PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MACROMEDIA FLASH UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH
(1) Universitas Negeri Padang
(2) Universitas Negeri Padang
(*) Corresponding Author
Abstract
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Elfira, F., & Syarifudin, H. (2022). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Peserta Didik Kelas XI MIPA SMA. Jurnal Edukasi Matematika Dan Sains), 10(2), 364–376. https://doi.org/10.25273/jems.v10i2.13507
Fiskha, S., Patri, D., & Heswari, S. (n.d.). Pengembangan Bahan Ajar Multimedia berbasis PBL Menggunakan 3D Pageflip Professional pada Materi Geometri.
fitria, D., Imran, A., Ahda, Y., Negeri, S., Hulu, S., Negeri Padang, U., & Author, C. (2022). STUDI LITERATURE MODEL PROBLEM BASED LEARNING. In International Journal Of Humanities Education And Social Sciences (IJHESS) E-ISSN (Vol. 1, Issue 6). https://ijhess.com/index.php/ijhess/
Ira Harahap, A., Musdi, E., & Asmar, A. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Problem Based Learning (PBL) Berbantuan Android Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Peserta Didik Kelas VII SMP Negeri 1 Sosopan. Jurnal Edukasi Matematika Dan Sains), 9(2), 371–383. https://doi.org/10.25273/jems.v9i2.10634
Isriani, W. P., Musdi, E., Arnawa, I. M., & Asmar, A. (2021). Problem based learning and mathematical problems solving skills of junior high school students: A preliminary research. Journal of Physics: Conference Series, 1742(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1742/1/012046
Jannah, N., Yerizon, & Arnawa, I. M. (2021). The Effects of Problem Based Learning (PBL) Model on the Improvement of Student’s Mathematical Problem-Solving Skill in MAN in Pekanbaru City. Journal of Physics: Conference Series, 1742(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1742/1/012049
Mariyam, C. N. P., & Wahyuni, R. (2018). Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia Volum 3 Nomor 2 bulan. 66–73.
Marlina, R., Nurjahidah, S., Sugandi, A. I., Setiawan, W., Bandung, I. S., Terusan, J., Sudirman, J., Cimahi, J., & Barat, I. (2018). PENERAPAN PENDEKATAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA KELAS VII MTs PADA MATERI PERBANDINGAN DAN SKALA. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 1(2).
Nasution, M. L., Yerizon, Y., & Gusmiyanti, R. (2018). Students’ Mathematical Problem-Solving Abilities Through the Application of Learning Models Problem Based Learning. IOP Conference Series: Materials Science and Engineering, 335(1). https://doi.org/10.1088/1757-899X/335/1/012117
Norhayati, T., & Hartono, D. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Contextual Teaching and Learning untuk Memfasilitasi Kemampuan. In Journal for Research in Mathematics Learning) p (Vol. 1, Issue 1).
Öztürk, M., Akkan, Y., & Kaplan, A. (2020). Reading comprehension, Mathematics self-efficacy perception, and Mathematics attitude as correlates of students’ non-routine Mathematics problem-solving skills in Turkey. International Journal of Mathematical Education in Science and Technology, 51(7), 1042–1058. https://doi.org/10.1080/0020739X.2019.1648893
Rahmadila, R., Permana, D., & Musdi, E. (2022). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Problem Based Learning Berbantuan E-Module untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika), 11(1), 26. https://doi.org/10.25273/jipm.v11i1.13207
Rahmani, W., Widyasari, N., Larangan Selatan, S., Hamka, J., Selatan, L., Tangerang, K., & Guru Sekolah Dasar, P. (n.d.). MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA MELALUI MEDIA TANGRAM.
Sari, I. E., Irwan, I., Musdi, E., & Yerizon, Y. (2022). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Berbasis Scientific Approach Menggunakan Macromedia Flash untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. PENDIPA Journal of Science Education, 6(2), 386–393. https://doi.org/10.33369/pendipa.6.2.386-393
Sariningsih, R., & Purwasih, R. (2017). Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dan Self Efficacy Mahasiswa Calon Guru. Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 1(1), 163–177.
Suhita Lestari, K. A. N., Mahayukti, G. A., & Mertasari, N. M. S. (2020). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Keaktifan Belajar Siswa SMA melalui Means-Ends Analysis. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 4(2), 263. https://doi.org/10.33603/jnpm.v4i2.3487
Syarianti, & Yarman. (2019). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Creative Problem Solving terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Peserta Didik Kelas IX SMPN 1 2x11 Kayutanam. In Jurnal Edukasi dan Penelitian Matematika Hal (Vol. 8, Issue 4).
Yusri, D. R. L., Permana, D., & Arnawa, I. M. (2021a). PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(4), 2859. https://doi.org/10.24127/ajpm.v10i4.4367
Yusri, D. R. L., Permana, D., & Arnawa, I. M. (2021b). PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(4), 2859. https://doi.org/10.24127/ajpm.v10i4.4367
Yustianingsih, R., Syarifuddin, H., & Dan Yerizon, Y. (2017). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Peserta Didik Kelas VIII. Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 1(2), 258–274.
DOI: http://dx.doi.org/10.24127/ajpm.v13i3.9000
Refbacks
- There are currently no refbacks.