PENERAPAN ETNO-AR BERBASIS MODEL PBL TERINTEGRASI BUDAYA ACEH UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN NORMA SOSIOMATEMATIKA

Fairus Fairus(1), Liza Fitria(2), Imam Hadi Sutrisno(3), Edi Syahputra(4), Edy Surya(5), Riezky Purnama Sari(6), Saiman Saiman(7*),

(1) Universitas Samudra
(2) Universitas Samudra
(3) Universitas Samudra
(4) Universitas Negeri Medan
(5) Universitas Negeri Medan
(6) Universitas Samudra
(7) Universitas Samudra
(*) Corresponding Author


Abstract


Salah satu bentuk kecerdasan emosional yang penting dimiliki peserta didik dalam pemecahan masalah adalah norma sosiomatematika. Namun, kemampuan ini masih tergolong rendah pada siswa SMPN 4 Langsa, yang terlihat dari kurangnya interaksi selama proses pembelajaran di kelas. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada atau tidaknya peningkatan kemampuan norma sosiomatematika melalui penerapan ETNO-AR berbasis model Problem Based Learning (PBL) terintegrasi budaya Aceh menggunakan metode Quasi eksperimen dengan desain pretest -posttest control group. Hasil penelitian ini dilihat dari uji Mann Whitney nilai N-Gain diperoleh U = 81,000 dan nilai signifikansi 0,014 maka H0 di tolak artinya peningkatan norma sosiomatematika siswa melalui ETNO-AR lebih baik dari pada melalui pembelajaran tanpa media ETNO-AR. Terjadi peningkatan pada seluruh indikator norma sosiomatematika, dengan capaian tertinggi sebesar 95,5% pada indikator kemampuan siswa dalam menghargai perbedaan tingkat berpikir tanpa merasa superior maupun inferior. Sementara itu, pada kelas kontrol, indikator tertinggi adalah kemampuan siswa dalam menyampaikan solusi lisan untuk mencapai kesepakatan terhadap suatu permasalahan persentase sebesar 79,5%.

Keywords


Aceh; Aughmented Reality; Budaya; Norma Sosiomatematika; Problem Based Learning

References


Anisa, S., Supriadi, N., & Pratiwi, D. D. (2019). Norma Sosiomatematik Ditinjau dari Minat Belajar Matematika Siswa peran penting dalam berbagai disiplin dan rasa ketertarikan pada suatu hal , tendency to pay attention to and enjoy kecenderungan yang tetap untuk pokok bagi siswa untuk berusaha dalam. Journal of Medives : Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, 3(2), 153‑164.

Çakır, A., & Akkoç, H. (2024). Socio-mathematical Norms Related to Problem Solving in a Gifted and Talented Mathematics Classroom. Mathematics Teaching-Research Journal, 16(1), 79‑99.

Dickes, A. C., Farris, A. V., & Sengupta, P. (2020). Sociomathematical Norms for Integrating Coding and Modeling with Elementary Science: A Dialogical Approach. Journal of Science Education and Technology, 29(1), 35‑52. https://doi.org/10.1007/s10956-019-09795-7

Dwi Rahma Putri, R., Ratnasari, T., Trimadani, D., Halimatussakdiah, H., Nathalia Husna, E., & Yulianti, W. (2022). Pentingnya Keterampilan Abad 21 Dalam Pembelajaran Matematika. Science and Education Journal (SICEDU), 1(2), 449‑459. https://doi.org/10.31004/sicedu.v1i2.64

Fairus, F., Dewi, I., & Simamora, E. (2023). Keterkaitan Filsafat Matematika dengan Model Pembelajaran Berbasis IT. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), 538‑549. https://doi.org/10.31004/cendekia.v7i1.1921

Fitriana, D. (2018). Peran Media E-Learning Dalam Pembelajaran Untuk Mengoptimalkan Kemampuan Literasi Matematika dan Norma Sosiomatematik. Prosiding Seminar Nasional “Penguatan Pendidikan Karakter Pada Siswa Dalam Menghadapi Tantangan Global”, 0291, 58‑62.

Kang, S. M., & Kim, M. K. (2016). Sociomathematical norms and the teacher’s mathematical belief: A case study from a Korean in-service elementary teacher. Eurasia Journal of Mathematics, Science and Technology Education, 12(10), 2733‑2751. https://doi.org/10.12973/eurasia.2016.1308a

Karim, K., & Normaya, N. (2015). Kemampuan Berpikir Kritis Siswa dalam Pembelajaran dalam Pembelajaran Matematika dengan Menggunakan Model Jucama di Sekolah Menengah Pertama. EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1). https://doi.org/10.20527/edumat.v3i1.634

Maarif, S., & Akbari, H. A. (2024). Sociomathematical Norm , Mathematical Resilience and Mathematical Representation Ability in Mathematics Learning. 8(3), 621‑631.

