PENGEMBANGAN BUKU AJAR MATEMATIKA TEKNIK MESIN BERBASIS PROBLEM SOLVING

Indah Riezky Pratiwi(1*), Elisa Mayang Sari(2), Novitasari Novitasari(3), Licia Christianty(4),

(1) Politeknik Manufaktur Negeri Bangka Belitung
(2) Politeknik Manufaktur Negeri Bangka Belitung
(3) Politeknik Manufaktur Negeri Bangka Belitung
(4) Politeknik Manufaktur Negeri Bangka Belitung
(*) Corresponding Author


Abstract


Berdasarkan pengamatan terhadap aktivitas kelas dan pencapaian belajar dalam mata kuliah Matematika, ditemukan bahwa seluruh mahasiswa (100%) mengalami kesulitan dalam menyelesaikan masalah. Kesulitan ini perlu segera diatasi, mengingat pentingnya keterampilan pemecahan masalah dalam mempersiapkan mahasiswa menghadapi dunia kerja. Oleh karena itu, langkah-langkah yang diambil melalui penelitian dan pengembangan mencakup pembuatan buku ajar matematika teknik mesin berbasis problem solving yang memenuhi kriteria validitas dan kepraktisan. Pengembangan buku ajar ini menggunakan metode penelitian design research dengan jenis development study yang meliputi tahap preliminary, perencanaan, evaluasi formatif, dan prototyping. Berdasarkan hasil review dari para ahli, buku ajar ini dinilai sangat valid. Secara bersamaan, buku ajar diuji coba pada lima mahasiswa untuk menilai keterbacaannya, dan hasilnya menunjukkan bahwa buku ajar tersebut tergolong sangat praktis. Hasil uji coba one-to-one mengungkapkan bahwa penerapan langkah-langkah pemecahan masalah yang sistematis, seperti memahami masalah, merancang rencana, melaksanakan rencana, dan mengevaluasi kembali, membantu mahasiswa mencapai solusi yang lebih tepat. Temuan juga menunjukkan bahwa penerapan langkah-langkah tersebut meningkatkan rasa percaya diri mahasiswa dalam menyelesaikan masalah. Dengan demikian, buku ajar ini memenuhi standar validitas dan kepraktisan.

Based on observations of classroom activities and learning outcomes in the Mathematics course, it was found that all students (100%) experienced difficulties in problem-solving. Given the importance of problem-solving skills in preparing students for the workforce, this issue must be addressed promptly. Therefore, the steps taken through research and development involved creating a mathematics textbook for mechanical engineering based on problem-solving that meets the criteria of validity and practicality. The development of this textbook employed a design research method with a development study approach, including several stages: preliminary, planning, formative evaluation, and prototyping. Based on expert reviews, it was concluded that the developed textbook is highly valid. Simultaneously, the textbook was tested with five students to assess its readability, and the results showed that it was efficient. The results from the one-to-one trial revealed that applying systematic problem-solving steps, such as understanding the problem, devising a plan, carrying out the plan, and looking back, helped students arrive at more accurate solutions. Other findings also indicated that following these steps increased students’ confidence in solving problems. Therefore, it can be concluded that the mathematics textbook for mechanical engineering based on problem-solving meets the standards of validity and practicality.


Keywords


development study; practical; problem solving; valid

References


Andayani, S., & Pratama, Y. (2022). Pengembangan Modul Matematika Dasar Berbasis Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 11(1), 121–131. https://doi.org/10.24127/ajpm.v11i1.4806

Anggraeni, E. D., & Dewi, N. R. (2021). Kajian Teori: Pengembangan Bahan Ajar Matematika Berbantuan GeoGebra untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Melalui Model Pembelajaran Preprospec Berbantuan TIK pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 4, 179–188.

