE (analysis, design, development, implementation, dan evaluation). Hasil penelitian menunjukkan bahwa Magicbook Augmented Reality mendapatkan skor 3,82 (sangat valid) oleh ahli media dan mendapatkan skor rata-rata 3,50 (sangat valid) oleh dua ahli materi. Magicbook Augmented Reality juga dinyatakan sangat layak dengan hasil angket siswa yang menunjukan skor rata-rata 3,40. Simpulan penelitian ini adalah media MARI valid dan layak digunakan sebagai media pembelajaran matematika.

Students’ difficulties in solving geometry problems are caused by the high level of abstraction of geometric objects and the lack of visualization of imagined objects. Technology-based learning media that can help students learn visualization directly is Augmented Reality (AR). In this study, AR technology is integrated with instructional materials in the form of a Magicbook containing AR markers, flat-sided solid geometry content, practice questions, and ethnomathematics components. The cultural element highlighted in this research is the Joglo traditional house, as its architectural structure represents concepts in flat-sided solid geometry. The aim of this research is to develop MARI (Magicbook Augmented Reality with Ethnomathematics) media based on the Joglo traditional house, which meets the criteria of being valid and feasible for teaching flat-sided solid geometry in Grade VIII at SMPN 2 Balen. This study employs a research and development (R&D) design using the ADDIE model (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation). The results show that the Magicbook Augmented Reality received a score of 3.82 (very valid) from media experts, 3.75 (very valid) from the first subject matter expert, and 3.25 (very valid) from the second subject matter expert. In addition, the Magicbook was considered highly feasible by students, with an average questionnaire score of 3.40. It can be concluded that the MARI media is valid and feasible to be used as a mathematics learning media.

 


Keywords


Augmented reality; bangun ruang sisi datar; etnomatematika; magicbook.

References


Ali, M. S. B., Khan, N. U., Yasmeen, R., Manzoor, T., & Khakwani, S. (2023). The Role of Augmented Reality in Enhancing Spatial Understanding in Trigonometry. Russian Law Journal, 11(2), 560-574. https://cyberleninka.ru/article/n/the-role-of-augmented-reality-in-enhancing-spatial-understanding-in-trigonometry

Arifin, A. M., Pujiastuti, H., & Sudiana, R. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran STEM dengan Augmented Reality untuk Meningkatkan Kemampuan Spasial Matematis Siswa. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 7(1), 59–73. https://doi.org/10.21831/jrpm.v7i1.32135

Cai, S., Liu, E., Yang, Y., & Liang, J. (2019). Tablet-based AR technology: Impacts on students’ conceptions and approaches to learning mathematics according to their self-efficacy. British Journal of Educational Technology, 50(1), 248–263. https://doi.org/10.1111/bjet.12718

Dosinaeng, W. B. N., Lakapu, M., Jagom, Y. O., Uskono, I. V, Leton, S. I., & Djong, K. D. (2020). Etnomatematika untuk Siswa Sekolah Menengah: Eksplorasi Konsep-Konsep Geometri pada Budaya Suku Boti. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(3), 739–752. https://doi.org/10.24127/ajpm.v9i3.2900

Kamid, K., Anwar, K., & Sofnidar, S. (2025). Pengembangan Media Augmented Reality Bernama E-Magazine Education Berbasis Etnomatematika Batik Jambi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 14(1), 70–82. https://doi.org/10.24127/ajpm.v14.i1.9569

Kustantina, V. A., Nuryadi, N., & Marhaeni, N. H. (2022). Respons Siswa terhadap Komik Matematika Interaktif sebagai Media Pembelajaran Matematika. Paedagoria : Jurnal Kajian, Penelitian Dan Pengembangan Kependidikan, 13(1), 01–07. https://doi.org/10.31764/paedagoria.v13i1.8029

Mardiana, A., & Abidin, Y. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Augmented Reality pada Materi Bangun Ruang di Kelas I SD. JP2SD (Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Sekolah Dasar), 12(2), 190–203. https://doi.org/10.55606/sscj-amik.v2i5.4066

