PENGEMBANGAN LKPD FUNGSI KUADRAT BERBASIS PEMBUKTIAN DENGAN MODEL ARGUMENTASI TOULMIN UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN ARGUMEN MATEMATIS
(1) Universitas Sriwijaya
(2) Sriwijaya University
(3) Universitas Sriwijaya
(4) Universitas Sriwijaya
(*) Corresponding Author
Abstract
Riset berikut tujuannya guna memperoleh LKPD berbasis pembuktian fungsi kuadrat di SMA yang valid dan praktis serta mempunyai efek potensial pada kemampuan argumentasi matematis pelajar. Riset diperlukan lantaran kemampuan argumentasi matematis pelajar yang termasuk rendah dan belum adanya bahan ajar yang dapat mendukung kemampuan argumentasi matematis pelajar. Jenis riset yang dipakai ialah studi pengembangan bermodel Tessmer yang tersusun atas evaluasi pendahuluan dan formatif. Subjek dalam riset yakni pelajar kelas X SMA Muhammadiyah 1 Palembang semester ganjil tahun ajaran 2023/2024. Teknik pengumpulan data yang dipakai pada riset berikut yakni kuesioner, wawancara, dan tes. Validitas LKPD berbasis bukti dicermati melalui 3 faktor yakni konstruk, isi, serta bahasa yang terdapat pada lembar validasi dalam tahapan expert review dan sesuai masukan/komentar dari hasil percobaan one to one. Kepraktisan LKPD berbasis bukti yang terlihat dari hasil hitung kuesioner yang diberi dalam tahapan kelompok kecil. Hasil riset memaparkan bahwasanya pengembangan LKPD mempunyai persentase kevalidan 87,17% dengan kriteria sangat valid dan persentase kepraktisannya 84,5% dengan kriteria sangat praktis. Sehingga dapat disimpulkan bahwa LKPD yang dikembangkan valid dan praktis serta mempunyai efek potensial pada kemampuan argumentasi matematis pelajar yang terlihat dari hasil analisis data tes dengan rata-rata argumentasi pelajar berada pada level 4 (argumentasi siswa disusun dengan baik).
The following research aims to obtain proof-based student worksheet on quadratic functions in high school that is valid and practical and has a potential effect on students' mathematical argumentation abilities. The following research is needed because students' mathematical argumentation abilities are low and there are no teaching materials that can support students' mathematical argumentation abilities. The type of research used is a development studies with Tessmer model which is composed of preliminary and formative evaluations. The subjects used in the following research are class X students of Muhammadiyah 1 Palembang Senior High School odd semester of the 2023/2024 academic year. The data collection techniques used in the following research are questionnaires, interviews and tests. The validity of proof-based student worksheet is examined through 3 factors, namely construct, content and language contained in the validation sheet in the expert review stage and according to suggestions/comments from the results of one to one experiments. The practicality of proof-based student worksheet that can be seen from the results of calculating questionnaires given in the small group stage. The research results show that the development of student worksheet has a validity percentage of 87.17% with very valid criteria and a practical percentage of 84.5% with very practical criteria. So it can be concluded that the developed LKPD is valid and practical and has a potential effect on students' mathematical argumentation skills as seen from the results of test data analysis with the average student argumentation at level 4 (student argumentation is well organized).
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Afiyanti, Y. (2009). Validitas dan Reliabilitias Dalam Penelitian Kualitatif. Jurnal Keperawatan Indonesia, 12(2), 137 - 141. doi:doi.org/10.7454/jki.v12i2.212
Alfajri, A. R., Maizora, S., & Agustinsa, R. (2019). Kepraktisan soal-soal higher order thinking untuk menghasilkan soal yang praktis untuk siswa kelas XI MAN 1 Kota Bengkulu. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah, 3(2), 188 - 195.
