PENGEMBANGAN SOAL OPEN ENDED MATEMATIKA BERKONTEKS COVID-19 UNTUK MENGUKUR HIGHER ORDER THINKING SKILLS

Indriyani Indriyani(1*), Sugianto Sugianto(2), Agung Hartoyo(3),

(1) Universitas Tanjungpura
(2) Universitas Tanjungpura
(3) Universitas Tanjungpura
(*) Corresponding Author


Abstract


Permasalahan yang ditemui di lapangan adalah soal-soal yang diberikan guru dalam proses belajar mengajar cenderung soal-soal rutin dan belum mencerminkan` soal yang dapat membantu siswa mengasah kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa. Minimnya soal-soal level kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa yang dibuat berdasarkan indikator kemampuan berpikir matematis siswa. Oleh karena itu, tujuan penelitian ini adalah untuk mengukur higher order thinking skills dalam menyelesaikan soal tes matematika SMP/MTs open-ended yang dikembangkan dengan konteks COVID-19 yang memenuhi kriterai valid, praktis, dan efektif untuk meningkatkan HOTS siswa. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development) dengan menggunakan model formative reseacrh. Model pengembangan terdiri atas empat tahap, yaitu self evaluation, prototyping (validasi, evaluasi dan revisi), dan field test (uji lapangan). Subjek penelitian dalam penelitian ini adalah siswa, guru dan peneliti. Siswa dari sekolah MTS N 1 Ketapang Kelas VII C sesi 1 sebanyak 17 siswa tahun pelajaran 2020/2021. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kevalidan dilihat dari hasil penilaian validator, dimana semua validator menyatakan sudah baik berdasarkan konten, konstruk, dan bahasa. Selain itu, kevalidan soal open-ended ini tergambar setelah dilakukan analisis validasi soal yang berkategori valid yang bernilai rata-rata 80.5%. Kepraktisan dilihat dari hasil field tes yang memperoleh nilai rata-rata sebesar 77,18 yang tergolong dalam kategori baik. Prototype soal open-ended berkonteks covid-19 yang dikembangkan memilki efek potensial yang positif terhadap kemampuan berfikir tingkat tiggi siswa MTs N 1 Ketapang  terlihat dari rata-rata tes adalah 77,35 %.

 

The problem encountered in the field is that the questions given by teachers in the teaching and learning process tend to be routine questions and do not reflect questions that can help students hone their high-level thinking skills. The lack of questions on the level of students' high-level thinking abilities which are made based on indicators of students' mathematical thinking abilities. Therefore, the aim of this research is to measure higher order thinking skills in solving open-ended SMP/MTs mathematics test questions developed in the context of COVID-19 that meet the criteria of being valid, practical, and effective for increasing student HOTS. This research is development research (Research and Development) using a formative research model. The development model consists of four stages, namely self evaluation, prototyping (validation, evaluation and revision), and field test (field test). The research subjects in this study were students, teachers and researchers. There are 17 students from the MTS N 1 Ketapang Class VII C session 1 school for the 2020/2021 school year. The research results show that validity is seen from the results of the validator assessment, where all validators stated that it was good based on content, construct and language. Apart from that, the validity of these open-ended questions was illustrated after validation analysis of questions categorized as valid with an average score of 80.5%. Practicality can be seen from the field test results which obtained an average score of 77.18 which is classified as good. The open-ended prototype questions with the Covid-19 context that were developed have a positive potential effect on the high level thinking abilities of MTs N 1 Ketapang students as seen from the test average of 77.35%.


Keywords


COVID-19; HOTS; Open Ended; Pengembangan

References


Agustianingsih, A., Lusiana, L., & Kesumawati, N. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Materi Kubus Berdasarkan Pendekatan Open Ended Berbantuan Geogebra. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(3), 1787–1796. https://doi.org/10.24127/ajpm.v10i3.4014

Aprianka, S., Setiani, A., & Imswatama, A. (2021). Validitas E-Modul Berbasis Open Ended Meteri Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Pada Pembelajaran Daring untuk Siswa SMK. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 05(03), 3111–3122. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i3.896

Auliah, L., Syaiful, S., & Syamsurizal, S. (2020). Pengembangan Modul Digital Pembelajaran Matematika Berbasis Pendekatan Open Ended Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis. Jurnal Pendidikan Matematika, 11(1), 13. https://doi.org/10.36709/jpm.v11i1.9885

Junita, S., & Kashardi, K. (2021). Pengembangan Soal Open-Ended Berorientasi ppada Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Materi Operasi Pecahan untuk Siswa SMP Kelas VII. Jurnal MATH-UMB.EDU, 9(1), 43–49. https://doi.org/https://doi.org/10.36085/math-umb.edu.v9i1.2435