Anisah, & Lastuti, S. (2018). Pengembangan Bahan Ajar berbasis HOTS untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Mahasiswa. KREANO: Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 9(2), 191–197. https://doi.org/10.22460/pej.v4i1.1468

Arafah, R. A. D., Kurniati, D., Lestari, N. D. S., Pambudi, D. S., & Yuliati, N. (2023). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Analyticity Siswa. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 12(3), 2700–2711. https://doi.org/10.24127/ajpm.v12i3.7533

Ariawan, R., Utami, R., Herlina, S., & Istikomah, E. (2022). Pengembangan Modul Ajar dengan Model Problem Based Learning Berorientasi Kemampuan Pemecahan Masalah. GAUSS: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 71–82. https://doi.org/10.30656/gauss.v5i1.3930

Ariawan, R., & Zetriuslita, Z. (2023). Implementasi Model Problem Based Learning dan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dalam Bahan Ajar Kalkulus. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), 503–515. https://doi.org/10.31004/cendekia.v7i1.2073

Azhar, E., Saputra, Y., & Nuriadin, I. (2021). Eksplorasi Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa pada Materi Perbandingan Berdasarkan Kemampuan Matematika. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(4), 2129–2144. https://doi.org/10.24127/ajpm.v10i4.3767

Bulu, V. R., & Nahak, R. L. (2020). Pengembangan Buku Ajar Matematika Dasar Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian Dan Kajian Kepustakaan Di Bidang Pendidikan, Pengajaran Dan Pembelajaran, 6(1), 88–96. https://doi.org/10.33394/jk.v6i1.2331

Charmila, N., Zulkardi, Z., & Darmawijoyo, D. (2016). Pengembangan soal matematika model PISA menggunakan Konteks Jambi. Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 20(2), 198–207. https://doi.org/10.21831/pep.v20i2.7444

Diana, S., Fujiyanti, L., & Rindri, Y. A. (2022). Aplikasi Penjadwalan Perawatan Mesin Pada Laboratorium Permesinan Dasar Di Bengkel Mekanik Politeknik Manufaktur Negeri Bangka Belitung. Seminar Nasional Inovasi Teknologi Terapan, 2, 978–979. Sungailiat: Politeknik Manufaktur Negeri Bangka Belitung.

Gowasa, S. (2022). Pengembangan Modul Persamaan Garis Lurus untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa. FAGURU: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Keguruan, 1(2), 128–142.

Hanifah, H., Sumardi, H., & Febrila, L. G. (2023). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Mahasiswa pada Mata Kuliah Analisis Real. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 7(3), 3216–3228. https://doi.org/10.31004/cendekia.v7i3.2913

Hidayatullah, M. F., Cahyo, B. D., & Sari, D. R. (2021). Pengaruh Kelelahan Terhadap Kemampuan Pemecahanmasalah Taruna Tingkat 1 Teknik Pesawat Udara Politeknik Penerbangan Surabaya. Seminar Nasional Inovasi Teknologi Penerbangan, 1–6. Surabaya: Politeknik Penerbangan Surabaya.

Islahiyah, I., Pujiastuti, H., & Mutaqin, A. (2021). Pengembangan E-Modul dengan Model Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(4), 2107–2118. https://doi.org/10.24127/ajpm.v10i4.3908

Kamid, Saputri, R., & Hariyadi, B. (2021). Pengembangan Soal Higher Order Thinking Skills Berbasis Budaya Jambi. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 1793–1806. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i2.678

Nabilah, K., & Halomoan Siregar, B. (2023). Pengembangan Bahan Ajar digital Interaktif Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 07(2), 2104–2117. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/cendekia.v7i1.2125

Nasution, A. (2016). Pengembangan Modul Matematika Berbasis Masalah Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematik Siswa. Rekognisi: Jurnal Pendidikan Dan Kependidikan, 1(1), 47–63. https://doi.org/10.31604/eksakta.v4i1.41-48

