PENGEMBANGAN LOCAL INSTRUCTIONAL THEORY TOPIK SEGIEMPAT BERBASIS RME UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS

Endah Zulfah(1*), Ahmad Fauzan(2), I Made Arnawa(3),

(1) Universitas Negeri Padang
(2) Universitas Negeri Padang
(3) Universitas Andalas
(*) Corresponding Author


Abstract


Siswa kesulitan dalam memecahkan masalah karena mereka jarang terlibat dalam pembelajaran yang realistik. Dalam rangka membantu siswa kelas VII meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis, penelitian ini bertujuan untuk menetapkan local instructional theory bertema segiempat  yang berbasis rme untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis dan memenuhi kriteria valid, praktis serta efektif. Tiga teori fase penelitian yaitu fase penelitian pendahuluan (preliminary research/preparing for the experiment), fase pengembangan (development or prototyping phase/design experiment) dan fase penilaian (assessment phase/retrospective analysis) dikombinasikan oleh Gravemeijer & Cobb dalam penelitian ini. Penelitian pengembangan ini menggunakan model kuantitatif untuk mengambil data angket, dan tes akhir. Model kualitatif untuk mengambil data observasi, wawancara, dan catatan lapangan. Dengan kategori valid dan sangat valid, local instructional theory yang dikembangkan penelitian ini mempunyai temuan validasi 3,45, buku instruktur 3,58, dan buku siswa 3,56. Untuk tahap one on one, small group, dan field test, kepraktisan buku siswa masing-masing sebesar 81,7%, 83,3%, dan 87,7%. Sementara, rata-rata kepraktisan buku guru 88,3%. Hasil uji lapangan kemampuan pemecahan masalah dan evaluasi kelompok kecil sebesar 80,96 dan 81,04 dengan kriteria sangat efektif. Presentase ini menunjukkan bahwa local instructional theory yang dihasilkan valid, praktis dan efektif dalam meningkatkan kapasitas siswa untuk memecahkan masalah matematika.

Students have difficulty solving problems because they are rarely involved in realistic learning.  In order to help class VII students improve their mathematical problem solving abilities, this research aims to establish a local instructional theory with a rectangular theme which is based on realistic mathematics education and meets the criteria of being valid, practical and effective. Three research phase theories, namely the preliminary research phase (preliminary research/preparing for the experiment), the development phase (development or prototyping phase/design experiment) and the assessment phase (assessment phase/retrospective analysis) were combined by Gravemeijer & Cobb in this research. This development research uses a quantitative model to collect questionnaire data, and final test data.  Qualitative model to collect observation, interview, and field notes. With valid and very valid categories, the local instructional theory developed by this research has validation findings of 3.45, the instructor's book 3.58, and the student's book 3.56. For the one on one, small group, and field test stages, the practicality of student books was 81.7%, 83.3%, and 87.7% respectively. Meanwhile, the average practicality of teacher books is 88.3%. The results of the field test of problem solving abilities and small group evaluation were 80.96 and 81.04 with very effective criteria. This percentage shows that the local instructional theory produced is valid, practical and effective in increasing students' capacity to solve mathematical problems.


Keywords


Pemecahan Masalah Matematis;Pendidikan Matematika Realistis; Teori Instruksional Lokal

References


Aprilia, S. R., & Setiawan, W. (2021). Analisis Kesulitan Siswa SMP Mutiara 5 Lembang pada Materi Segiempat dan Segitiga. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 2029–2039. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i2.706

Armiati, A., & Sari, R. P. (2022). Local Instructional Theory of Derivative Topics Based on Realistic Mathematics Education for Grade Xi Senior High School Students. Jurnal Pendidikan Matematika (JUPITEK), 5(2), 71–82. https://doi.org/10.30598/jupitekvol5iss2pp71-82

Armiati, A., & Sutiaharni, S. (2021). Disain Pembelajaran Program Linear Berbasis Realistic Mathematics Education (Rme). AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(3), 1518. https://doi.org/10.24127/ajpm.v10i3.3289

Fauzan, A., Yerizon, Y., Tasman, F., & Yolanda, R. N. (2020). Pengembangan Local Instructional Theory Pada Topik Pembagian dengan Pendekatan Matematika Realistik. Jurnal Eksakta Pendidikan (Jep), 4(1), 01. https://doi.org/10.24036/jep/vol4-iss1/417

Gee, E., Fauzan, A., & Atmazaki, A. (2018). Designing learning trajectory for teaching sequence and series using RME approach to improve students’ problem solving abilities. Journal of Physics: Conference Series, 1088. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1088/1/012096

Gravemeijer, K. P. (1994). Developing realistic Mathematics Education (Ontwikkelen van realistisch reken/wiskundeonderwijs). Technipress.

