Pengembangan Model Pembelajaran Berbasis Multikultural Pada Mata Pelajaran Sejarah
(1) Universitas Tanjungpura
(*) Corresponding Author
Abstract
Penerapan strategi pembelajaran sejarah mengasumsikan bahwa setiap peserta didik secara mendalam mempunyai pengetahuan dan pemahaman mengenai keberagaman pada kehidupan bermasyarakat. Penelitian dilakukan dengan pendekatan penelitian pengembangan merujuk pada model ADDIE. Hasil penelitian menunjukan (1) Kriteria validasi isi dari masing-masing kategori penilaian adalah sangat valid dengan rata-rata skor 90,31. (2) Kriteria validasi konstruk dari masing-masing kategori penilaian adalah sangat valid dengan rata-rata skor 92%. (3) Kriteria validasi RPP dari masing-masing kategori penilaian adalah sangat valid dengan rata-rata skor 98,15. Uji skala besar dilakukan dengan mengamati keterlaksanaan model pembelajaran berbasis multikultural dengan mengisi lembar instrumen pengamatan dilakukan saat pembelajaran berlangsung. Pada saat pembelajaran sejarah berlangsung peserta didik mencoba menerapkan kemampuan dalam aktualisasi diri dan menyadari adanya perbedaan dalam dirinya dengan orang lain. Pada akhir pembelajaran guru juga memberikan pemahaman mengenai perbedaan karakteristik peserta didik dengan orang lain di lingkungan luar sekolah.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)DOI: http://dx.doi.org/10.24127/hj.v11i1.7227
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
HISTORIA : Jurnal Program Studi Pendidikan Sejarah (p-ISSN: 2337-4713,e-ISSN: 2442-8728) Jl. Ki Hajar Dewantara, No. 116 Metro Timur, Kota Metro, Lampung, Indonesia
Phone (082278042958 Johan Setiawan) (historiaummetro@gmail.com)
HISTORIA by Pendidikan Sejarah UM Metro is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
HISTORIA : Jurnal Program Studi Pendidikan Sejarah
Historia Stats