Pengaruh E-LKPD Berbasis Model CLIS Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Pada Pokok Bahasan Momentum dan Impuls

Dini Agustini(1), Yanti Sofi Makiyah(2*), Aripin Aripin(3),

(1) Universitas Siliwangi
(2) Universitas Siliwangi
(3) Universitas Siliwangi
(*) Corresponding Author


Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh E-LKPD berbasis model CLIS terhadap keterampilan berpikir kritis pada bahasan momentum dan impuls. Metode penelitian yang digunakan kuasi eksperimen dengan desain penelitian posttest only control design. Populasi penelitian ini seluruh kelas X IPA di SMAN 2 Ciamis dengan jumlah siswa 250 orang sebanyak 7 kelas. Sampel penelitian diambil dengan teknik cluster random sampling sebanyak 2 kelas, yaitu kelas X IPA 5 sebagai kelas eksperimen dan kelas X IPA 3 sebagai kelas kontrol, dengan rincian masing-masing kelas berjumlah 36 peserta didik. Instrumen pengumpulan data adalah tes yang berbentuk soal uraian. Teknik analisis data menggunakan uji prasyarat (uji normalitas, uji homogenitas), dan uji hipotesis. Hasil uji hipotesis pada taraf signifikansi (𝛼 = 0,05) menunjukkan bahwa diperoleh thitung(7,86) > ttabel(1,67) sehingga Ha diterima. Ini berarti ada pengaruh E-LKPD berbasis model Children Learning In Science terhadap keterampilan berpikir kritis pada pokok bahasan momentum dan impuls di kelas X IPA SMA Negeri 2 Ciamis tahun ajaran 2022/2023.

Keywords


CLIS, E-LKPD, keterampilan berpikir kritis, momentum dan impuls

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.24127/jpf.v13i2.12007

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexing by:

 

 

 

  


 View JPF Stats


 

 Creative Commons License
JPF (Jurnal Pendidikan Fisika) FKIP UM Metro by Physics Education Program, Universitas Muhammadiyah Metro is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

 

Flag Counter