PENGEMBANGAN PHYSICS COMPREHENSIVE CONTEXTUAL TEACHING MATERIALS BERBASIS KKNI UNTUK MENINGKATKAN HOTS DAN MENUMBUHKAN KECERDASAN EMOSIONAL

Ratna Dwi Astuti, Suparno Suparno

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk memenuhi kriteria kelayakan perangkat pembelajaran dan mengukur mengukur keefektifan perangkat pembelajaran PhyCCPTM yang dikembangkan selanjutnya mengetahui peningkatan HOTS dan kecerdasan emosional siswa. Jenis penelitian adalah research & development (R&D) yang mengadaptasi pada model pengembangan Borg & Gall. Pengumpulan data menggunakan metode wawancara, angket dan tes. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X IPA SMA N 1, SMA N 2, dan SMA N 5 kabupaten Sorong. Keefektifan perangkat pembelajaran dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan menumbuhkan kecerdasan emosional dianalisis dengan skor gain dan multivariate analysis of variance (MANOVA). Hasil pada penelitian ini adalah produk perangkat pembelajaran PhyCCPTM pada materi fluida statis yang terdiri dari RPP, buku guru, buku siswa, LKPD, dan instrumen penilaian. Hasil validasi menunjukan bahwa perangkat pembelajaran PhyCCPTM layak digunakan dan hasil tes menunjukan bahwa pembelajaran dengan menggunakan bahan ajar fisika PhyCCTM efektif dan dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan menumbuhkan kecerdasan emosional siswa.


Keywords


Kemampuan berpikir kritis, kecerdasan emosional, PhyCCPTM.

Full Text:

PDF

References


Aththibby, Arif. 2015. “Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Berbasis Animasi Flash opik Bahsan Usaha dan Energi”. Jurnal Pendidikan Fisika (JPF) UM Metro Vol 3 No. 2, Hal. 25-33.

Bowket, S. & Percival, S. 2011. Coaching emotional intelligence in the class room. New York: Taylor & Francis e-Library.

Cooper, R. K., & Sawaf, A. 2000. Executive eq: kecerdasan emosional dalam kepemimpinan organisai. Terjemahan. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi (Dikti). 2011. Kajian tentang implikasi dan strategi implementasi KKNI. Jakarta: Kementerian Pendidikan Nasional Republik Indonesia.

Edi Istiyono. 2014. “Pengukuran kemampuan berpikir tingkat tinggi fisika siswa di DIY”. Disertasi Doktor, tidak diterbitkan, Universitas Negeri Yogyakarta, Yogyakarta.

Edi Istiyono, Djemari Mardapi & Suparno. 2014. “Pengembangan Tes Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Fisika (PhyTHOTS) Siswa SMA” [versi elektronik]. Jurnal penelitian dan Evaluasi Pendidikan, 14, 1-12.

Education research an introduction(7th)ed.). New York. Longman Inc.

Goleman, Daniel. 2001. Kecerdasan Emosional untuk Mencapai Puncak Prestasi (terjemahkan oleh Widodo). Jakarta: PT. Gramedia.

Harrison, N. 2013. “Using the interactive whiteboard to scaffold a metalanguage: Teaching higher order thinking skills in preservice teacher education”. Australasian Journak of Education Tecnology, 29, 55-65.

Hugeret, M & Kortam, N. 2014. “Improving Higher Order Thinking Skills among freshmen by Teaching Science through Inquiry”[Versi elektronik]. Eurasia Journal of Mathematics, Science & Technology Education, 10, 447-454.

Ioannidou, F. and Konstantikaki. 2008. “Empaty and emotional intelligence: what is it really about?”. International Journal of caring sciences, 1(3): 118-123.

Kuldas, S. et al. 2014. “Malaysian adolescent students’needs for enhancing thinking skills, counteracting risk factory and demonstrating academic resilience”. International Journal of Adolescence and Youth, 20, 32-47.

L.V Kapler er al. 2015. “Spacing in a simulated undergraduate classroom: long-term benefits for factual and higher level learning”. Sciences direct: Learning and Intruction, 36, 38-45.

Simon, N. 2015. “Improving Higher-Order Thinking Skills Using Virtual and Simulated Science Laboratory Experiments [versi elektronik]. Springer: New Trends In Networking, computing, E-Learnig, Systems Science, And engineering, 312, 187-192.




DOI: http://dx.doi.org/10.24127/jpf.v5i1.739

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexing by:

                                  

 

   


 View JPF Stats


 

 Creative Commons License
Jurnal Pendidikan Fisika by Physics Education Program, Universitas Muhammadiyah Metro is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

 

Flag Counter