Kurniawan, H., Ilma, R., Putri, I., & Hartono, Y. (2018). Developing Open-Ended Questions for Surface Area and Volume of Beam. Journal on Mathematics Education, 9(1), 157–168. Retrieved from https://eric.ed.gov/?id=EJ1173654

Lestari, A., & Syafri, F. S. (2021). Pengembangan Soal Open-Ended Berbasis RME Materi Geometri (Luas Permukaan dan Volume Balok). Jurnal Pendidikan Matematika, 12(1), 14. https://doi.org/10.36709/jpm.v12i1.14789

Masitoh, L. F., & Aedi, W. G. (2020). Pengembangan Instrumen Asesmen Higher Order Thinking Skills (HOTS) Matematika di SMP Kelas VII. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika , 4(2), 886–897. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/cendekia.v4i2.328

Murwaningsih, T., & Fauziah, M. (2021). The Development of Open-Ended Questions Test to Measure Divergent Thinking Skills: The Development of Open-Ended Questions Test. Proceedings of the 5th International Conference on Learning Innovation and Quality Education, 1–7. https://doi.org/https://doi.org/10.29333/ejmste/13025

Nurhayati, N., Sugiatno, S., & Sayu, S. (2023). Developing HOTS-Based Open Ended Test on Geometry for Junior High School. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 12(1), 406–418. https://doi.org/10.24127/ajpm.v12i1.6132

Nurhidayah, L., Siregar, H., & Octariani, D. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Open-Ended Berbantuan Smart Apps Creator untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa di MTs PPP Mawaridussalam. Jurnal Pembelajaran Dan Matematika Sigma (JPMS), 8(2), 427–437. https://doi.org/10.36987/jpms.v8i2.3278

Prabowo, A., & Dahlan, J. A. (2020). Pengembangan Tes Matematika dengan Konteks COVID-19 untuk Siswa SMP/MTs Kelas VIII. Jurnal Elemen, 6(2), 302–317. https://doi.org/10.29408/jel.v6i2.2115

Ristontowi, R., & Riwayati, S. (2020). Pengembangan Soal Open Ended uuntuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Mahasiswa. Indiktika : Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika , 3(1), 26–34. https://doi.org/https://doi.org/10.31851/indiktika.v3i1.4931

Salsabila, Z., & Suparni, S. (2022). Pengaplikasian Batik Sidoluhur dalam Pembelajaran Matematika Realistik Berbasis Soal Open-Ended untuk Memfasilitasi Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa. RANGE: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 98–112. https://doi.org/https://doi.org/10.32938/jpm.v3i2.1247

Saputri, R., & Hariyadi, B. (2021). Pengembangan Soal Higher Order Thinking Skills Berbasis Budaya Jambi. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 05(02), 1793–1806. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i2.678

Simanjuntak, E. K. (2023). Pengembangan Soal-Soal Open Ended pada Pokok Bahasan Persamaan Linear Dua Variabel Berbasis Youtube Berbantuan Google Classroom dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif di Kelas VIII SMP Nusa Penida Medan. Cartesius: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 102–114. Retrieved from https://ejournal.ust.ac.id/index.php/CARTESIUS/article/view/2419

Solahudin, I. (2022). Analisis Open-Ended Problem Sebagai Penilaian Matematika Selama Pembelajaran di Era Pandemic Covid-19. Jurnal Edukasi dan Sains Matematika (JES-MAT), 8(1), 33–46. https://doi.org/10.25134/jes-mat.v8i1.5378

Susanti, C., Rizki, S., & Farida, N. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Open-Ended Disertai ICT dan Nilai-Nilai Islam Materi Sistem Persamaan Linear. EMTEKA: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 49–60.

Tute, K. J., & Suryani, L. (2021). Efektivitas Pembelajaran Jarak Jauh di Masa Pandemi Covid 19 pada Mahasiswa Pendidikan Matematika Universitas Flores. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(4), 2835–2847. https://doi.org/10.24127/ajpm.v10i4.4354

Ulandari, R., Basri Said, H., Defitriani, E. (2020). Pengembangan Soal Open Ended untuk Mengukur Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa pada Materi Lingkaran Kelas VIII SMP Negeri 9 Kota Jambi. Jurnal Pendidikan Matematika, 4(3), 738–748. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i3.426

Yusliriadi, Y., Darmawijoyo, D., & Somakin, S. (2015). Pengembangan Soal Open-Ended Pokok Bahasan Barisan dan Deret Bilangan untuk Siswa SMP. Jurnal Elemen, 1(2), 106–118. https://doi.org/https://doi.org/10.29408/jel.v1i2.85




DOI: http://dx.doi.org/10.24127/ajpm.v13i3.8770

Refbacks

  • There are currently no refbacks.