Pembelajaran PBL Berbantuan Lab-Vir Melalui Lesson Study dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Fisika Umum Universitas Papua

irfan yusuf, sri wahyu widyaningsih

Abstract


Salah satu kendala utama pelaksanaan perkuliahan fisika umum di Universitas Papua adalah kurangnya sarana dan prasarana pelaksanan praktikum terutama pada materi fisika yang abstrak seperti materi fisika modern. Salah satu strategi yang dilakukan untuk mengatasi hal tersebut adalah menerapkan pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berbantuan media Laboratorium Virtual (Lab-Vir) melalui kegaiatan Lesson Study. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kualitas pembelajaran melalui penerapan PBL berbantuan media Lab-Vir melalui kegiatan Lesson Study pada mata kuliah fisika umum di Universitas Papua. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif melalui tahapan kegiatan Lesson Study. Data penelitian diperoleh melalui observasi langsung, wawancara, dan rekaman video selama open class berlangsung. Data dianalisis dengan menggunakan deskriptif kualitatif. Kegiatan Lesson Study meliputi tiga tahap rangkaian kegiatan siklus yaitu Perencanaan (Plan), Pelaksanaan (Do), dan Refleksi (See). Dalam tahap Plan dilakukan diskusi bersama dengan tim dosen untuk mengembangkan Rencana Pembelajaran Semester (RPS), Chapter Disign, dan Lesson Plan. Pada tahapan Do dilakukan pembelajaran oleh dosen model berdasar RPS yang telah disusun. Dalam tahapan See dilakukan refleksi untuk mengkaji pelaksanaan pembelajaran yang telah dilakukan oleh dosen model guna mengungkap kelemahan dan kelebihan untuk ditindak lanjuti pada pembelajaran selanjutnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas, kerjasama, dan hasil belajar mahasiswa dalam pembelajaran meningkat serta suasana pembelajaran menjadi lebih hidup. Olehnya itu dapat disimpulkan bahwa melalui pembelajaran PBL berbantuan media Lab-Vir melalui kegiatan Lesson Study dapat meningkatkan kualitas pembelajaran mata kuliah fisika umum dibanding sebelumnya.

Keywords


PBL, Lab-Vir, Lesson Study, Kualitas Pembelajaran

Full Text:

PDF

References


Azis, A., & Yusuf, I. (2013). Aktivitas dan Persepsi Peserta Didik dalam Implementasi Lab-Vir pada Materi Fisika Modern di SMA. Jurnal Berkala Fisika Indonesia, 5(2), 37-42.

Copriady, J. (2013). The Implementation of Lesson Study Programme for Developing Professionalism in Teaching Profession. Asian Social Science, 9(12), 176-186.

Dalgarno, B., Bishop, A., & Bedgood Jr, D. (2012). The potential of virtual laboratories for distance education science teaching: reflections from the development and evaluation of a virtual chemistry laboratory. In Proceedings of The Australian Conference on Science and Mathematics Education (formerly UniServe Science Conference), 9.

Duch, B. (1996). Problem-Based Learning in Physics: The Power of Students Teaching Students. Journal of College Science Teaching, 15(5), 326-29.

Fernandez, C. (2002). Learning from japanese approaches to professional development the case of lesson study. Journal of teacher education, 53(5), 393-405.

Haryanto, Z. (2013). Efektivitas Model Lesson Study dalam Penerapan Pembelajaran Konstruktivisme pada SMA/MA di Kabupaten Kutai Barat Provinsi Kalimantan Timur Tahun 2012. Media Komunikasi FIS, 12(1), 16-29.

Murtiani, Fauzan, A., & Wulan, R. (2012). Penerapan Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) berbasis Lesson Study dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Fisika di SMP Negeri Kota Padang. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika, 1(12).

Rahayu, P., Mulyani, S., & Miswadi, S. (2012). P. Rahayu, S. Mulyani, S.S. Miswadi Pengembangan Pembelajaran IPA Terpadu dengan Menggunakan Model Pembelajaran Problem Base Melalui Lesson Study. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 1(1), 63-70.

Rohmanurmeta, F. M., & Farozin, M. (2013). Pengaruh Pengaturan Tempat Duduk terhadap Motivasi dan Hasil Belajar pada Pembelajaran Tematik Integratif. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, 9(1).

Susilo, H. (2013). Lesson Study Sebagai Sarana Meningkatkan Kompetensi Pendidik. Seminar dan Lokakarya PLEASE 2013 di Sekolah Tinggi Theologi Aletheia. Jalan Argopuro 28-34 Lawang.

Ton de Jong, Marcia, C., & Zacharias, C. (2013). Physical and Virtual Laboratories in Science and Engineering Education. SCIENCE, 340, 305-308.

Yusuf, I., & Subaer. (2013). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Fisika Berbasis Media Lab-Vir pada Materi Dualisme Gelombang Partikel di SMA Tut Wuri Handayani Makassar. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 2(2), 189-194.




DOI: http://dx.doi.org/10.24127/jpf.v6i2.1194

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

Indexing by:

                                   

 

   


View JPF Stats

 

 Creative Commons License
Jurnal Pendidikan Fisika by Prodi Pendidikan Fisika is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

 

Flag Counter