Maulyda, M. A., Indraswati, D., Novitasari, S., Sutisna, D., & Ermiana, I. (2021). Sociomatematic Norms: The Relationship Between Student Social Interactions And Mathematics Learning Outcomes. Jurnal THEOREMS (The Original Research of Mathematics), 5(2), 151‑158.

Muncarno, M., & Astuti, N. (2021). Pengaruh Realistic Mathematic Education Dengan Media Realia Terhadap Hasil Belajar Matematika. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(2), 840. https://doi.org/10.24127/ajpm.v10i2.3501

Ozdemir Baki, G., & Kilicoglu, E. (2023). Social and socio-mathematical norms constructed by teachers in classes through the development of noticing skills. International Electronic Journal of Mathematics Education, 18(1), em0723. https://doi.org/10.29333/iejme/12649

Puspitadewi, Z. N. (2019). Pengaruh Media Diorama Terhadap Hasil Belajar Muatan IPS Materi Kenampakan Alam Siswa Kelas V SD Negeri 2 Janturan Pengasih. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 8, 543‑552. https://journal.student.uny.ac.id/index.php/pgsd/article/view/14998

Rahmatjati, A. M., Ardiansyah, A. S., & Rochmad, R. (2023). Effectiveness of Problem Based Learning Integrated STEAM on Students’ Mathematical Problem Solving Ability. Unnes Journal of Mathematics Education, 12(3), 270‑279. https://doi.org/10.15294/ujme.v12i3.78959

Ricardus, J., Silfanus, J., Eufrasia, J., & Ningsi, G. P. (2023). The Effectiveness of Problem-Based Learning Model to Improve Problem Solving Skills and Concept Understanding in Acid Base Solution. Jurnal Pendidikan MIPA, 24(1), 161‑171.

Salim, R. W. M., & Ma’arif, S. (2021). Analisis Sociomathematical Norms Peserta Didik dalam Pembelajaran Daring SMKN 39 Jakarta. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(3), 3207‑3221. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i3.877

Sari, R. P., Fairus, & Hanafiah. (2021). Penerapan Media Prolibra Untuk Meningkatkan Kemampuan Penalaran Matematis Dan Self Confidence Siswa. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(4), 2675‑2686.

Sarnoko, Asrowi, Gunarhadi, & Usodo, B. (2024). Feasibility of a problem-based social constructivism learning model to improve higher-order thinking skills among primary school students. Journal of Education and e-Learning Research, 11(3), 588‑596. https://doi.org/10.20448/jeelr.v11i3.5927

Saskiya, A. N., & Khusna, H. (2023). Analisis Aspek Norma Sosiomatematik Berdasarkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis. FIBONACCI: Jurnal Pendidikan …, 13‑26. https://jurnal.umj.ac.id/index.php/fbc/article/view/16811%0Ahttps://jurnal.umj.ac.id/index.php/fbc/article/download/16811/8751

Sholikhah, A. (2016). Statistik Deskriptif Dalam Penelitian Kualitatif. Komunika, 10(2), 342‑362.

Sudjana, N. (2016). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. PT Remaja Rosdakarya.

Sugiono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Alfabeta.

Sulfikawati, D., Suharto, S., & Kurniati, D. (2016). Analisis Norma Sosiomatematik dalam Pembelajaran Kolaboratif Pokok Bahasan Segitiga dan Segiempat di Kelas VII-C SMP Negeri 11 Jember. Jurnal Edukasi, 3(3), 1. https://doi.org/10.19184/jukasi.v3i3.3513

Suparlan, S. (2019). Teori Konstruktivisme dalam Pembelajaran. Islamika, 1(2), 79‑88. https://doi.org/10.36088/islamika.v1i2.208

Wulandari, D. U., Mariana, N., Wiryanto, W., & Amien, M. S. (2024). Integration of Ethnomathematics Teaching Materials in Mathematics Learning in Elementary School. IJORER : International Journal of Recent Educational Research, 5(1), 204‑218. https://doi.org/10.46245/ijorer.v5i1.542

Zain, F. M., Osman, Z., Kasim, M., Ismail, N. H., & Rahman, F. A. (2023). Edmodo as a 21st Century Learning Tool to Enhance 4C Skills of Malay Language Management Undergraduates. International Journal of Information and Education Technology, 13(7), 1027‑1036. https://doi.org/10.18178/ijiet.2023.13.7.1902




DOI: http://dx.doi.org/10.24127/ajpm.v14i2.10498

Refbacks

  • There are currently no refbacks.