Azmi, N., & Yunita, R. (2022). Analisis Kesulitan Siswa Dalam Menyelesaikan Masalah Fungsi Kuadrat di Kelas X MAN 6 Aceh Utara. Ar-Riyadhiyyat: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 41 - 49.
Charmila, N., Zulkardi, & Darmawijoyo. (2016). Darmawijoyo. (2016). Pengembangan Soal Matematika Model PISA Menggunakan Konteks Jambi. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, 20(2), 198 - 297. doi:doi.org/10.21831/pep.v20i2.7444
Darmadi, H. (2011). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Dewi, N. C., Windaningsih, W., & Sobari, T. (2019). Pengaruh Alokasi Waktu Pembelajaran Bahasa Indonesia Terhadap Minat Belajar Siswa SMK. Parole: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 2(3), 391 - 398.
Evangelina, Y., Putri, N., & Pratini, H. (2023). Hypothetical Learning Trajectory Pada Pembelajaran Fungsi Kuadrat Di Sekolah Menengah Atas Dengan Bantuan Aplikasi Desmos. Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika, (hal. 388 - 393).
Faizah, S., Rahmawati, N. D., & Murniasih, T. R. (2021). Investigasi Struktur Argumen Mahasiswa Dalam Pembuktian Aljabar Berdasarkan Skema Toulmin. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(3), 1466-1476.
Fatmawati, D. R., Harlita, & Ramli, M. (2018). Meningkatkan Kemampuan Argumentasi Siswa Melalui Action Research dengan Fokus Tindakan Think Pair Share. Proceeding Biology Education Conference: Biology, Science, Enviromental and Learning. 15, hal. 253-259. Surakarta: Universitas Sebelas Maret.
Handayani, P. (2015). Analisis Argumentasi Peserta Didik Kelas X SMA Muhammadiyah 1 Palembang Dengan Menggunakan Model Argumentasi Toulmin. Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika, 2(1), 60 - 68.
Herizal. (2020). Faktor yang Memengaruhi Kemampuan Pembuktian Matematis Siswa. Vygotsky: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika, 2(1), 33-42.
Herizal, H., Suhendra, S., & Nurlaelah, E. (2020). Pengaruh Kemampuan Memahami Bukti Matematis Terhadap Kemampuan Mengonstruksi Bukti Matematis Pada Topik Trigonometri. Suksa Journal of Mathematics Education, 6(1), 17 - 24. doi:dx.doi.org/10.24014/sjme.v6i1.8115
Indrawati, K. A., & Febrilia, B. R. (2019). Pola Argumentasi Dalam Menyelesaikan Soal Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel (SPLTV). FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika, 5(2), 141-154.
Indrawati, K., & Febrilia, B. (2019). Pola Argumentasi Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Sistem Persamaan Linier Tiga Variabel (SPLTV). Fibonacci, 5(2), 141 - 154. doi:doi.org/10.24853/fbc.5.2.141-154
Indrawatiningsih, N., Purwanto, As'ari, A. R., & Sa'dijah, C. (2020). Argument Mapping to Improve Student's Mathematical Argumentation Skills. TEM Journal, 9(3), 1208-1212.
Komalasari, L. I. (2020). Analisis Tingkat Kesulitan Siswa Dalam Kemampuan Menyelesaikan Masalah Matematika Materi Persamaan Kuadrat. Histogram: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 139-150.
Laamena, C. M., Nusantara, T., Irawan, E. B., & Muksar, M. (2018). How Do The Undergraduate Students Use an Example in Mathematical Proof Construction: A Study Based On Argumentation and Proving Activity. International Electronic Journal of Mathematics Education, 13(3), 185-198.
Lestari, I. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Matematika Dengan Memanfaatkan Geogebra Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep. GAUSS: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 26-36.
Magdalena, I., Mahromiyati, M., & Nurkamilah, S. (2021). Analisis Instrumen Tes Sebagai Alat Evaluasi Pada Mata Pelajaran SBdP Siswa Kelas II SDN Duri Kosambi 06 Pagi. Nusantara, 276 - 287.
