PENGEMBANGAN POSTER DIGITAL MATERI FISIKA PEMANASAN GLOBAL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN LITERASI SAINS PESERTA DIDIK SMA

Siska Desy Fatmaryanti(1*), Nurlia Ramawati(2),

(1) Universitas Muhammadiyah Purworejo
(2) Universitas Muhammadiyah Purworejo
(*) Corresponding Author


Abstract


Pengembangan poster digital materi pemanasan global ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan media yang ditinjau dari segi validitas, kepraktisan, dan keefektifan dalam meningkatkan kemampuan literasi sains peserta didik. Penelitian mengadopsi model pengembangan ADDIE yang terdiri dari 5 tahapan yaitu analisis, desain, pengembangan, implementasi dan evaluasi. Penelitian telah dilaksanakan di SMA Negeri 4 Purworejo pada 31 peserta didik kelas X. Instrumen yang digunakan meliputi validasi ahli, angket respon peserta didik, observasi keterlaksanaan pembelajaran, dan tes kemampuan literasi sains. Data yang diperoleh di analisis dengan uji validitas, uji reliabilitas, dan uji N-Gain.  Hasil penelitian diperoleh validitas poster digital yang dilihat dari nilai rerata ahli media 3,55 (sangat baik) dan ahli materi 3,8 (sangat baik). Sehingga media yang dikembangkan dapat dikatakan valid. Dari hasil observasi keterlaksanaan pembelajaran diperoleh Percentage Agreement sebesar 98% (reliable) dan hasil angket respon peserta didik dengan persentase sebesar 98,7% (sangat baik). Sedangkan hasil keefektifan poster digital dapat dilihat dari peningkatan hasil belajar kemampuan literasi sains peserta didik dengan nilai Normalized Gain sebesar 0,63 (sedang). Hasil penelitian tersebut menunjukan bahwa media poster digital materi pemanasan global ini layak digunakan untuk meningkatkan kemampuan literasi sains peserta didik SMA karena telah memenuhi kriteria validitas, kepraktisan, dan keefektifan .


Keywords


poster digital; pemanasan global; literasi sains

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.24127/jpf.v12i1.9558

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexing by:

 

 

 

  


 View JPF Stats


 

 Creative Commons License
Jurnal Pendidikan Fisika by Physics Education Program, Universitas Muhammadiyah Metro is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

 

Flag Counter