ETNOMATEMATIKA MOTIF SONGKET LOMBOK DAN IMPLIKASINYA PADA PENDIDIKAN STEM

Afifurrahman Afifurrahman(1*), Parhaini Andriani(2),

(1) Universitas Islam Negeri Mataram
(2) Universitas Islam Negeri Mataram
(*) Corresponding Author


Abstract


Selama beberapa tahun terakhir, etnomatematika khususnya di Indonesia didominasi oleh kajian tentang eksplorasi konsep serta aktivitas matematis pada hasil budaya lokal namun minim manifestasi dalam konteks pembelajaran. Etnomatematika belum banyak menyentuh aspek-aspek pendidikan matematika formal termasuk problematika yang muncul. Pada penelitian ini suatu objek fraktal dirancang berdasarkan pola motif pada songket Lombok serta bentuk implikasinya dalam pembelajaran berbasis etno-STEM. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang menggunakan model ADDIE. Penelitian ini terdiri atas tiga tahapan yaitu analysisdesign dan develop dimana tahap design terdiri atas dua fase, yaitu: fase pengembangan objek fraktal berdasarkan motif songket Lombok dan fase pengembangan bahan ajar berbasis etno-STEM. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa motif songket Lombok dapat digunakan sebagai pola dasar dalam perancangan suatu objek fraktal. Aplikasi MATLAB digunakan untuk memvisualisasikan objek fraktal tersebut. Adapun bahan ajar berbentuk slide PowerPoint dan lembar  kerja mahasiswa memuat kaidah-kaidah geometri transformasi pada bidang, transformasi affine 2-dimensi dan penerapannya untuk merancang model matematika dari objek fraktal. Hasil uji validitas oleh dua orang ahli menunjukkan bahwa bahan ajar telah dinyatakan valid serta dapat digunakan pada tahap uji coba lapangan di masa mendatang.


Keywords


Etnomatematika; Fraktal; Pemodelan matematika; Pendidikan STEM

References


Afifurrahman, A. (2015). IMPLEMENTASI TEOREMA COLLAGE UNTUK MENDESAIN SISTEM FUNGSI ITERASI (SFI): STUDI AWAL MENDESAIN SFI MOTIF SONGKET LOMBOK. Jurnal Pijar Mipa, 10(2). https://doi.org/10.29303/jpm.v10i2.21

Anggraini, L. D. F. (2019). GEOMETRI FRAKTAL DAN TRANSFORMASI GEOMETRI SEBAGAI DASAR PENGEMBANGAN MOTIF BATIK SEKAR JAGAD. Transformasi : Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 3(1), 1–14. https://doi.org/10.36526/tr.v3i1.384

Barnsley, M. F. (1988). Fractals Everywhere. Academic Press. https://books.google.co.id/books?id=5GzvAAAAMAAJ

Bustan, A. W., Salmin, M., & Talib, T. (2022). EKSPLORASI ETNOMATEMATIKA TERHADAP TRANSFORMASI GEOMETRI PADA BATIK MALEFO. Jurnal Pendidikan Matematika (Jupitek), 4(2), 87–94. https://doi.org/10.30598/jupitekvol4iss2pp87-94

Dewi, I. K. C., Yudianto, E., & Susanto. (2022). Development of Batik Daun Singkong Bondowoso motifs based on fractals as student worksheets. AIP Conference Proceedings, 2633(1), 030023. https://doi.org/10.1063/5.0104379

Fachrunnisa, Y. N., & Sari, C. K. (2023). ETNOMATEMATIKA : EKSPLORASI KONSEP TRANSFORMASI GEOMETRI PADA BATIK MELATI DESA KEBON, BAYAT. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 12(1), 294. https://doi.org/10.24127/ajpm.v12i1.5961

Faizah, S., Rahmawati, N. D., & Sa’adah, N. (2022). Teori Belajar Matematika (C. Mashuri & I. Rodliyah, Eds.; 1st ed.). PT. Indonesia Emas Group. https://eprints.unhasy.ac.id/161/1/Teori%20Belajar%20Matematika_Ebook%20%282%29.pdf

Farwati, R., Metafisika, K., Sari, I., Sitinjak, , Debora Suryani, Solikha, D. F., & Solfarina, S. (2021). STEM Education Implementation in Indonesia: A Scoping Review. International Journal of STEM Education for Sustainability, 1(1), 11–32. https://doi.org/10.53889/ijses.v1i1.2

Haji, S., Abdullah, M. I., Maizora, S., & Yumiati, Y. (2017). DEVELOPING STUDENTS’ ABILITY OF MATHEMATICAL CONNECTION THROUGH USING OUTDOOR MATHEMATICS LEARNING. Infinity Journal, 6(1), 11. https://doi.org/10.22460/infinity.v6i1.234

Hudson, C., & Whisler, V. R. (2008). Contextual Teaching and Learning for Practitioners. Journal on Systemics, Cybernetics and Informatics, 6, 54–58. https://api.semanticscholar.org/CorpusID:10784496

Indriati, M., Turmudi, & Dahlan, J. A. (2022). Aplikasi transformasi geometri pada etnomatematika. Math Educa, 6(2), 105–119.

