INTEGRASI PENDIDIKAN KARAKTER BANGSA DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH (STUDI KASUS DI SMA AL AZHAR 3 BANDAR LAMPUNG)

Putut Wisnu Kurniawan(1), Risna Rogamelia(2*),

(1) STKIP PGRI Bandar Lampung
(2) STKIP PGRI Bandar Lampung
(*) Corresponding Author


Abstract


Hancurnya nilai-nilai moral dalam masyarakat yang ditandai dengan merebaknya kekerasan, korupsi mengakibatkan lahirnya pendidikan karakter yang perlu dikembangkan di sekolah ataupun lembaga pendidikan. Lingkungan sekolah harusnya bisa menjadi unsur terpenting bagi pertumbuhan pendidikan karakter. SMA Al Azhar 3 Bandar Lampung yang merupakan sekolah yang sangat mementingkan pengembangan dan pembiasaan karakter di dalam proses pembelajaran ataupun diluar. Bentuk penelitian ini adalah kualitatif deskriptif dengan strategi studi kasus ganda terpancang. Pengumpulan data dilaksanakan dengan observasi langsung, wawancara mendalam, dan pencatatan dokumen. Validasi data dilakukan dengan trianggulasi. Analisis yang digunakan adalah model analisis interaktif, yaitu pengumpulan data, reduksi data, sajian data, dan penarikan kesimpulan. Pemahaman guru tentang pendidikan karakter yang muncul di SMA Al Azhar 3 Bandar Lampung lebih menekankan pada konsep karakter Islam. Pemahaman tersebut didasari dengan ideologi yang diterapkan di sekolah masing-masing, yaitu menjadikan sekolah islami, unggul dan terpercaya. Integrasi penerapan pendidikan karakter bangsa di SMA Al Azhar 3 Bandar Lampung melalui pelajaran sejarah merupakan pelajaran yang strategis untuk menanamkan nilai-nilai karakter bangsa kepada siswa. Peristiwa sejarah bisa diambil hikmah dan teladannya dalam proses pembelajaran. Mulai dari perencanaan, proses pembelajaran dan evaluasi nilai-nilai karakter bangsa sudah dibuat dan dilaksanakan oleh guru sejarah di SMA Al Azhar 3 Bandar Lampung. Keberhasilan pendidikan karakter di sekolah dapat dilihat dari dalam sikap religius, disiplin, kejujuran, kreatif, kerjasama, komunikatif, peduli, toleransi, tanggung jawab, cinta tanah air dan mandiri. Dalam penerapannya nilai-nilai religius sangat dominan dibanding nilai-nilai yang lainnya.

References


Abdul Majid dan Dian Andayani. (2011). Pendidikan Karakter: Perspektif Islam. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Abuddin Nata. (2001). Sejarah Pertumbuhan dan Perkembangan Lembaga-Lembaga Pendidikan Islam di Indonesia. Jakarta: Grasindo.

Doni Koesoma. (2007). Pendidikan Karakter (Strategi Mendidik Anak di Zaman Global). Jakarta: Grasindo.

Dhofier, Zamakhsyari. (1985). Tradisi Pesantren: Studi Tentang Pandangan Hidup Kyai. Jakarta: LP3ES.

Hasbullah. (1999). Sejarah Pendidikan Islam di Indonesia: Lintasan Sejarah Pertumbuhan dan Perkembangan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Hendra Sugiantoro (edt). (2010). Pendidikan Profetik: Revolusi Manusia Abad 21, Yogyakarta: Education Center BEM REMA UNY.

Jajat Burhanudin dan Ahmad Baedowi. (2003). Transformasi Otoritas Keagamaan: Pengalaman Islam di Indonesia. Jakarta: Gramedia.

Ki Fudyartanta. (2010). Membangun Kepribadian dan Watak Bangsa Indonesia. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Kuntowijoyo. (2008). Paradigma Islam (Interpretasi untuk Aksi). Bandung: Mizan.

Kuswono, K. (2013). Character Education Muhammadiyah Pattern (Case Study SMA Muhammadiyah 1 and MA Muallimin Yogyakarta). GUIDENA: Jurnal Ilmu Pendidikan, Psikologi, Bimbingan dan Konseling, 3(1), 42-49.

Lickona, Thomas. (1991). Educating for Character: How Our Schools can Teach Respect and Responsibility. New York: Batam Book.

Lickona, Thomas. (2004). Character Matters: How To Help Our Children Develop Good Judgment, Integrity And Other Essential Virtues. New York: Rockefeller Centre.

Mastuhu. (2003). Menata Ulang Sistem Pendidikan Nasional dalam Abad 21. Yogyakarta: Safiria Insania.

Mohammad Firdaus. (1998). Sistem Pendidikan Pesantren: Telaah Evaluatif Sistem Pendidikan Pesantren. Yogyakarta: Universitas Islam Indonesia.

Moleong. (2005). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Rosda.

Mujamil Qomar. (2005). Epistomologi Pendidikan Islam dari Metode Rasional hingga Metode Kritik. Jakarta: Erlangga.

Samsuri. (2011). Pendidikan Karakter Warga Negara (Kritik Pembangunan Karakter Bangsa). Yogyakarta: Diandra Pustaka Indonesia.

Sukarno. (2005). Di Bawah Bendera Revolusi (Jilid I). Jakarta: Yayasan Bung Karno

Sutopo, HB. (2006). Metodologi Penelitian Kualitatif. Surakarta: UNS Press.

Suwendi. (2004). Sejarah dan Pemikiran Pendidikan Islam. Jakarta: Grafindo Persada.




DOI: http://dx.doi.org/10.24127/hj.v6i1.1083

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

HISTORIA : Jurnal Program Studi Pendidikan Sejarah (p-ISSN: 2337-4713,e-ISSN: 2442-8728) Jl. Ki Hajar Dewantara, No. 116 Metro Timur, Kota Metro, Lampung, Indonesia 

Phone (082278042958 Johan Setiawan) (historiaummetro@gmail.com)

 

Creative Commons License
HISTORIA by Pendidikan Sejarah UM Metro is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

HISTORIA : Jurnal Program Studi Pendidikan Sejarah

 

 

Historia Stats

Free counters!