Analisis Filsafat Pendidikan Perenialisme dan Peranannya dalam Pendidikan Sejarah

Selfia Dwi Putri(1*),

(1) 
(*) Corresponding Author


Abstract


Filsafat pendidikan perenialisme berarti tumbuh sejalan dengan waktu dan bersifat abadi. Pandangan dari filsafat ini adalah mempercayai nilai-nilai serta moral yang berkembang di masyarakat dengan sifat nya yang abadi. Peran filsafat ini merealisasikan kemampuan yang dimiliki peserta didik sebagai salah satu potensi dasar. Kebenaran dalam aliran ini bersifat universal dan konstan. Tujuan pendidikan berpusat pada materi (contend based, subject-centered) salah satunya dalam disiplin ilmu sejarah. Pembahasan yang dibahas dalam tulisan ini 1) pemikiran filsafat perenialisme, 2) hakikat pendidikan menurut filsafat perenialisme, 3) peranan filsafat perenialisme dalam pendidikan sejarah. Artikel ini menggunakan metode library research yaitu teknik mengumpulkan data dengan cara menggunakan literatur (kepustakaan), baik dari buku-buku, artikel-artikel, skripsi, dan sumber-sumber lainnya


Keywords


Filsafat; Pendidikan; Perenialisme; Sejarah; Pendidikan Sejarah;

References


Alwasilah, C. (2008). Filsafat Bahasa dan Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Djunaidi. 2015. Sistem Pendidikan dan Pendidikan Sejarah di Singapura Sebagai Refleksi bagi Pengembangan Kurikulum di Indonesia. Jurnal Pendidikan Sejarah. Vol 4 (1), Halaman: 32-43.

Faris, F. A. 2015. Kurikulum 2013 Dalam Perspektif Filsafat Pendidikan Progressivisme. Jurnal Filsafat, 25(2), Halaman: 316-338.

Habsari, N.T. 2013. Implementasi Filsafat Perenealisme Dalam Pembelajaran Sejarah. Jurnal Agastya. Vol 03(01). (Online). e-journal.unipma.ac.id. Di Akses 14 Oktober 2020.

Hasan, M. I. (2002). Pokok-Pokok Materi Metodologi Penelitian & Aplikasinya. Bogor: Ghalia Indonesia.

Jalalludin, Abdullah. (2011). Filsafat Pendidikan: Manusia, Filsafat dan Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Kertanegara, M. (2017). Lentera Kehidupan. Bandung: Mizan.

Kuntowijoyo. (2013). Pengantar Ilmu Sejarah. Yogyakarta: Tiara Wacana.

Latifah, T. 2016. Perenialisme. Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam. Vol 1(1), Halaman: 85-93.

Marli, S. 2012. Sejarah dan Pendidikan Sejarah. Jurnal Cakrawala Pendidikan. (Online). jurnal.untan.ac.id. Di akses 26 Oktober 2020.

Ramayulis. (2015). Filsafat Pendidikan Islam Analisis Filosofis Sistem Pendidikan Islam. Jakarta: Kalam Mulia.

Siregar, R. L. 2016. Teori Belajar Perenialisme. Jurnal Al-hikmah. Vol 13(2). ISSN 1412-5382, Halaman: 172-183.

Syam, M. N. (1998). Filsafat Kependidikan dan Filsafat Kependidikan Pancasila. Surabaya: Usaha Nasional.

Tola, B. 2014. Fungsi Filsafat Pendidikan Terhadap Ilmu Pendidikan. Jurnal Irfani Vol 10, No 1. Dari http://journal.iaingorontalo.ac.id/index.php/ir.




DOI: http://dx.doi.org/10.24127/hj.v9i1.3364

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

HISTORIA: Jurnal Program Studi Pendidikan Sejarah (p-ISSN: 2337-4713,e-ISSN: 2442-8728) Jl. Ki Hajar Dewantara, No. 116 Metro Timur, Kota Metro, Lampung, Indonesia.

Phone (+6282278042958 Johan Setiawan) (historiaummetro@gmail.com)

 

Lisensi Creative Commons
HISTORIA by Pendidikan Sejarah UM Metro is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

HISTORIA: Jurnal Program Studi Pendidikan Sejarah

Free counters!