Koskinen, R., & Pitkäniemi, H. (2022). Meaningful Learning in Mathematics: A Research Synthesis of Teaching Approaches. International Electronic Journal of Mathematics Education, 17(2). https://doi.org/10.29333/iejme/11715

Linda, Bernard, M., & Fitriani, N. (2020). Analisis Kesulitan Siswa SMP Kelas VIII pada Materi Segiempat dan Segitiga Berdasarkan Tahapan Berpikir Van Hiele. Journal of Medives : Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, 4(2), 233–242.

Plomp, T., & Nieveen, N. M. (2010). An introduction to educational design research. Proceedings of the Seminar Conducted at the East China Normal University, Shanghai (PR China).

Rawani, D., Putri, R. I. I., Zulkardi, & Susanti, E. (2023). RME-based local instructional theory for translation and reflection using of South Sumatra dance context. Journal on Mathematics Education, 14(3), 545–562. https://doi.org/10.22342/jme.v14i3.pp545-562

Sari, D. R., & Fauzan, A. (2024). Pengembangan Local Instructional Theory Topik Aritmetika Sosial Berbasis Rme Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. AKSIOMA : Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 13(1), 48–64. http://dx.doi.org/10.24127/ajpm.v13i1.7927

Sari, R. M. M., & Roesdiana, L. (2019). Analisis kesulitan belajar siswa SMA pada pembelajaran geometri. AKSIOMA : Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 10(2), 209–214. https://doi.org/10.26877/aks.v10i2.4253

Siagian, M. V., Saragih, S., & Sinaga, B. (2019). Development of Learning Materials Oriented on Problem-Based Learning Model to Improve Students’ Mathematical Problem Solving Ability and Metacognition Ability. International Electronic Journal of Mathematics Education, 14(2), 331–340. https://doi.org/10.29333/iejme/5717

Simamora, N. I. (2021). Pengembangan lintasan belajar pokok bahasan segitiga Dengan pendekatan pendidikan matematika realistik Kelas VII di MTs Negeri 1 Padang Sidimpuan. Sendiksa, 12(Sendiksa 2), 49–58.

Simorangkir, F. M. A., Saragih, S., & Napitupulu, E. E. (2023). Pengembangan Local Instruction Theory Berbasis Model Pace untuk Melatihkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa. Prisma, 12(2), 370. https://doi.org/10.35194/jp.v12i2.3267

Sopika, R., Hendriana, H., & Chotimah, S. (2024). RME Dan Capcut : Optimalisasi Kemampuan Pemecahan. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 7(6), 1017–1024. https://doi.org/10.22460/jpmi.v7i6.25086

Supriatna, T. (2017). Local Intruction Theory Dalam Pendidikan Matematika Realistik Untuk Menumbuhkan Kemampuan Berpikir Logis. Mimbar Pendidikan, 2(2), 173–184.

Suryabayu, E. P., Fauzan, A., & Armiati, A. (2022). Pengembangan Hypothectial Learning Trajectory Topik Pola Bilangan Berbasis Realistic Mathematic Education. Lattice Journal : Journal of Mathematics Education and Applied, 1(1), 13. https://doi.org/10.30983/lattice.v1i1.4634

Ubi, E. E., Odiong, A. U., & Igiri, O. I. (2018). Geometry Viewed as a Difficult Mathematics. International Journal of Innovative Science and Research Technology, 3(11), 251–255.

Widana, I. W. (2021). Realistic Mathematics Education (RME) untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa di Indonesia. Jurnal Elemen, 7(2), 450–462. https://doi.org/10.29408/jel.v7i2.3744

Wirdaningsih, S., Arnawa, I. M., & Anhar, A. (2017). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Dengan Pendekatan Contextual Teaching and Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Kelas XI 1(2),. Jurnal Nasional Pendidikan Matematika, 1(2), 275–289.




DOI: http://dx.doi.org/10.24127/ajpm.v14i2.10285

Refbacks

  • There are currently no refbacks.