PENGARUH REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION IMMEDIATE POSITIVE FEEDBACK DENGAN PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS

Sofnidar Sofnidar(1), Rani Iani Rahmadani Putri(2*), Yelli Ramalisa(3),

(1) Universitas Jambi
(2) Universitas Jambi
(3) Universitas Jambi
(*) Corresponding Author


Abstract


Rendahnya tingkat pemahaman konsep matematis yang dimiliki oleh siswa menjadi dasar penyelenggaraan penelitian ini. Penelitian ini bertujuan guna menguji pengaruh implementasi Realistic Mathematics Education Immediate Positive Feedback dengan pembelajaran berdiferensiasi terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa di kelas VII SMP. Penelitian ini ialah penelitian eksperimen dengan posttest only control group design. Tes kemampuan pemahaman konsep matematis akan digunakan sebagai alat pengumpulan data. Pengujian hipotesis dalam penelitian ini menggunakan uji t dengan uji lanjut berupa Cohen’s d Effect Size. Pengaruh yang signifikan menjadi hasil akhir dari penelitian implementasi Realistic Mathematics Education Immediate Positive Feedback dengan pembelajaran berdiferensiasi terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa kelas VII SMP yang memperoleh nilai sig (2-tailed) sebesar <0,001 yang mengindikasikan bahwa Ha diterima dan memiliki nilai effect size sebesar 0,927 yang bermakna bahwa pembelajaran ini memberikan efek besar dalam meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa.

The low level of understanding of mathematical concepts possessed by students is the basis for conducting this research. The aim of the research was to examine the effect of implementing Realistic Mathematics Education Immediate Positive Feedback with differentiated learning on students' ability to understand mathematical concepts in class VII SMP. This research is experimental research with posttest only control. Data collection uses a test of the ability to understand mathematical concepts. Hypothesis testing in this research uses the t test with a further test in the form of Cohen's d Effect Size. The results of this research show that there is a significant influence from the implementation of Realistic Mathematics Education Immediate Positive Feedback with differentiated learning on students' ability to understand mathematical concepts who obtained a sig (2-tailed) value of <0.001 which indicates that Ha is accepted and has an effect size value of 0.927, which means that this learning has a big effect in improving students' ability to understand mathematical concepts.


Keywords


Immediate positive feedback; pemahaman konsep matematis; pembelajaran berdiferensiasi; realistic mathematics education.

References


Amin, M. K., Isnani, I., & Paridjo, P. (2020). Meta Analisis Pengaruh Cooperative Learning Terhadap Prestasi Belajar Matematika. Prisma, 9(2), 221. https://doi.org/10.26418/jppk.v3i2.4605

Apriyanti, E., Asrin, A., & Fauzi, A. (2023). Model Pembelajaran Realistic Mathematics Education Dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(4), 1978–1986. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i4.5940

Avandi, A. B. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran Osborn Terhadap Hasil Belajar Matematika Pada Materi Pokok Bangun Datar Segi Empat Siswa Kelas VII di SMPN 2 Ngunut Tahun Ajaran 2014/2015. (Skripsi, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri, Tulungagung).

Baiduri, Utomo, D. P., & Wardani, C. (2021). Monograf Pemahaman Konsep Geometri Ditinjau Dari Kecerdasan Intrapersonal Dan Interpersonal. Malang: UMMPress. Retrieved from https://books.google.co.id/books?id=12dsEAAAQBAJ

Faiz, A., Pratama, A., & Kurniawaty, I. (2022). Pembelajaran Berdiferensiasi dalam Program Guru Penggerak pada Modul 2.1. Jurnal Basicedu, 6(2), 2846–2853. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i2.2504

Febriandani, E. F. (2017). Pengaruh Immediate Feedback Disertai Reward Terhadap Hasil Belajar Materi Asam Basa di SMA. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK), 6(6). https://dx.doi.org/10.26418/jppk.v6i6.20279

