Analisis Pelaksanaan Perkuliahan Pendidikan IPS dengan Memanfaatkan E-Learning berbasis SPADA UM Metro

Bobi Hidayat(1*),

(1) Universitas Muhammadiyah Metro
(*) Corresponding Author


Abstract


Tujuan dari penulisan ini adalah ingin menganalisis pelaksanaan perkuliahan secara daring pada mata kuliah Pendidikan IPS di Program Studi Pendidikan Sejarah FKIP UM Metro. Adanya pandemi covid 19 yang mengharuskan perkuliahan dilakukan secara daring, menyebabkan keseluruhan perkuliahan Pendidikan IPS dilaksanakan secara daring. Hasil dari penelitian ini akan digunakan untuk melakukan evaluasi perkuliahan dan dijadikan pijakan dosen dalam mengelola proses pembelajaran daring selanjutnya. Objek penelitian adalah seluruh mahasiswa Program Studi pendidikan Sejarah UM Metro yang mengambil mata kuliah pendidikan IPS. Metode penelitian menggunakan metode deskriptif kualitatif dan teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara dan angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar mahasiswa yang mengikuti perkuliahan pendidikan IPS terkendala dalam mengoperasikan SPADA UM Metro karena kurangya sosialisasi terkait dengan sistem pembelajaran daring menggunakan SPADA UM Metro. Kendala lain yang dihadapi mahasiswa adalah, masalah teknis seperti sinyal internet yang sangat dipengaruhi oleh lokasi tempat tinggal mahasiswa dan kondisi cuaca. Meski ada beberapa kendala dalam pelaksanaan perkuliahan secara daring, namun terus diupayakan untuk mengatasinya sehingga pembelajaran menggunakan SPADA UM Metro pada mata kuliah pendidikan IPS dapat berjalan hingga akhir semester meskipun belum berjalan secara optimal.


Keywords


pendidikan ips; e-learning; spada um metro;



DOI: http://dx.doi.org/10.24127/hj.v9i2.3646

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.