Juniati, D., & Budayasa, I. K. (2017). PENGEMBANGAN BAHAN AJAR GEOMETRI FRAKTAL BERBASIS EKSPERIMEN UNTUK MENINGKATKAN KOMPETENSI MAHASISWA. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 36(1), 24–33. https://doi.org/10.21831/cp.v36i1.11660

Leung, A., & Bolite-Frant, J. (2015). Designing Mathematics Tasks: The Role of Tools. In A. Watson & M. Ohtani (Eds.), Task Design In Mathematics Education: an ICMI study 22 (pp. 191–225). Springer International Publishing. https://doi.org/10.1007/978-3-319-09629-2_6

Li, Y., Wang, K., Xiao, Y., & Froyd, J. E. (2020). Research and trends in STEM education: a systematic review of journal publications. International Journal of STEM Education, 7(1), 11. https://doi.org/10.1186/s40594-020-00207-6

Manoy, J. T., & Purbaningrum, M. (2021). Mathematical Literacy Based on Ethnomathematics of Batik Sidoarjo. Jurnal Didaktik Matematika, 8(2), 160–174. https://doi.org/10.24815/jdm.v8i2.21644

Nursila, R., Saputri, S., & Zulkarnain, Z. (2023). EKSPLORASI ETNOMATEMATIKA MATERI GEOMETRI PADA MOTIF KAIN SONGKET MELAYU PONTIANAK. Al-’Adad : Jurnal Tadris Matematika, 2(1), 41–50. https://doi.org/10.24260/add.v2i1.1594

Österman, T., & Bråting, K. (2019). Dewey and mathematical practice: revisiting the distinction between procedural and conceptual knowledge. Journal of Curriculum Studies, 51(4), 457–470. https://doi.org/10.1080/00220272.2019.1594388

Purnama, R., Utami, C., & Prihatiningtyas, N. C. (2020). Ekplorasi Etnomatematika DEksplorasi Etnomatematika dalam Motif Tenun Kain Lunggi Sambas Kalimantan Barat dan Implikasinya terhadap Pembelajaran Matematikaalam Motif Tenun kain Lunggi Sambas kalimantan Barat Dan Implikasinya Terhadap Pembelajaran. Variabel, 3(1), 36. https://doi.org/10.26737/var.v3i1.1307

Rahmadhani, S. E., Sabara, I. M., & Marhayati, M. (2024). PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS ETNOMATEMATIKA BATIK KAWUNG PADA MATERI UNSUR-UNSUR LINGKARAN. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 13(1), 116. https://doi.org/10.24127/ajpm.v13i1.8078

Ratna Sari, J. R., & Sari Faradiba, S. (2023). Pelatihan Aplikasi Geogebra Pada Materi Transformasi Geometri Pada Siswa Smp Assa’idiyyah Kepanjen. Jurnal Pengabdian Masyarakat Dan Riset Pendidikan, 1(3), 132–139. https://doi.org/10.31004/jerkin.v1i3.29

Reese, H. W. (2011). The learning-by-doing principle. Behavioral Development Bulletin, 17(1), 1–19. https://doi.org/10.1037/h0100597

Shernoff, D. J., Sinha, S., Bressler, D. M., & Ginsburg, L. (2017). Assessing teacher education and professional development needs for the implementation of integrated approaches to STEM education. International Journal of STEM Education, 4(1), 13. https://doi.org/10.1186/s40594-017-0068-1

Slamet, Mufinnun, N. F., Sholahudin, Hidayati, W. S., & Tristanti, L. B. (2023). Implementasi media pembelajaran kalkulator transformasi geometri terhadap peningkatan pengetahuan peserta didik. JP-Mas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat STKIP PGRI Jombang, 5(2), 49–60. https://doi.org/https://doi.org/10.32682/jp-mas.v5i2.3484

Sudirman, S., Son, A. L., & Rosyadi, R. (2018). Penggunaan Etnomatematika Pada Batik Paoman Dalam Pembelajaran Geomteri Bidang di Sekolah Dasar. IndoMath: Indonesia Mathematics Education, 1(1), 27. https://doi.org/10.30738/indomath.v1i1.2093

Sutarto, S., Hastuti, I. D., & Supiyati, S. (2021). Etnomatematika: Eksplorasi Transformasi Geometri Tenun Suku Sasak Sukarara. Jurnal Elemen, 7(2), 324–335. https://doi.org/10.29408/jel.v7i2.3251

Turmuzi, M. (2022). Meta Analisis: Pengaruh Pembelajaran Berbasis Etnomatematika terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. JPMI: Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 5(5), 1525–1534.

Turmuzi, M., Sudiarta, I. G., & Suharta, I. G. (2022). Systematic Literature Review: Etnomatematika Kearifan Lokal Budaya Sasak. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1). https://doi.org/10.31004/cendekia.v6i1.1183

Wikipedia contributors. (2024, April 18). Koch snowflake. Wikipedia, The Free Encyclopedia. https://en.wikipedia.org/w/index.php?title=Koch_snowflake&oldid=1219579871




DOI: http://dx.doi.org/10.24127/ajpm.v13i4.8959

Refbacks

  • There are currently no refbacks.