Haqina, F., Turmuzi, M., & Saputra, H. H. (2022). Pengaruh Model P embelajaran Realistic Mathematics Education (RME) terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V SDN 6 Cakranegara Tahun 2020/2021. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(1), 95–101. https://doi.org/10.29303/jipp.v7i1.453

Isrok’atun, & Rosmala, A. (2021). Model-Model Pembelajaran Matematika. Jakarta: PT. Bumi Aksara. Retrieved from https://books.google.co.id/books?id=5xwmEAAAQBAJ

Lase, S. (2020). Pengaruh Pendekatan Realistic Mathematic Education (RME) Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Siswa Kelas VIII SMP. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 3(2), 462–468. https://doi.org/10.31004/jrpp.v3i2.1694

Latifah, V. N. (2016). Pengaruh Umpan Balik Evaluasi Formatif Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas XI MAN Surabaya. (Skripsi, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, UIN Sunan Ampel, Surabaya).

Latipah, E. D. P., & Afriansyah, E. A. (2018). Analisis kemampuan koneksi matematis siswa menggunakan pendekatan pembelajaran CTL dan RME. Matematika: Jurnal Teori Dan Terapan Matematika, 17(1). https://doi.org/10.29313/jmtm.v17i1.3691

Lestariningsih, D. (2014). Evaluasi Hasil Belajar Siswa yang diberi Umpan Balik Positif dan Negatif pada Pokok Bahasan Pecahan. Jurnal Pendidikan Matematika STKIP PGRI Sidoarjo, 2.

Mawaddah, S., & Anisah, H. (2015). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Pada Pembelajaran Matematika dengan Menggunakag) di SMPn Model Pembelajaran Generatif (Generative Learning) di SMP. EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2). https://doi.org/10.20527/edumat.v3i2.644

Mulida, Sartika, R. P., & Rasmawan, R. (2018). Pengaruh Immediate Feedback Terhadap Kepercayaan Diri dan Pemahaman Konsep Siswa Pada Materi Stoikiometri Sma. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK), 7(12). https://dx.doi.org/10.26418/jppk.v7i12.30210

Purnawanto, A. T. (2023). Pembelajaran berdiferensiasi. Jurnal Pedagogy, 16(1), 34–54.

Radiusman, R. (2020). Studi Literasi: Pemahaman Konsep Siswa Pada Pembelajaran Matematika. Fibonacci: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika. 6 (1), pp: 1-8. https://doi.org/10.24853/fbc.6.1.1-8

Sari, A., & Yuniati, S. (2018). Penerapan pendekatan realistic mathematics education (RME) terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 71–80. https://doi.org/10.31004/cendekia.v2i2.49

Setiani, N., Roza, Y., & Maimunah. (2021). Analisis Kemampuan Siswa Dalam Pemahaman Konsep Matematis Materi Peluang Pada Siswa SMP. 06(2). https://doi.org/10.31004/cendekia.v6i2.1476

Sholikhah, A. (2022). Dampak Pemberian Feedback Terhadap Pemahaman Konsep Matematis Siswa. (Skripsi, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Sunan Ampel, Surabaya).

Siregar, N. F. (2021). Pemahaman Konsep Matematika Siswa SMP Melalui Pendekatan Realistic Mathematics Education. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 1919–1927. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i2.635

Susana, K., & Subandijah, S. (2023). 286. Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa SMK. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 2548–2554.

Zakiah, N. E., Sunaryo, Y., & Amam, A. (2019). Implementasi Pendekatan Kontekstual Pada Model Pembelajaran Berbasis Masalah Berdasarkan Langkah-Langkah POLYA. Teorema: Teori Dan Riset Matematika, 4(2), 111. https://doi.org/10.25157/teorema.v4i2.2706




DOI: http://dx.doi.org/10.24127/ajpm.v13i4.9601

Refbacks

  • There are currently no refbacks.