Nilai-Nilai Karakter dalam Cerita Rakyat Banyuwangi Serta Relevansinya Terhadap Pembelajaran Sejarah
(1) Universitas Bakti Indonesia Banyuwangi
(2) Universitas PGRI Banyuwangi
(*) Corresponding Author
Abstract
Dalam pembelajaran sejarah kita mengenal istilah tradisi lisan. Tradisi lisan dapat kita temukan salah satunya melalui cerita rakyat. Cerita rakyat yang tergolong dalam tradisi lisan atau bisa disebut juga dengan folklor merupakan pesan verbal yang disampaikan secara turun-temurun dan dari generasi ke generasi. Cerita rakyat Banyuwangi merupakan salah satu cerita rakyat yang ada di Indonesia yang memilki nilai-nilai karakter yang patut kita teladani. Dalam cerita rakyat Banyuwangi yang berjudul Asal–usul Banyuwangi, Mas Ayu Melok dan Joko Wulur banyak nilai karakter yang dapat kita jadikan materi dalam pembelajaran sejarah. Hal ini dapat menjadikan salah satu cara untuk melestarikan cerita rakyat Banyuwangi dibidang pendidikan. Metode penelitian ini menggunakan studi literatur. Penelitian studi literatur berkenaan dengan pengumpulan sumber pustaka, membaca dan mencatat serta mengolah bahan yang disesuaikan dengan judul penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan mempelajari cerita rakyat siswa dapat membedakan cerita rakyat yang tergolong mitos, legenda atau dongeng. Nilai-nilai karakter yang didapat dalam cerita rakyat Banyuwangi terbagi menjadi dua kategori yakni karakter positif dan karakter negatif. Nilai Karakter positif diantaranya: kerja keras, tanggung jawab, pengabdian, jujur, adil, dermawan, religius, bijaksana, gotong royong. Sedangkan nilai karakter negatif yaitu mudah terpengaruh, iri, pemberontak, serakah, malas dan acuh tak acuh.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Bungin, Burhan. (2008). Penelitian Kualitatif; Komunikai, Ekonomi, Kebijakan Publik dan Ilmu Sosial Lainnya. Jakarta: Kencana Prenada Media Grup.
Danandjaja, James. (2007). Folklor Indonesia, Ilmu Gosip, Dongeng, dan Lain lain. Jakarta: Grafiti.
Effendi, Tadjuddin Noer. (2013). Budaya Gotong-Royong Masyarakat dalam Perubahan Sosial Saat Ini. Jurnal Pemikiran Sosiologi, Vol. 2 No.1.
Endraswara, Suwardi. (2013). Folklor Nusantara. Yogyakarta: Penerbit Ombak.
Haviland, William A. (1993). Antropologi (Edisi Terjemahan oleh R. G. Soekadijo). Jakarta: Erlangga.
Hutomo, Suripan. S & E. Yonohudiyono. (1996). Cerita Rakyat dari Banyuwangi. Jakarta: Grasindo.
Kuntowijoyo. (2003). Metodologi Sejarah Edisi ke-2. Yogyakarta: Tiara Wacana.
Liaw, Yock Fang. 1991. Sejarah Kesusatraan Melayu Klasik. Jakarta: Erlangga.
Sugiono. (2015). Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.
Wahyu. (2013). Strategi Penyiapan Guru IPS yang Berkarakter. Prosiding Seminar Nasional Implementasi Kurikulum 2013 dan Aktualisasi Pendidikan Ilmu Pengtahuan Sosial dalam Memantapkan Insan Berkarakter. Banjarmasin: Universitas Lambung Mangkurat.
Wibowo, Agus. (2013). Manajemen Pendidikan Karakter di Sekolah. Yogyakarta. Pustaka Pelajar.
Wibowo Agus & Gunawan. (2015). Pendidikan Karakter Berbasis Kearifan Lokal di Sekolah. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Wiriaatmadja, Rochiati. (2018). Pendidikan Nilai dalam Pembelajaran Sejarah. Bandung: Sekolah Pascasarjana Universitas Pendidikan Indonesia.
Wisadirana, Darsono. (2004). Sosiologi Pedesaan: Kajian Kultural dan Struktural Masyarakat Pedesaan. Malang: UMM Press.
Yeni Mulyani. (2012). Tradisi Lisan dan Identitas Bangsa: Studi Kasus Kampung Adat Sinarresmi, Sukabumi. Jurnal Patanjala,Vol. 4 No.3.
Zed, Mestika. (2008). Metode Penelitian Kepustakaan. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.
DOI: http://dx.doi.org/10.24127/hj.v8i2.2924
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
HISTORIA: Jurnal Program Studi Pendidikan Sejarah (p-ISSN: 2337-4713,e-ISSN: 2442-8728) Jl. Ki Hajar Dewantara, No. 116 Metro Timur, Kota Metro, Lampung, Indonesia.
Phone (+6282278042958 Johan Setiawan) (historiaummetro@gmail.com)
HISTORIA by Pendidikan Sejarah UM Metro is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
HISTORIA: Jurnal Program Studi Pendidikan Sejarah