ETNOMATEMATIKA MOTIF SONGKET LOMBOK DAN IMPLIKASINYA PADA PENDIDIKAN STEM
(1) Universitas Islam Negeri Mataram
(2) Universitas Islam Negeri Mataram
(*) Corresponding Author
Abstract
Selama beberapa tahun terakhir, etnomatematika khususnya di Indonesia didominasi oleh kajian tentang eksplorasi konsep serta aktivitas matematis pada hasil budaya lokal namun minim manifestasi dalam konteks pembelajaran. Etnomatematika belum banyak menyentuh aspek-aspek pendidikan matematika formal termasuk problematika yang muncul. Pada penelitian ini suatu objek fraktal dirancang berdasarkan pola motif pada songket Lombok serta bentuk implikasinya dalam pembelajaran berbasis etno-STEM. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang menggunakan model ADDIE. Penelitian ini terdiri atas tiga tahapan yaitu analysis, design dan develop dimana tahap design terdiri atas dua fase, yaitu: fase pengembangan objek fraktal berdasarkan motif songket Lombok dan fase pengembangan bahan ajar berbasis etno-STEM. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa motif songket Lombok dapat digunakan sebagai pola dasar dalam perancangan suatu objek fraktal. Aplikasi MATLAB digunakan untuk memvisualisasikan objek fraktal tersebut. Adapun bahan ajar berbentuk slide PowerPoint dan lembar kerja mahasiswa memuat kaidah-kaidah geometri transformasi pada bidang, transformasi affine 2-dimensi dan penerapannya untuk merancang model matematika dari objek fraktal. Hasil uji validitas oleh dua orang ahli menunjukkan bahwa bahan ajar telah dinyatakan valid serta dapat digunakan pada tahap uji coba lapangan di masa mendatang.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Afifurrahman, A. (2015). IMPLEMENTASI TEOREMA COLLAGE UNTUK MENDESAIN SISTEM FUNGSI ITERASI (SFI): STUDI AWAL MENDESAIN SFI MOTIF SONGKET LOMBOK. Jurnal Pijar Mipa, 10(2). https://doi.org/10.29303/jpm.v10i2.21
Anggraini, L. D. F. (2019). GEOMETRI FRAKTAL DAN TRANSFORMASI GEOMETRI SEBAGAI DASAR PENGEMBANGAN MOTIF BATIK SEKAR JAGAD. Transformasi : Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 3(1), 1–14. https://doi.org/10.36526/tr.v3i1.384
Barnsley, M. F. (1988). Fractals Everywhere. Academic Press. https://books.google.co.id/books?id=5GzvAAAAMAAJ
Bustan, A. W., Salmin, M., & Talib, T. (2022). EKSPLORASI ETNOMATEMATIKA TERHADAP TRANSFORMASI GEOMETRI PADA BATIK MALEFO. Jurnal Pendidikan Matematika (Jupitek), 4(2), 87–94. https://doi.org/10.30598/jupitekvol4iss2pp87-94
Dewi, I. K. C., Yudianto, E., & Susanto. (2022). Development of Batik Daun Singkong Bondowoso motifs based on fractals as student worksheets. AIP Conference Proceedings, 2633(1), 030023. https://doi.org/10.1063/5.0104379
Fachrunnisa, Y. N., & Sari, C. K. (2023). ETNOMATEMATIKA : EKSPLORASI KONSEP TRANSFORMASI GEOMETRI PADA BATIK MELATI DESA KEBON, BAYAT. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 12(1), 294. https://doi.org/10.24127/ajpm.v12i1.5961
Faizah, S., Rahmawati, N. D., & Sa’adah, N. (2022). Teori Belajar Matematika (C. Mashuri & I. Rodliyah, Eds.; 1st ed.). PT. Indonesia Emas Group. https://eprints.unhasy.ac.id/161/1/Teori%20Belajar%20Matematika_Ebook%20%282%29.pdf
Farwati, R., Metafisika, K., Sari, I., Sitinjak, , Debora Suryani, Solikha, D. F., & Solfarina, S. (2021). STEM Education Implementation in Indonesia: A Scoping Review. International Journal of STEM Education for Sustainability, 1(1), 11–32. https://doi.org/10.53889/ijses.v1i1.2
Haji, S., Abdullah, M. I., Maizora, S., & Yumiati, Y. (2017). DEVELOPING STUDENTS’ ABILITY OF MATHEMATICAL CONNECTION THROUGH USING OUTDOOR MATHEMATICS LEARNING. Infinity Journal, 6(1), 11. https://doi.org/10.22460/infinity.v6i1.234
Hudson, C., & Whisler, V. R. (2008). Contextual Teaching and Learning for Practitioners. Journal on Systemics, Cybernetics and Informatics, 6, 54–58. https://api.semanticscholar.org/CorpusID:10784496
Indriati, M., Turmudi, & Dahlan, J. A. (2022). Aplikasi transformasi geometri pada etnomatematika. Math Educa, 6(2), 105–119.
