RESPON PESERTA DIDIK DALAM PRAKTIKUM FLUIDA STATIS MENGGUNAKAN ALAT ROBERVAL BALANCE

Rena Denya Agustina, Muhammad Minan Chusni, Winda Setya, Rizki Zakwandi

Abstract


Dalam mata pelajaran Fisika terdapat banyak miskonsepsi salah satunya materi fluida statis. Materi ini umumnya disampaikan oleh guru dengan model pembelajaran DI (Direct Intruction). Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar fisika dengan melihat respon siswa terhadap pembelajaran materi massa jenis fluida yang menggunakan media praktikum alat Roberval balance  untuk mengetahui massa jenis suatu fluida. Penelitian dilaksanakan di MTs Miftahul Falah dengan subyek penelitian yaitu 35 siswa kelas VII. Data  setelah pembelajaran dan praktikum diperoleh dengan metode kuesioner yang dianalisis menggunakan skala Likert dan skala Guttman dan post test yang dianalisis menggunakan  taraf kesukaran dan daya beda.. Hasil penelitian menunjukkan bahwa praktikum ini memberi manfaat dan membuka wawasan siswa mengenai konsep massa jenis. Selain itu dari hasil post test  terdapat 2 butir soal yang termasuk kategori mudah (butir soal no.1 dan no.3), 2 kategori sukar (butir soal no.2 dan no.5) dan butir soal no.4 masuk kategori sedang. Sedangkan daya beda paling tinggi terdapat pada butir soal no. empat. Dengan melihat kemampuan kelompok atas hampir semuanya mampu menjawab soal no. empat dibandingkan kelompok bawah sehingga dapat dikatakan soal no. empat ini merupakan soal yang baik dibanding soal lainnya.


Keywords


fluida statis, Roberval balance, skala Likert, skala Guttman.

Full Text:

PDF

References


Agustina, R. D., Setya, W., Chusni, M. M., Yuningsih, E. K., & Zakwandi, R. (2017). Pelatihan Penggunaan Alat Roberval Balance Sebagai Media Praktikum Siswa Madrasah Untuk Menentukan Massa Jenis Fluida. Tarbiyatuna, 8(2), 109-117.

Berg, Euwe van Den. 1991. Miskonsepsi Fisika dan Remediasi. Salatiga: Universitas Kristen Satya Wacana.

Castro, Gary. 2002. Module 7. Basic Weighing and Measuring Principles. California :Division of Measurement Standards.

Chusni, M. M. (2016). Penerapan pendekatan pembelajaran kontekstual untuk meningkatkan penguasaan konsep dasar listrik statis mahasiswa. Jurnal Riset dan Kajian Pendidikan Fisika, 3(2), 45-50.

Chusni, M. M., Mahardika, A., Sayekti, I. C., & Setya, W. (2017). The Profile of Student Activities in Learning Basic Natural Science Concepts through The Contextual Teaching and Learning (CTL) Approach with Group Investigation (GI) Model. Jurnal Penelitian dan Pembelajaran IPA, 3(1), 1-10.

Dharma, Surya. 2008. Pendekatan, Jenis dan Metode Penelitian Pendidikan. Departemen Pendidikan Nasional.

Komala, Ratih. 2008. Implementasi Model Pembelajaran Novick Sebagai Upaya Untuk Meningkatkan Pemahaman konsep Fisika Siswa SMKN. Skripsi. FPMIPA UPI Bandung.

Mahardika, A., Chusni, M. M., & Istiningsih, G. (2017). Pembelajaran IPA Berbasis Proyek Untuk Meningkatkan Aktivitas Sains Siswa SD. SPEKTRA: Jurnal Kajian Pendidikan Sains, 2(2), 92-99.

Minan Chusni, M., Zakwandi, R., Ruli Aulia, M., Fasha Nurfauzan, M., Azmi Alawiyah, T., & Ariandini, S. (2018). Pelatihan Rancang Bangun Media Pembelajaran Mobile Learning Berbasis Android Untuk Meningkatkan Kompetensi Pedagogik Guru Madrasah.Tarbiyatuna, 8(2), 94-103.

Muliyani, Riski. 2015. Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Predict-Observe-Explain (POE) Berbantuan Refutation Text Terhadap Peningkatan Pemahaman Konsep dan Penurunan Kuantitas Miskonsepsi Siswa SMP Pada Materi Fluida Statis. Skripsi. FPMIPA UPI Bandung.

Pratiwi, A. dan Wasis. 2013. “Pembelajaran Dengan Praktikum Sederhana Untuk Mereduksi Miskonsepsi Siswa Pada Materi Fluida Statis di Kelas XI SMA Negeri 2 Tuban”. Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika. Vol. 02, No.03, 117-120.

Sukarmin, Mimin. 2013. Model Pembelajaran Pemecahan Masalah Dengan Metode Gasing Untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep dan Minat Belajar Siswa. Skripsi. FPMIPA UPI Bandung.




DOI: http://dx.doi.org/10.24127/jpf.v6i1.1046

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

Indexing by:

                                   

 

   


View JPF Stats

 

 Creative Commons License
Jurnal Pendidikan Fisika by Prodi Pendidikan Fisika is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

 

Flag Counter