Pahmi, S., Hendriyanto, A., Sahara, S., Muhaimin, L. H., Kuncoro, K. S., & Usodo, B. (2023). Assessing the Influence of Augmented Reality in Mathematics Education: A Systematic Literature Review. International Journal of Learning, Teaching and Educational Research, 22(5), 1–25. https://doi.org/10.26803/ijlter.22.5.1

Priyani, N. E. (2021). Pengembangan Modul Etnomatematika Berbasis Budaya Dayak dalam Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan Joyfull Learning. Jurnal Didaktika Pendidikan Dasar, 5(1), 109–124. https://doi.org/10.26811/didaktika.v5i1.226

Priyatna, S., & Marsigit, M. (2024). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Etnomatematika Keraton Yogyakarta Berorientasi pada Pemahaman Konsep Matematis Siswa. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 13(2), 458–468. https://doi.org/10.24127/ajpm.v13i2.8825

Rezky, M., Hidayanto, E., & Parta, I. N. (2022). Kemampuan Literasi Numerasi Siswa dalam Menyelesaikan Soal Konteks Sosial Budaya pada Topik Geometri Jenjang SMP. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 11(2), 1548–1562. https://doi.org/10.24127/ajpm.v11i2.4879

Sari, A. C., & Kurniawati, N. (2020). Pengembangan Perangkatan Pembelajaran REACT Berseting Think Talk Write dengan Bantuan Google SketchUp pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar SMP. Journal of Medives : Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, 4(1), 141–149. https://doi.org/10.31331/medivesveteran.v4i1.986

Saumi, F., Muliani, F., & Amalia, R. (2022). Pengembangan E-Modul Berbasis Augmented Reality dengan Model Guided Discovery Learning pada Materi Vektor. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 11(4), 3850–3859. https://doi.org/10.24127/ajpm.v11i4.6066

Sirate, S. F. S. (2015). Menggagas Integrasi Multikultur Pembelajaran Matematika: suatu telaah etnomatematika. AULADUNA: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 2(2), 246–263. https://journal3.uin-alauddin.ac.id/index.php/auladuna/article/view/880

Sulistyani, A. P., Windasari, V., Rodiyah, I. W., & Muliawati, N. E. (2019). Eksplorasi Etnomatematika Rumah Adat Joglo Tulungagung. Media Pendidikan Matematika, 7(1), 22–28. https://doi.org/10.33394/mpm.v7i1.1537

Tambunan, H., Subakti, H., Sari, A. C., Mas’ud, H., Dwinanto, A., Evenddy, S. S., Pagiling, S. L., Simarmata, J., & Munfarikhatin, A. (2023). Media Pembelajaran Interaktif. Yayasan Kita Menulis.

Velázquez, F. D. C., & Méndez, G. M. (2021). Application in Augmented Reality for Learning Mathematical Functions: A Study for the Development of Spatial Intelligence in Secondary Education Students. Mathematics, 9(4), 1–19. https://doi.org/10.3390/math9040369

Winarni, S., Hanim, M., Kumalasari, A., Marlina, & Rohati. (2023). Pengembangan Buku Saku Berbasis Augmented Reality Kemampuan Spasial Siswa. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 12(4), 3561–3573. https://doi.org/10.24127/ajpm.v12i4.8193

Yanuarto, W. N., & Iqbal, A. M. (2022). The Augmented Reality Learning Media to Improve Mathematical Spatial Ability in Geometry Concept. Edumatica : Jurnal Pendidikan Matematika, 12(01), 30–40. https://doi.org/10.22437/edumatica.v12i01.17615

Yuniarti, D. A. F., Abadi, F., Munir, M. S., Fu’adi, A., & Hikmahwan, B. (2024). DGMATH-based Augmented Reality as Learning Media Innovation in the Digital Era. Edumatica: Jurnal Pendidikan Matematika, 14(03), 231–241. https://doi.org/10.22437/edumatica.v14i3.38470




DOI: http://dx.doi.org/10.24127/ajpm.v14i2.10883

Refbacks

  • There are currently no refbacks.