Abstract166 Views





ARTICLES

Pengembangan Instrumen Kecakapan Kerja Mahasiswa (Rasch Model Analisis)


Sari Nurlatifah1*, Mamat Supriatna2, Eka Sakti Yudha3, Andre Julius4

[1] Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia. [2] Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia. [3] Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia. [4] Universitas Ma'soem, Indonesia.

Abstract

Kecapakan kerja bagi mahasiswa di Perguruan Tinggi merupakan aset yang dapat memdekatkan peluang mahasiswa untuk siap memasuki dunia kerja. Kecakapan kerja dapat diartikan sebagai serangkaian karakteristik baik pengetahuan, sikap, dan keterampilan yang membuat seseorang mampu dipekerjakan. Guna mendapatkan kecenderungan umum atau profil kecakapan kerja mahasiswa dibutuhkan sebuah instrumen yang dapat mengungkapkan variabel tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan instrumen kecakapan kerja mahasiswa yang teruji secara psikometrik baik dari sisi uji validitas maupun uji reliabilitas instrumen menggunakan metode analisis RASCH model. Instrumen penelitian telah diujicobakan kepada 728 orang. Hasil penelitian menunjukan bahwa dari uji validitas instrumen dengan analisis RASH model pada nilai Outfit MNSQ, Outfit ZSTD dan Pt Measure Corr, dari 54 item yang dikembangkan, total item yang memenuhi standar psikometrik berjumlah 48 item. Adapun reliabilitas instrumen pada nilai alpha Cronbach berada pada kriteria bagus sekali, bahkan secara person reliability berada pada kategori bagus sekali dan item reability berada pada ketegori istimewa. Oleh karena itu, instrumen kecakapan kerja mahasiswa telah memenuhi syarat psikometrik dan dapat digunakan sebagai instrumen untuk mengukur kecakapan kerja mahasiswa.

Keywords

Kecakapan Kerja, Mahasiswa, Instrumen, Perguruan Tinggi.

Article Info

Artikel History: Submitted: 2023-08-19 | Published: 2023-12-30
DOI: http://dx.doi.org/10.24127/gdn.v13i4.8604
Vol 13, No 4 (2023) Page:

(*) Corresponding Author: Sari Nurlatifah, Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia, Email: sarinurlatifah@upi.edu