PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS DISCOVERY LEARNING MENGGUNAKAN LECTORA INSPIRE UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS

Putri Wahyuni(1*), Nanang Priatna(2), Jarnawi Afgani Dahlan(3),

(1) Universitas Pendidikan Indonesia
(2) Universitas Pendidikan Indonesia
(3) Universitas Pendidikan Indonesia
(*) Corresponding Author


Abstract


Keterampilan berpikir kritis memiliki peran penting dalam mengembangkan keterampilan peserta didik dalam pembelajaran matematika. Kualitas belajar siswa dapat ditingkatkan dengan guru menyediakan media pembelajaran yang tepat untuk memfasilitasi kemampuan berpikir kritis siswa melalui model pembelajaran discovery learning. Oleh karena itu, dilakukan penelitian yang bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran interaktif berbasis discovery learning menggunakan lectora inspire untuk memfasilitasi kemampuan berpikir kritis. Penelitian ini termasuk penelitian dan pengembangan atau R & D. Model pengembangan dalam penelitian ini ialah model ADDIE dengan langkah-langkah yang meliputi tahap analisis (analysis), desain (design), pengembangan (development), implementasi (implementation), dan evaluasi (evaluation). Penelitian dilaksanakan di SMP 34 Kota Pekanbaru. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, angket validasi ahli media, angket respon peserta didik dan angket respon guru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran interaktif menggunakan lectora inspire berbasis discovery learning memenuhi kriteria kevalidan oleh ahli materi dan ahli media dengan menggunakan content validity ratio (CVR) diperoleh nilai CVR = 1. Media pembelajaran interaktif yang dibuat dengan menggunakan lectora inspire berbasis discovery learning memenuhi kriteria kepraktisan dengan persentase 81,9% dari angket respon siswa dan 86,6% dari angket respon guru. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran interaktif yang dibuat dengan menggunakan lectora inspire memenuhi kedua kriteria kevalidan dan kepraktisan. Dengan demikian, secara teoritis, media ini dapat digunakan untuk memfasilitasi kemampuan berpikir kritis siswa.

Critical thinking skills are important in developing learners ' skills in learning mathematics. The quality of student learning can be improved by teachers providing appropriate learning media to facilitate students ' critical thinking skills through the discovery learning learning model. Therefore, a study was conducted aimed at developing interactive learning media based on discovery learning using Lectora Inspire to facilitate critical thinking skills. This research includes research and development or R & D. The development Model in this study is ADDIE model with steps that include the analysis (analysis), design (design), Development (development), Implementation (implementation), and evaluation (evaluation). The study was conducted at SMP 34 Pekanbaru. Data collection was conducted through interviews, media expert validation questionnaires, student response questionnaires and teacher response questionnaires. The results showed that interactive learning media using Lectora Inspire based on discovery learning meet the criteria of validity by material experts and media experts by using content validity ratio (CVR) CVR = 1. Interactive Learning Media created using Lectora Inspire based on discovery learning meets the criteria of practicality with a percentage of 81.9% of student response questionnaires and 86.6% of teacher response questionnaires. Based on the study's results, it can be concluded that the interactive learning media created using Lectora Inspire meets both criteria of validity and practicality. Thus, theoretically, this medium can be used to facilitate students ' critical thinking skills.


Keywords


Berpikir Kritis, Discovery Learning; Lectora Inspire.

References


Akbar, S. (2013). Instrumen Perangkat Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Andini, S., Budiyono, & Fitriana, L. (2018). Developing flipbook multimedia: The achievement of informal deductive thinking level. Journal on Mathematics Education, 9(2), 227–238. https://doi.org/https://doi.org/10.22342/jme.9.2.5396.227-238

Anugerahwati, M. (2019). Integrating the 6Cs of the 21st Century Education into the English Lesson and the School Literacy Movement in Secondary Schools. KnE Social Sciences, 3(10), 165–171. https://doi.org/DOI.10.18502/kss.v3i10.3898

As’ari, A. R., Mahmudi, A., & Nuerlaelah, E. (2017). Our prospective mathematic teachers are not critical thinkers yet. Journal on Mathematics Education, 8(2), 145–156.

