PENGEMBANGAN KOMIK DILENGKAPI AUGMENTED REALITY DAN GAME WORDWALL PADA POKOK BAHASAN TATA SURYA DI SMP
(1) Universitas Tanjungpura
(2) Universitas Tanjungpura
(3) Universitas Tanjungpura
(*) Corresponding Author
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan komik yang dilengkapi augmented reality dan game wordwall pada pokok bahasan tata surya. Jenis penelitian ini adalah Research and Development (R&D) yang menggunakan model ADDIE dengan tahapan analysis, design, development, implementation, dan evaluation. Instrumen penelitian untuk mengetahui tingkat validitas produk menggunakan lembar validasi ahli media, ahli materi, dan ahli bahasa sedangkan untuk mengetahui tingkat kepraktisan produk menggunakan angket respon guru dan angket respon peserta didik. Jenis data yang dikumpulkan terdiri dari data kualitatif dan kuantitatif. Hasil validasi menunjukkan masing-masing 0,9, 0,9, dan 0,91 untuk aspek media, materi, dan bahasa yang termasuk kategori validitas sangat tinggi. Sedangkan respon guru dari angket memperoleh nilai 4,6 yang termasuk kategori sangat praktis. Hasil penilaian produk oleh peserta didik masing-masing 88% dan85% untuk uji kelompok kecil dan uji kelompok besar yang termasuk kategori sangat praktis. Hal ini menunjukkan bahwa komik komik yang dilengkapi augmented reality dan game wordwall dapat digunakan sebagai salah satu media pembelajaran IPA pada materi tata surya.
Kata Kunci: komik, augmented reality, game wordwall, tata surya
Kata Kunci: komik, augmented reality, game wordwall, tata surya
Full Text:
PDFDOI: http://dx.doi.org/10.24127/jpf.v12i1.9308
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Indexing by:

JPF (Jurnal Pendidikan Fisika) FKIP UM Metro by Physics Education Program, Universitas Muhammadiyah Metro is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.