Magdalena, I., Prabandani, R. O., & Rini, E. S. (2020). Analisis Pengembangan Bahan Ajar. Nusantara, 2(2), 170 - 187.
Maulana, M. (2017). Konsep Dasar Matematika dan Pengembangan Berpikir Kritis-Kreatif. Bandung: UPI Sumedang Press.
Muslimah. (2020). Pentingnya LKPD Pada Pendekatan Scientific Pembelajaran Matematika. SHes: Conference Series 3. 3, hal. 1471 - 1479. Social, Humanities, and Educational Studies (SHEs).
Pramesti, P., & Rosyidi, A. H. (2020). Profil Argumentasi Siswa Dalam Memecahkan Masalah PISA-like Berdasarkan Model Toulmin. Jurnal Riset Pendidikan dan Inovasi Pembelajaran Matematika (JRPIPM), 3(2), 92 - 101. doi:doi.org/10.26740/jrpipm.v3n2.p92-101
Puspitaningrum, H. Z., Astutik, S., & Supeno, S. (2018). Lembar Kerja Siswa Berbasis Collaborative Creativity Untuk Melatihkan Kemampuan Berargumentasi Ilmiah Siswa SMA. Quantum: Seminar Nasional Fisika dan Pendidikan Fisika, (hal. 159 - 164).
Resmi, D. C., Rusdi, M., & Huda, N. (2021). Desain LKPD Pada Materi Sistem Persamaan Linier Tiga Variabel Berbasis Generative Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Argumentasi Matematika Siswa SMA. Jurnal Cendekia, 5(2), 1854 - 1868.
Sesrita, A., & Nurahma, S. S. (2023). Kesulitan Guru Kelas Rendah Dalam Menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). Educivilia: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 4(2), 134 - 142.
Setiawan, Y. E. (2020). Analisis Kemampuan Siswa Dalam Kesebangunan Dua Segitiga. Al-Khwarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, 8(1), 23 - 38. doi:doi.org/10.24256/jpmipa.v8i1.800
Sholihah, N. U., Sadieda, L. U., & Sutini. (2021). Kemampuan Argumentasi Peserta Didik Dalam Menyelesaikan Masalah Pembuktian Kongruensi Segitiga Ditinjau dari Perbedaan Gender. JRPM (Jurnal Review Pembelajaran Matematik), 6(1), 24-38.
Soekisno, R. (2015). Pembelajaran Berbasis Masalah Untuk Meningkatkan Kemampuan Argumentasi Matematis Mahasiswa. Infinity Journal, 4(2), 120 - 139. doi:doi.org/10.22460/infinity.v4i2.p120-139
Solichin, M. (2017). Analisis Daya Beda Soal, Taraf Kesukaran, Validitas Butir Tes, Interpretasi Hasil Tes dan Validitas Ramalan Dalam Evaluasi Pendidikan. Dirasat: Jurnal Manajemen dan Pendidikan Islam, 2(2), 192 - 213. doi:doi.org/10.26594/dirasat.v2i2.879
Stylianou, D. A., Blanton, M. L., & Knuth, E. J. (2010). Teaching and learning proof across the grades: A K-16 perspective. Routledge.
Suhady, W., Roza, Y., & Maimunah, M. (2019). Identifikasi Kesalahan Konseptual Dan Prosedural Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Pada Materi Dimensi Tiga. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 494 - 504.
Tessmer, M. (1993). Planning and Conducting Formative Evaluation. London: Kogan Page.
Ulfa, D., & Kartini, K. (2021). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Logaritma Menggunakan Tahapan Kesalahan Kastolan. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 542 - 550.
DOI: http://dx.doi.org/10.24127/ajpm.v13i4.9181
Refbacks
- There are currently no refbacks.
.png)

.png)
