IMPLEMENTASI NILAI DASAR PERJUANGAN HIMPUNAN MAHASISWA ISLAM TERHADAP PEMBINAAN KADER HMI KOTA PALEMBANG

Heryati Heryati(1*), Yusinta Tia Rusdiana(2),

(1) Universitas Muhammadiyah Palembang
(2) Universitas Muhammadiyah Palembang
(*) Corresponding Author


Abstract


Pemikiran-pemikiran Cak Nur masih sangat mempengaruhi kader HMI Cabang Palembang. Oleh karena itu, maka tulisan ini bertujuan untuk mengungkap pemikiran-pemikiran Cak Nur yang mempengaruhi kader HMI Cabang Palembang, khususnya pemikirannya yang terdapat di dalam NDP HMI yang telah ia susun. Penelitian ini merupakan kajian lapangan (field research) yang terfokus mengkaji implementasi NDP HMI dalam pembinaan kader pada HMI Cabang Palembang dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan paradigma induktif. Metode dan paradigma tersebut dipilih atas pertimbangan terhadap analisis masalah penelitian yang menuntut sejumlah informasi dari bawah berdasarkan prinsip-prinsip penelitian kualitatif. Pendekatan kesejarahan, sosiologis, dan fenomenologis menjadi pilihan agar tujuan penelitian dapat tercapai dengan baik. Adapun jenis data dalam penelitian ini adalah kualitatif-kuantitatif. Data penelitian terdiri dari data primer dan sekunder. Hasil dalam penelitian ini adalahpertama, NDP pada awalnya merupakan kertas kerja PB HMI periode 1966-1969 yang disusun oleh Cak Nur. Saat itu, ia menjabat Ketua Umum. Adapun latar historis pembuatan konsep NDP ini, karena keterpanggilan Cak Nur agar kader HMI mempunyai buku saku. NDP HMI merupakan cerminan pemikiran keislaman, kemanusiaan dan keindonesiaan  khas HMI. Kedua, NDP bagi kader HMI cabang Palembang merupakan identitas kedirian kader atau jati dirinya, serta nilai-nilai yang mesti dijadikan dasar dalam perjuangan hidup, baik dalam berorganisasi, bermasyarakat, maupun bernegara. Untuk sampai pada tahap implementasi NDP bagi kader-kadernya, HMI cabang Palembang memberikan porsi yang sama bagi setiap kader untuk memperoleh pengajaran dan pendidikan tentang NDP secara berjenjang; mulai dari Masa Perkenalan Calon Anggota (MAPERCA), Latihan Kader I (LK I), LK II, LK III, sampai tingkatan yang paling tinggi, yaitu Training Instruktur NDP. Semua itu dilakukan agar setiap kader punya kesempatan untuk mengkaji, memahami, menjiwai dan mengaktualisasikan nilai-nilai yang terkandung dalam NDP. Ketiga, Cak Nur, sebagai  figur organisatoris maupun intelektual bagi kader HMI cabang Palembang memberikan pengaruh yang cukup signifikan, khususnya pemikiran-pemikirannya yang tertuang di dalam NDP HMI yang senantiasa dikaji dan diaktualisasikan dalam kehidupan berorganisasi, bermasyarakat dan bernegara

Full Text:

PDF

References


Abdullah, M. Amin. 2006. Islamic Studies di Perguruan Tinggi: Pendekatan Integratif-Interkonektif, Cet I; Pustaka Pelajar, Yogyakarta.

Abdurrahman. 1999. Metode Penelitian Sejarah, Logos, Jakarta

Arikunto, Suharsismi. 1993. Prosedur Penelitian, Suatu Pendekatan, Cet IX; Rineka Cipta, Jakarta.

Bakri, Syamsul, Mudhofir dan Mudhofir Abdullah 2004. Jombang-Kairo, Jombang-Chicago: Sintesis Pemikiran Gus Dur dan Cak Nur dalam Pembaruan Islam di Indonesia, Tiga Serangkai, tt.

Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. 1991. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka

Dokumen PB HMI tetang NDP HMI

Lexy J Moleong. 2010. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Miles B. Matthew dan Huberman A. Michael. 1992. Analisis Data Kualitatif: Buku Sumber tentang Metode-metode Baru. terjemahan: Tjetjep Rohendi Rohidi. Jakarta: UI Press.

Madjid, Nurcholis. 1990. ”Gagasan dan Latar Belakang Perumusan NDP HMI”, dalam, HMI Menjawab Tantangan Zaman, Gunung Kulabu, Jakarta.

Madjid, Nurcholis. 1992. Islam Doktrin dan Peradaban, Sebuah Telaah Kritis Tentang Masalah Keimanan, Kemanusiaan dan Kemodernan, Cet I; Paramadina, Jakarta.

Madjid, Nurcholis. 1997. Tradisi Islam, Peran dan Fungsinya Dalam Pembangunan di Indonesia, Cet I; Paramadina, Jakarta.

Madjid, Nurcholis. 2002. Masyarakat Religius Membumikan Nilai-Nilai Islam dalam Kehidupan Masyarakat, Cet II; Paramadina, Jakarta.

Madjid, Nurcholis. 1998. Islam Kemodrenan dan Keindonesiaan, Cet, XI; Mizan, Bandung.

Madjid, Nurcholis. 1998. Dialog Keterbukaan, Artikulasi Nilai Islam dalam Wacana Politik Kontemporer, Cet I; Paramadina, Jakarta.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sitompul, Agus Salim. 1999. “Dokumen Landasan Perjuangan HMI dalam Lintasan Sejarah”, dalam, Menuju Masyarakat Cita: Refleksi atas Persoalan-Persoalan Kebangsaan, Badko HMI Malirja, tt.

Tarigan, Azhari Akmal. 2007. Islam Mazhab HMI, Tafsir Tema Besar Nilai Dasar Perjuangan (NDP), Cet; I, GP Press Group, Jakarta.

ARSIP-ARSIP PENGURUS HMI CABANG PALEMBANG




DOI: http://dx.doi.org/10.24127/hj.v6i1.1152

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

HISTORIA: Jurnal Program Studi Pendidikan Sejarah (p-ISSN: 2337-4713,e-ISSN: 2442-8728) Jl. Ki Hajar Dewantara, No. 116 Metro Timur, Kota Metro, Lampung, Indonesia.

Phone (+6282278042958 Johan Setiawan) (historiaummetro@gmail.com)

 

Lisensi Creative Commons
HISTORIA by Pendidikan Sejarah UM Metro is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

HISTORIA: Jurnal Program Studi Pendidikan Sejarah

Free counters!