ANALISIS PROSES BERPIKIR KOMPUTASI SISWA PADA MATERI BARISAN ARITMETIKA BERDASARKAN KECERDASAN MAJEMUK
(1) Universitas Negeri Malang
(2) Universitas Negeri Malang
(3) Universitas Negeri Malang
(*) Corresponding Author
Abstract
Kemampuan berpikir komputasi adalah keterampilan yang dibutuhkan pada pembelajaran di Abad 21. Berpikir komputasi menjadi keterampilan penting untuk melatih siswa menyelesaikan masalah, sedangkan setiap siswa memiliki kecerdasan majemuk yang beragam. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses berpikir komputasi pada barisan aritmetika berdasarkan kecerdasan majemuk. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Partisipan dalam penelitian ini dipilih menggunakan teknik purposive sampling dengan berdasarkan kecerdasan majemuk siswa. Berdasarkan purposive sampling terpilih 6 partisipan, meliputi dua partisipan dengan kecerdasan visual spasial, dua partisipan dengan kecerdasan verbal linguistik, dan dua partisipan dengan kecerdasan logis matematis. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui tes dan wawancara. Analisis data terhadap proses berpikir komputasi siswa dilihat berdasarkan kecerdasan majemuknya yaitu visual spasial, verbal linguistik, dan logis matematis. Hasil analisis menunjukkan bahwa proses berpikir komputasi ketiga kategori siswa dimulai dengan mendekomposisi masalah. Pada tahap berpikir algoritma siswa dengan kecerdasan visual spasial melakukan pengenalan pola dengan baik, siswa dengan kecerdasan verbal lingustik menggunakan kemampuan pemahaman ilustrasi soal untuk menyelesaikan masalah selanjutnya mengabstraksi informasi soal menggunakan istilah matematis untuk menemukan generalisasi rumus umum. Siswa dengan kecerdasan logis matematis berpikir melakukan abstraksi dan generalisasi menggunakan simbol matematis. Pada tahap debugging tidak dilakukan oleh seluruh siswa sehingga siswa memperoleh hasil akhir yang kurang tepat.
Computational thinking ability is a skill required in 21st-century learning. Computational thinking becomes an important skill to train students in problem-solving, especially because each student has diverse multiple intelligences. This study aims to describe the process of computational thinking in arithmetic sequences based on multiple intelligences. This research is a qualitative descriptive study. Participants in this study were selected using purposive sampling techniques based on students' multiple intelligences. Six subjects were chosen using purposive sampling, including two with visual-spatial intelligence, two with verbal-linguistic intelligence, and two with logical-mathematical intelligence. Data collection approaches included tests and interviews. Data analysis on the process of students' computational thinking was viewed based on their multiple intelligences, such as visual-spatial, verbal-linguistic, and logical-mathematical. The analysis results revealed that the computational thinking process of the three student groups began with dissecting the problem. Visual-spatial intelligence students excelled at pattern detection throughout the algorithmic thinking level. Students with verbal-linguistic intelligence solved the problem by first understanding the illustration and then abstracting the problem information using mathematical words to create generalizations of general formulas. Students with logical-mathematical intelligence think by performing abstraction and generalization using mathematical symbols. The debugging stage was not performed by all students, resulting in less accurate final results.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Angeli, C., Voogt, J., Fluck, A., Webb, M., Cox, M., Malyn-Smith, J., & Zagami, J. (2016). A K-6 computational thinking curriculum framework: Implications for teacher knowledge. Educational Technology and Society, 19(3), 47–57.
Ariesandi, I., Syamsuri, Yuhana, Y., & Fatah, A. (2021). Analisis kebutuhan pengembangan modul elektronik berbasis inkuiri untuk meningkatkan kemampuan berpikir komputasi pada materi barisan dan deret siswa SMA. Aksioma: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 12(2), 178–190.
Azizah, N. I., Roza, Y., & Maimunah, M. (2022). Computational thinking process of high school students in solving sequences and series problems. Jurnal Analisa, 8(1), 21–35. https://doi.org/10.15575/ja.v8i1.17917
Barr, D., Harrison, J., & Conery, L. (2011). Computational Thinking: A Digital Age Skill for Everyone. Learning and Leading with Technology, 38(6), 20–23.