Pratiwi, I. R. (2022). Efektifitas Blended Learning Melalui Lms Moodle Untuk Meningkatkan Kemandirian Belajar Mahasiswa Pada Mata Kuliah Matematika Di Politeknik. JOHME: Journal of Holistic Mathematics Education, 6(1), 29–42. https://doi.org/10.19166/johme.v6i1.5217

Pratiwi, I. R., Krishnaningsih, S. D., & Sari, E. M. (2022). Pengembangan Soal Matematika Bilingual Berbasis Mathematical Literacy Dengan Konteks Teknik Mesin Untuk Mahasiswa Politeknik. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 11(4), 3609–3623. https://doi.org/10.24127/ajpm.v11i4.6136

Ratnasari, D. F., Nizaruddin, N., & Murtianto, Y. H. (2020). Analisis Profil Kemampuan Representasi Matematika Siswa SMA pada Pemecahan Masalah Ditinjau dari Tahapan Polya. Imajiner: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 2(5), 360–371. https://doi.org/10.26877/imajiner.v2i5.6671

Riyadi, Syarifah, T. J., & Nikmaturrohmah, P. (2021). Profile of Students’ Problem-Solving Skills Viewed from Polya’s Four- Steps Approach and Elementary School Students. European Journal of Educational Research, 10(4), 1625–1638. https://doi.org/https://doi.org/10.12973/eu-jer.10.4.1625

Rusmalinda, R., Santoso, H., & Pratiwi, D. (2017). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis PBL Berupa LKPD Disertai Nilai Karakter. Semnasdik FKIP Universitas Muhammadiyah Metro, 218–223. Lampung: Universitas Muhammadiyah Metro.

Sari, E. M., Pratiwi, I. R., & Muharramin, A. (2023). Profil Kemampuan Berpikir Kreatif Mahasiswa Teknik Perancangan Mekanik dalam Menyelesaikan Permasalahan Matematis. Pasundan Journal of Mathematics Education: Jurnal Pendidikan Matematika, 13(2), 115–133. https://doi.org/10.23969/pjme.v13i2.9665

Sofnidar, & Anwar, K. (2018). Kemampuan Pemecahan Masalah Struktur Aljabar Mahasiswa Pendidikan Matematika dalam Pembelajaran Berbasis Creative Problem Solving. EDUMATICA | Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2), 92–106. https://doi.org/10.22437/edumatica.v8i2.5535

Susiaty, U. D., Oktaviana, D., & Arty, E. Y. (2021). Kemampuan Pemecahan Masalah Dengan Buku Ajar Elektronik Interaktif (BAEI) Berbantuan Google Slide Dan Quizizz. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(4), 2387–2394. https://doi.org/10.24127/ajpm.v10i4.4174

Tabtimtong, U. (2015). Improving Students’ Problem Solving Ability by Applying Polya’s Four Steps and Schoenfeld’s Behavior Categories. The International Conference on Language, Education, Humanities an Innovation, 45, 123–126.

Thiangthung, Y. (2016). Applying Polya’s four-steps and Schoenfeld’s behavior categories to enhance students’ mathematical problem solving. Journal of Advances in Humanities and Social Sciences, 2(5), 261–268. https://doi.org/10.20474/jahss-2.5.2

Wahyuni, A., & Angraini, L. M. (2021). Pengaruh Bahan Ajar Berbasis Pemecahan Masalah terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(3), 2208–2217. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i3.749

Waya, H. S. (2022). Pengembangan Modul Pembelajaran Matematika Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Matematis. FAGURU: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Keguruan, 1(2), 82–94. https://doi.org/10.57094/faguru.v1i2.672

Zulkardi, Z., & Kohar, A. W. (2018). Designing PISA-Like Mathematics Tasks in Indonesia: Experiences and Challenges. Journal of Physics: Conference Series, 947(1), 0–7. https://doi.org/10.1088/1742-6596/947/1/012015




DOI: http://dx.doi.org/10.24127/ajpm.v13i4.9128

Refbacks

  • There are currently no refbacks.