PENGEMBANGAN MEDIA WHITEBOARD ANIMATION BERBASIS PENDEKATAN SAINTIFIK UNTUK MEMFASILITASI PENINGKATAN KEMANDIRIAN BELAJAR

Sintia Wulandari(1*), Hartono Hartono(2), Wahyu Setyaningrum(3),

(1) Universitas Negeri Yogyakarta
(2) Universitas Negeri Yogyakarta
(3) Universitas Negeri Yogyakarta
(*) Corresponding Author


Abstract


Masalah yang dihadapi dalam pelaksanaan pembelajaran matematika, salah satunya adalah belum maksimalnya pemanfaatan teknologi yang berakibat pada timbulnnya kejenuhan siswa dalm belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media whiteboard animation berbasis pendekatan saintifik untuk memfasilitasi peningkatan kemadirian belajar. Subjek penelitian  yaitu siswa kelas VIII SMP Negeri 10 Yogyakarta. Desain media whiteboard animation berbasis pendekatan saintifik yang dihasilkan diimplementasi dengan menggunakan langkah ADDIE. Penelitian ini dilakukan dengan mengumpulkan data dari angket validasi yaitu ahli materi dan ahli media, angket respon siswa, dan angket kemandirian belajar siswa. Teknis analisis data yang digunakan penelitian terdiri dari analisis data kevalidan, data kepraktisan, dan data kemandirian belajar. Hasil penelitian dari uji kevalidan media whiteboard animation berbasis pendekatan saintifik menyatakan bahwa kriteria valid, dari nilai rata-rata penilaian ahli materi diperoleh sebesar 4,55 dengan kategori sangat baik  dan nilai rata-rata penilaian ahli media diperoleh sebesar 4,29 dengan kategori sangat baik . Uji kepraktisan siswa respon siswa diperoleh nilai rata-rata sebesar 3, 53 dengan kategori sangat baik . Uji kemandirian belajar diperoleh nilai rata-rata sebesar 3, 60 dengan kategori baik . Hal ini dapat disimpulkan bahwa media whiteboard animation berbasis pendekatan saintifiik ini valid, praktis, dan efektif dalam menfasilitasi peningkatan kemandirian belajar siswa.


Keywords


Kemandirian Belajar; Pendekatan Saintifik; Whiteboard Animation

References


Alifah, Z. N., & Utami, N. S. (2022). Mengembangkan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Videoscribe Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas Viii Smp. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 11(4), 3399. https://doi.org/10.24127/ajpm.v11i4.6151

Asmaranti, W., & Retnowati, E. (2019). Learning how to reason in geometry supported by video in YouTube. Journal of Physics: Conference Series, 1320(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1320/1/012009

Dick, W., & Carey, L. (1996). The systematic design of instruction. 4th ed. New York, NY: Harper Collin.

Erbas, A. K., Ince, M., & Kaya, S. (2015). Learning mathematics with interactive whiteboards and computer-based graphing utility. Journal of Educational Technology & Society, 18(2), 299–312.

Heriyadi, H., & Prahmana, R. C. I. (2020). Pengembangan Lembar Kegiatan Siswa Menggunakan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(2), 395–412. https://doi.org/10.24127/ajpm.v9i2.2782

Jahro, S., & Ridho, D. (2015). Penerapan Model Problem Based Learning Menggunakan Media Exe Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Kerjasama Siswa Pada Materi Hidrokarbon. Jurnal Pendidikan Kimia, 7(3), 80–86. https://doi.org/10.26877/jipmat.v5i2.6624

Juliana, Ekawati, D., & Basir, F. (2014). Deskripsi kemampuan pemecahan masalah matematika siswa dalam menyelesaikan soal sistem persamaan linear dua variabel. Pedagogy, 2(1), 121–133.