Juniati, D., & Budayasa, I. K. (2017). PENGEMBANGAN BAHAN AJAR GEOMETRI FRAKTAL BERBASIS EKSPERIMEN UNTUK MENINGKATKAN KOMPETENSI MAHASISWA. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 36(1), 24–33. https://doi.org/10.21831/cp.v36i1.11660
Leung, A., & Bolite-Frant, J. (2015). Designing Mathematics Tasks: The Role of Tools. In A. Watson & M. Ohtani (Eds.), Task Design In Mathematics Education: an ICMI study 22 (pp. 191–225). Springer International Publishing. https://doi.org/10.1007/978-3-319-09629-2_6
Li, Y., Wang, K., Xiao, Y., & Froyd, J. E. (2020). Research and trends in STEM education: a systematic review of journal publications. International Journal of STEM Education, 7(1), 11. https://doi.org/10.1186/s40594-020-00207-6
Manoy, J. T., & Purbaningrum, M. (2021). Mathematical Literacy Based on Ethnomathematics of Batik Sidoarjo. Jurnal Didaktik Matematika, 8(2), 160–174. https://doi.org/10.24815/jdm.v8i2.21644
Nursila, R., Saputri, S., & Zulkarnain, Z. (2023). EKSPLORASI ETNOMATEMATIKA MATERI GEOMETRI PADA MOTIF KAIN SONGKET MELAYU PONTIANAK. Al-’Adad : Jurnal Tadris Matematika, 2(1), 41–50. https://doi.org/10.24260/add.v2i1.1594
Österman, T., & Bråting, K. (2019). Dewey and mathematical practice: revisiting the distinction between procedural and conceptual knowledge. Journal of Curriculum Studies, 51(4), 457–470. https://doi.org/10.1080/00220272.2019.1594388
Purnama, R., Utami, C., & Prihatiningtyas, N. C. (2020). Ekplorasi Etnomatematika DEksplorasi Etnomatematika dalam Motif Tenun Kain Lunggi Sambas Kalimantan Barat dan Implikasinya terhadap Pembelajaran Matematikaalam Motif Tenun kain Lunggi Sambas kalimantan Barat Dan Implikasinya Terhadap Pembelajaran. Variabel, 3(1), 36. https://doi.org/10.26737/var.v3i1.1307
Rahmadhani, S. E., Sabara, I. M., & Marhayati, M. (2024). PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS ETNOMATEMATIKA BATIK KAWUNG PADA MATERI UNSUR-UNSUR LINGKARAN. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 13(1), 116. https://doi.org/10.24127/ajpm.v13i1.8078
Ratna Sari, J. R., & Sari Faradiba, S. (2023). Pelatihan Aplikasi Geogebra Pada Materi Transformasi Geometri Pada Siswa Smp Assa’idiyyah Kepanjen. Jurnal Pengabdian Masyarakat Dan Riset Pendidikan, 1(3), 132–139. https://doi.org/10.31004/jerkin.v1i3.29
Reese, H. W. (2011). The learning-by-doing principle. Behavioral Development Bulletin, 17(1), 1–19. https://doi.org/10.1037/h0100597
Shernoff, D. J., Sinha, S., Bressler, D. M., & Ginsburg, L. (2017). Assessing teacher education and professional development needs for the implementation of integrated approaches to STEM education. International Journal of STEM Education, 4(1), 13. https://doi.org/10.1186/s40594-017-0068-1
Slamet, Mufinnun, N. F., Sholahudin, Hidayati, W. S., & Tristanti, L. B. (2023). Implementasi media pembelajaran kalkulator transformasi geometri terhadap peningkatan pengetahuan peserta didik. JP-Mas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat STKIP PGRI Jombang, 5(2), 49–60. https://doi.org/https://doi.org/10.32682/jp-mas.v5i2.3484
Sudirman, S., Son, A. L., & Rosyadi, R. (2018). Penggunaan Etnomatematika Pada Batik Paoman Dalam Pembelajaran Geomteri Bidang di Sekolah Dasar. IndoMath: Indonesia Mathematics Education, 1(1), 27. https://doi.org/10.30738/indomath.v1i1.2093
Sutarto, S., Hastuti, I. D., & Supiyati, S. (2021). Etnomatematika: Eksplorasi Transformasi Geometri Tenun Suku Sasak Sukarara. Jurnal Elemen, 7(2), 324–335. https://doi.org/10.29408/jel.v7i2.3251
Turmuzi, M. (2022). Meta Analisis: Pengaruh Pembelajaran Berbasis Etnomatematika terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. JPMI: Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 5(5), 1525–1534.
Turmuzi, M., Sudiarta, I. G., & Suharta, I. G. (2022). Systematic Literature Review: Etnomatematika Kearifan Lokal Budaya Sasak. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1). https://doi.org/10.31004/cendekia.v6i1.1183
Wikipedia contributors. (2024, April 18). Koch snowflake. Wikipedia, The Free Encyclopedia. https://en.wikipedia.org/w/index.php?title=Koch_snowflake&oldid=1219579871
DOI: http://dx.doi.org/10.24127/ajpm.v13i4.8959
Refbacks
- There are currently no refbacks.
.png)

.png)
