PEMANFAATAN SITUS PENINGGALAN SEJARAH DI KABUPATEN BONDOWOSO SEBAGAI PENGEMBANGAN SUMBER BELAJAR DI SEKOLAH LANJUTAN TINGKAT ATAS DI KABUPATEN BONDOWOSO

Tantri Raras Ayuningtyas(1*), Anis Syatul Hilmiah(2), Rina Rohmawati(3),

(1) IKIP PGRI Jember
(2) IKIP PGRI Jember
(3) IKIP PGRI Jember
(*) Corresponding Author


Abstract


Peninggalan kebudayan megalitikum yang tersebar di Bondowoso ini berupa menhir, dolmen, sarkofagus, kubur batu, batu kenong, pelinggih batu, ruang batu atau stonechamber dan arca. Kebudayaan megalitikum ini berlangsung hingga kini dengan memahami makna kepercayaan akan adanya hubungan antara mahluk yang hidup dan sudah mati. Pembelajaran sejarah tingkat SMA, kebudayaan Megalitikum masuk dalam materi Sejarah Indonesia Kelas X dengan alokasi waktu 2 jam pelajaran tiap minggunya namun pemblajaran dikelas yang ditawarkan kurang menarik dan menyenangkan. Penelitian ini bertujuan menjelaskan implementasi pemanfaatan situs peninggalan sejarah di Kabupaten Bondowoso sebagai pengembangan sumber belajar di SMA Negeri 2 Bondowoso dengan menggunakan kompetensi dasar 3.2 berdasarkan tipologi hasil budaya Pra Aksara Indonesia termasuk yang berada di lingkungan terdekat. Pengembangan sumber belajar yang digunakan menggukan metode lawatan sejarah dan pembuatan buku teks sebagai bahan ajar tingkat SLTA dengan menggunakan model desain ADDIE dan diimplementasikan di sekolah menggunakan penelitian tindakan kelas di kelas X IIS SMA Negeri 2 Bondowoso. Penelitian pengembangan ini diharapkan mampu meningkatkan pemahaman siswa dan meningkatkan hasil belajar siswa di kelas.

References


Alfian, M. 2011. Pendidikan Sejarah Dan Permasalahan Yang Dihadapi. Dalam Khazanah Pendidikan: Jurnal Ilmiah Pendidikan Vol. III No. 2

Ananda, I.W dkk. 2013. Manajemen Asta-Kosala Kosali Candi Purasada, Desa Adat Kapal, Kecamatan Mengwi, Kabupaten Badung, Bali (Perspektif Lokal Genius dan Pemanfaatan Sebagai Sumber Belajar Sejarah) Bagi Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 2 Tabanan. Dalam Jurnal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Vol. 4 No.1

Arikunto, S, dkk. 2014. Penelitian Tindakan Kelas. Cetakan kedua belas. Jakarta: Bumi Aksara.

Ayatrohaedi. 1981. Kamus Istilah Arkeologi. Jakarta: Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa, Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Hidayat, Muhamad. 2007. Menengok Kembali Budaya dan Masyarakat Megalitik Bondowoso. Dalam Jurnal Berkala Arkeologi Vol. 27 No. 1

Kurniawan, Febri. 2008. Eksplorasi Potensi Situs Pakauman Kecamatan Grujugan Kabupaten Bondowoso Sebagai Objek Wisata Sejarah Dan Budaya. Skripsi, Tidak Dipublikasikan. Jember: FKIP Universitas Jember.

Kuswono, K., & Khaeroni, C. (2017). Pengembangan modul sejarah pergerakan indonesia terintegrasi nilai karakter religius. HISTORIA: JOURNAL OF TEACHING HISTORY AND HISTORICAL SCIENCE, 5(1), 31-44.

Mashoed. 2004. Sejarah dan Budaya Bondowoso. Surabaya: Papyrus.

Permendikbud Kurikulum 2013 No. 59 Tahun 2014 Tentang Kerangka Dasar Kurikulum Sekolah Menengah Atas. Di Akses Tanggal 5 Maret 2016

Purnamasari, Iin dan Wasino. 2011. Pengembangan Model Pembelajaran Sejarah Berbasis Situs Sejarah Lokal di SMA Negeri Temanggung. Dalam Jurnal Paramita Historical Studies Vol. 21 No. 2

Reiser, R.A & Dempsey, J.V. 2007.Trends and Issues in Instructional Design and Technology.Second Edition. New Jersey: Pearson Merril Prentice Hall.

Soekmono, R. 2006. Pengantar Sejarah Kebudayaan Indonesia 1. Yogyakarta: Kanisius.

Sugiyono.2012. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Cetakan ke-16. Bandung: Alfabeta




DOI: http://dx.doi.org/10.24127/hj.v6i1.1080

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

HISTORIA: Jurnal Program Studi Pendidikan Sejarah (p-ISSN: 2337-4713,e-ISSN: 2442-8728) Jl. Ki Hajar Dewantara, No. 116 Metro Timur, Kota Metro, Lampung, Indonesia.

Phone (+6282278042958 Johan Setiawan) (historiaummetro@gmail.com)

 

Lisensi Creative Commons
HISTORIA by Pendidikan Sejarah UM Metro is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

HISTORIA: Jurnal Program Studi Pendidikan Sejarah

Free counters!