Khairunnisa, G. F., & Ilmi, Y. I. N. (2020). Media Pembelajaran Matematika Konkret Versus Digital: Systematic Literature Review di Era Revolusi Industri 4.0. Jurnal Tadris Matematika, 3(2), 131–140. https://doi.org/10.21274/jtm.2020.3.2.131-140

Koçak, Ö., & Gülcü, A. (2013). Teachers ’ Remarks on Interactive Whiteboard with LCD Panel Technology To cite this article : Teachers ’ Remarks on Interactive Whiteboard with LCD Panel Technology. International Journal of Education in Mathematics, Science and Technology, 1(2), 294–300.

Kulsum, U., & Kustono, D. (2017). Improvement of Learning Independence and Learning Outcomes on Textile Course through Hybrid Learning Model. IOSR Journal Of Humanities And Social Science (IOSR-JHSS, 22(8), 1. https://doi.org/10.9790/0837-2208030105

Lefebvre, S. (2006). November, 2006, Adelaide, Australia. ICT implementation stages of primary school teachers: The practices and conceptions of teaching and learning, 1–25.

Nurhikmayati, I., & Sunendar, A. (2020). Pengembangan project based learning berbasis kearifan lokal berorientasi pada kemampuan berpikir kreatif dan kemandirian belajar. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(1), 1–12.

Pratiwi, E. D., Latifah, S., & Mustari, M. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Menggunakan Sparkol Videoscribe. Indonesian Journal of Science and Mathematics Education, 2(3), 303–309. https://doi.org/10.24042/ijsme.v2i3.4355

Puspitarini, Y. D., & Hanif, M. (2019). Using Learning Media to Increase Learning Motivation in Elementary School. Anatolian Journal of Education, 4(2), 53–60. https://doi.org/10.29333/aje.2019.426a

Rijal, A., & Azimi, A. (2021). Development of digital mathematics teaching materials in elementary schools using whiteboard animation for primary teacher education students STKIP PGRI Lubuklinggau. Journal of Physics: Conference Series, 1987(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1987/1/012002

Robiana, A., & Handoko, H. (2020). Pengaruh Penerapan Media UnoMath untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis dan Kemandirian Belajar Siswa. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(3), 521–532. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v9i3.772

Santi, I. K. L., & Santosa, R. H. (2016). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Menggunakan Pendekatan Saintifik pada Materi Pokok Geometri Ruang SMP. PYTHAGORAS: Jurnal Pendidikan Matematika, 11(1), 35. https://doi.org/10.21831/pg.v11i1.9673

Sulistyani, D., Roza, Y., & Maimunah. (2020). J urnal Pendidikan Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika, 11(1), 67–76. Diambil dari http://ojs.uho.ac.id/index.php/jpm

Türkay, S. (2016). The effects of whiteboard animations on retention and subjective experiences when learning advanced physics topics. Computers and Education, 98, 102–114. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2016.03.004

Wiastuti, Suadnyana, & K. (2014). Pengaruh Pembelajaran Siklus Belajar (Learning Cycle) Berbantuan Media Audio Visual Terhadap Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas V Sd Gugus Budi Utomo. Mimbar PGSD Undiksha, 2(1).

Wibowo, Edy , Matona, M. F. D. (2019). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS WHITEBOARD ANIMATIONPADA MATAKULIAH TRIGONOMETRI PROGRAM STUDI PENDIDIKAN MATEMATIKA UNIVERSITAS TOMPOTIKA LUWUK. Pythagoras: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2), 60–71. https://doi.org/10.32939/tarbawi.v15i02.466

Widodo, S. A., & Wahyudin. (2018). Selection of Learning Media Mathematics for Junior School Students. Turkish Online Journal of Educational Technology - TOJET, 17(1), 154–160. Diambil dari https://eric.ed.gov/?id=EJ1165728

Wijayanti, R., Hasan, B., & Loganathan, R. K. (2018). Media comic math berbasis whiteboard annimation dalam pelajaran matematika. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 5(1), 53–63. https://doi.org/10.21831/jrpm.v5i1.19207




DOI: http://dx.doi.org/10.24127/ajpm.v13i1.8955

Refbacks

  • There are currently no refbacks.