Asrial, Syahrial, Kurniawan, D. A., Perdana, R., & Nugroho, P. (2019). Supporting Technology 4.0: Ethoconstructivist multimedia for elementary schools. International Journal of Online and Biomedical Engineering, 15(14), 54–66. https://doi.org/10.3991/ijoe.v15i14.11365

Bakar, N. S. A., Maat, S. M., & Rosli, R. (2020). Mathematics teacher’s self-efficacy of technology integration and technological pedagogical content knowledge. Journal on Mathematics Education, 11(2), 256–276. https://doi.org/10.22342/jme.11.2.10818.259-276

Cretu, D. (2017). Fostering 21st century skills for future teachers. The European Proceedings of Social & Behavioural Sciences, 672–681.

Firdaus, F. Z., Suryanti, S., & Azizah, U. (2020). Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Pendekatan SETS Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(3), 681–689. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i3.417

Firdaus, I., Kailani, M., Bakar, M. N. Bin, & Bakry. (2015). Developing critical thinking skills of students in mathematics learning. Journal of Education and Learning, 9(3), 226–236.

Haeruman, L. D., Rahayu, W., & Ambarwati, L. (2017). Pengaruh Model Discovery Learning Terhadap Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Dan Self-Confidence Ditinjau Dari Kemampuan Awal Matematis Siswa Sma Di Bogor Timur. Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran Matematika, 10(2), 157–168. https://doi.org/10.30870/jppm.v10i2.2040

Hendi, A., Caswita, & Haenilah, E. Y. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Strategi Metakognitif untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis siswa. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 04(02), 823–834. https://doi.org/10.31004/cendekia.v4i2.310

Hosnan, M. (2014). Pendekatan saintifik dan kontekstual dalam pembelajaran abad 21. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Idris, S. F., & Suhendi, H. Y. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif “ GEMBI ” untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa. DIFFRACTION: Journal for Physics Education and Applied Physics, 5(1), 24–36.

Indriani, L. (2017). Teacher’s Role in 21 st Century Classroom. International Conference On Education, 1(1).

Karno, J. C. F. M., Yani, M. T., & Setyowati, R. R. N. (2023). Lectora Inspire Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik. EDUKASIA: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(1), 313–324. http://jurnaledukasia.org

Lutfianto, M., Zulkardi, & Hartono, Y. (2013). Unfinished student answer in Pisa mathematics contextual problem. Journal on Mathematics Education, 4(2), 188–193. https://doi.org/10.22342/jme.4.2.552.188-193

Mas’ud, M. (2012). Membuat Multimedia Pembelajaran dengan Lectora. Yogyakarta: Shonif.

Mersin, N., & Karabörk, M. A. (2021). The Comparison of Math Textbooks in Turkey and Singapore in Terms of Technology Integration. International Journal of Curriculum and Instruction, 13(1), 552–573.

Rahmayani, A., Siswanto, J., & Budiman, M. A. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning dengan menggunakan Media Video Terhadap Hasil Belajar. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3(2), 246–253. https://doi.org/https://doi.org/10.47668/pkwu.v7i1.20

Riduwan. (2016). Dasar-Dasar Statistika. Bandung: Alfabeta.

Suryaningrat, E. F., Muslihah, N. N., Pujiasti, D. A., & Adiredja, R. K. (2021). The influence of lectora inspire-based interactive learning media on students’ learning motivation and mathematical reasoning abilities in primary schools. Journal of Physics: Conference Series, 1987, 1–7. https://doi.org/https://doi.org/10.1088/1742-6596/1987/1/012035

Wibawa, S. C. (2017). The Design and Implementation of an Educational Multimedia Interactive Operation System Using Lectora Inspire. Elinvo (Electronics, Informatics, and Vocational Education), 2(1), 74–79. https://doi.org/10.21831/elinvo.v2i1.16633

Yenti, I. N., Putri, M. V., & Maris, I. M. (2022). Pengembangan Media Interaktif Berbasis Etnomatematika Menggunakan Lectora Inspire Untuk Materi Segitiga Dan Segiempat. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 11(4), 2847–2856. https://doi.org/10.24127/ajpm.v11i4.6030

Zuhri, M. S., & Rizaleni, E. A. (2016). Pengembangan Media Lectora Inspire Dengan Pendekatan Kontekstual Pada Siswa Sma Kelas X. Pythgoras, 5(2), 113–119.




DOI: http://dx.doi.org/10.24127/ajpm.v13i4.9300

Refbacks

  • There are currently no refbacks.