Bocconi, S., Chioccariello, G. A., Dettori, A. F., & Engelhardt, K. (2016). Developing Computational Thinking in Compulsory Education. In Joint Research Centre (JRC). https://doi.org/10.2791/792158
Cahdriyana, R. A., & Richardo, R. (2020). Berpikir Komputasi Dalam Pembelajaran Matematika. LITERASI (Jurnal Ilmu Pendidikan), 11(1), 50. https://doi.org/10.21927/literasi.2020.11(1).50-56
Damayanti, W. F., Iskandar, R. S. F., & Safitri, P. T. (2022). Pengaruh Kecerdasan Visual-Spasial dan Kreativitas Siswa Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. Seminar Nasional Pendidikan Matematika UMT, (33), 22–29.
Danindra, L. S. (2020). Proses Berpikir Komputasi Siswa Smp Dalam Memecahkan Masalah Pola Bilangan Ditinjau Dari Perbedaan Jenis Kelamin. MATHEdunesa, 9(1), 95–103. https://doi.org/10.26740/mathedunesa.v9n1.p95-103
Fitry, R. S., Khamdun, & Ulya, H. (2022). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Kelas V di SDN Ronggo 03 Kecamatan Jaken. Jurnal Inovasi Penelitian, 2(8), 2433–2442.
Harun, S. (2020). Pembelajaran di Era 5.0. (November), 265–276.
Hidayat, D. W., & Pujiastuti, H. (2019). Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan masalah matematis pada materi himpunan. Jurnal Analisa, 5(1), 59–67. https://doi.org/10.15575/ja.v5i1.4120
Julianti, N. H., Darmawan, P., & Mutimmah, D. (2022). Computational Thinking dalam Memecahkan Masalah High Order Thinking Skill Siswa. Prosiding Seminar Nasional MIPA UNIBA 2022, 1–7.
Katie Davis, Joanna Christodoulou, Scott Seider, H. G. (2019). The theory of multiple intelligences. The Cambridge Handbook of Intelligence, (June 2017), 659–678. https://doi.org/10.1017/9781108770422.028
Maharani, S., Nusantara, T., Rahman Asari, A., & Qohar, A. (2020). Computational thinking pemecahan masalah di abad ke-21 Critical thinking View project Teaching for Critical Thinking View project. In … : Katalog Dalam Terbitan …. Retrieved from https://www.researchgate.net/publication/347646698
Memolo, T. (2022). Pembelajaran Matematika Berpikir Komputasi Materi Pola Bilangan dengan Media Kalkulator Web Berbasis Javascript. Jurnal Didaktika Pendidikan Dasar, 6(3), 815–826. https://doi.org/10.26811/didaktika.v6i3.854
Miladia, F. N., & Khabibah, S. (2018). Proses Berpikir Siswa SMP dengan Kecerdasan Linguistik dan Kecerdasan Logis Matematis dalam Menyelesaikan Soal Cerita. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 7(3), 651–658.
Murtiyasa, B. (2016). Isu-isu kunci dan tren penelitian pendidikan matematika. (Knpmp I), 1–10.
Nugroho, R. A., Sutinah, & Setianingsih, R. (2015). Proses Berpikir Siswa dengan Kecerdasan Linguistik dan Logis Matematis dalam Memecahkan Masalah Matematika. Pendidikan Matematika FMIPA UNESA, 1–8.
Rijal Kamil, M., Ihsan Imami, A., Prasetyo Abadi, A., Matematika, P., & Singaperbangsa Karawang, U. (2021). Analisis kemampuan berpikir komputasional matematis Siswa Kelas IX SMP Negeri 1 Cikampek pada materi pola bilangan (Vol. 12).
Sugiyono, D. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D.
Sumadi, S., Putra, T. Y., & Astutik, H. S. (2020). Proses Pemecahan Masalah Matematika Siswa Sma Berdasarkan Kecerdasan Majemuk. Journal of Honai Math, 3(2), 123–144. https://doi.org/10.30862/jhm.v3i2.107
Wing, J. M. (2006). Computational thinking. Communications of the ACM, 49(3), 33–35. https://doi.org/10.1145/1118178.1118215
DOI: http://dx.doi.org/10.24127/ajpm.v13i4.9189
Refbacks
- There are currently no refbacks.
.png)

.png)