Dampak Model Pembelajaran Discovery Learning dalam Pendidikan Fisika (2015-2025): Literatur Sistematis, Analisis Jaringan

Desty Zafira Riztanti(1*), Heru Kuswanto(2), Aribah Chika Ferdanti(3),

(1) Universitas Negeri Yogyakarta
(2) Universitas Negeri Yogyakarta
(3) Universitas Negeri Yogyakarta
(*) Corresponding Author


Abstract


Penelitian ini secara sistematis mengevaluasi tren dan perkembangan studi Discovery Learning dalam pembelajaran fisika periode 2015–Mei 2025 melalui analisis 20 artikel dari Scopus. Hasil menunjukkan dominasi penerapan pada topik fisika dasar, khususnya mekanika klasik, dengan pendekatan Guided Discovery Learning sebagai metode utama. Fokus penelitian meliputi peningkatan keterampilan berpikir kritis, integrasi teknologi digital, dan pengembangan kurikulum ilmiah, meskipun topik fisika lanjutan dan kolaborasi internasional masih terbatas. Studi ini merekomendasikan lima arah pengembangan ke depan, termasuk integrasi AR/VR, penguatan keterampilan berpikir tingkat tinggi, serta inovasi kurikulum Discovery Learning.


Keywords


Discovery Learning; SLR; Bibliometrix

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.24127/jpf.v13i2.13183

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexing by:

 

 

 

  


 View JPF Stats


 

 Creative Commons License
JPF (Jurnal Pendidikan Fisika) FKIP UM Metro by Physics Education Program, Universitas Muhammadiyah Metro is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

 

Flag Counter