ANALISIS KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIKA DAN HABITS OF MIND
(1) Universitas Negeri Yogyakarta
(2) Universitas Negeri Yogyakarta
(*) Corresponding Author
Abstract
Kemampuan yang diperlukan di abad ke-21 ini salah satunya adalah literasi matematika. Hasil kognitif atau literasi matematika dipengaruhi oleh beberapa faktor termasuk habits of mind. Penelitian ini mengusung tujuan untuk menguraikan kapasitas literasi matematika pada siswa SMP kelas 9, menggambarkan kebiasaan berpikir atau habits of mind yang mereka miliki, serta memeriksa korelasi antara habits of mind tersebut dengan literasi matematika mereka. Dalam upaya meneliti hal ini, digunakan pendekatan kualitatif dengan melibatkan 31 siswa dari kelas 9F SMP Negeri 1 Imogiri, Kabupaten Bantul. Data dikumpulkan menggunakan metode tes dan non-tes, dimana tes berupa soal untuk menilai literasi matematika dan non-tes berupa angket untuk menilai habits of mind. Proses analisis data meliputi pengumpulan data, reduksi data, analisis, dan penarikan kesimpulan. Hasilnya menunjukkan bahwa secara umum, kemampuan literasi matematika siswa berada pada tingkat sedang, namun pada domain konten geometri (space and shape) mereka menunjukkan hasil yang rendah. Kemudian habits of mind yang dimiliki siswa secara umum kategori tinggi. Habits of mind tidak berpengaruh siginifikan terhadap literasi matematika. Hubungan antara habits of mind dan literasi matematika adalah lemah tapi pasti.
One of the skills needed in the 21st century is mathematical literacy. Cognitive outcomes or mathematical literacy are influenced by several factors including habits of mind. This research aims to elucidate the capacity of mathematical literacy in 9th-grade junior high school students, describe the habits of mind they possess, and examine the correlation between these habits of mind and their mathematical literacy. In attempting to investigate this, a qualitative approach involving 31 students from class 9F of State Junior High School 1 Imogiri, Bantul Regency, was employed. Data were collected using both test and non-test methods, where the test consisted of questions to assess mathematical literacy and the non-test method involved a questionnaire to evaluate habits of mind. The data analysis process included data collection, data reduction, analysis, and conclusion drawing. The results indicate that overall, the students' mathematical literacy skills are at a moderate level, but in the geometry content domain (space and shape), they show low results. Additionally, the students generally possess habits of mind in the high category. However, habits of mind do not significantly influence mathematical literacy. The relationship between habits of mind and mathematical literacy is weak but definite.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Abdel, Y., & Elyousif, K. (2013). Assessing Secondary School Teachers’ Performance in Develeoping Habits of Mind for The Students. International Interdiscipilinary Journal of Education, 2(2).
Ahmad, M., & Nasution, D. P. (2018). Analisis Kualitatif Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Yang Diberi Pembelajaran Matematika Realistik. Jurnal Gantang, 3(2), 83–95. https://doi.org/10.31629/jg.v3i2.471
Alhamlan, S., Aljasser, H., Almajed, A., Almansour, H., & Alahmad, N. (2017). A Systematic Review: Using Habits of Mind to Improve Student’s thinking in Class. Higher Education Studies, 8(1), 25. https://doi.org/10.5539/hes.v8n1p25
Altan, S., Lane, J. F., & Dottin, E. (2019). Using Habits of Mind, Intelligent Behaviors, and Educational Theories to Create a Conceptual Framework for Developing Effective Teaching Dispositions. Journal of Teacher Education, 70(2), 169–183. https://doi.org/10.1177/0022487117736024
Dwirahayu, G., Kustiawati, D., & Bidari, I. (2017). Corresponding Habits of Mind and Mathematical Ability. Journal of Physics: Conference Series, 895(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/895/1/012013
Faisol, A., Anggun, T., & Nurzeni, F. (2014). Pembuatan briket dari campuran limbah plastik ldpe, tempurung kelapa dan cangkang sawit. Teknik Kimia, 20(2), 45–54.
Hadi, L. S. (2018). Pemanfaatan Limbah Plastik Polyethylene Terepthalate (PET) Untuk Bahan Tambahan Pembuatan Paving Block. Jurnal Universitas Mataram, Vol. 1 No., 4.
Hoffmann, B. D. (2014). Quantification of supercolonial traits in the yellow crazy ant, Anoplolepis gracilipes. Journal of Insect Science, 14(1), 1–21. https://doi.org/10.1093/jis/14.1.25
Indriani, L. F., Yuliani, A., & Sugandi, A. K. (2018). Analisis Kemampuan Penalaran Matematis Dan Habits Of Mind Siswa SMP Dalam MateriSegiempat Dan Segitiga. Jurnal Math Educator Nusantara (JMEN), 4, 87–94. https://doi.org/10.29407/jmen.v4i2.11999
Lubis, R. S., Pramudya, I., & Subanti, S. (2021). Mathematics Literacy: Newman’s Error Analysis (NEA) Review from Habits of Mind. Proceedings of the International Conference of Mathematics and Mathematics Education (I-CMME 2021), 597, 237–245. https://doi.org/10.2991/assehr.k.211122.033
Malasari, P. N. (2019). Kontribusi Habits of Mind Terhadap Kemampuan Literasi Matematis Siswa Pada Materi Geometri. Jurnal Pendidikan Matematika (Kudus), 2(2), 153–164. https://doi.org/10.21043/jpm.v2i2.6361
Nurmala, N., Rohaeti, E. E., & Sariningsih, R. (2017). Pengaruh Habits of Mind (Kebiasaan Berpikir) terhadap Pemecahan Masalah Matematik Siswa SMP. Jurnal On Education, 01(02), 163–168.
Nuurjannah, P. E. I., Amaliyah, W., & Fitrianna, A. Y. (2018). Analisis Kemampuan Literasi Matematis Siswa SMP di Kabupaten Bandung Barat. Jurnal Math Educator Nusantara: Wahana Publikasi Karya Tulis Ilmiah Di Bidang Pendidikan Matematika, 4(1), 15. https://doi.org/10.29407/jmen.v4i01.12016
Nuurjannah, P. E. I., Hendriana, H., & Fitrianna, A. Y. (2018). Faktor Mathematical Habits of Mind dan Kemampuan Literasi Matematis Siswa SMP di Kabupaten Bandung Barat. Jurnal Mercumatika : Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika, 2(2), 51. https://doi.org/10.26486/jm.v2i2.423
OECD. (2019a). PISA 2018 Results. What school life means for students’ lives. In OECD Publishing. Retrieved from https://www.oecd.org/pisa/publications/PISA2018_CN_IDN.pdf
OECD. (2019b). PISA 2018 Results (Volume I). https://doi.org/10.1787/5f07c754-en
Purwanto, E., & Pramesti, G. (2014). Analisis Korespondensi Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Smansa Karanganyar Tahun Ajaran 2013/2014. Infinity Journal, 3(1), 101. https://doi.org/10.22460/infinity.v3i1.41
Purwasih, R., Sari, N. R., & Agustina, S. (2018). Analisis Kemampuan Literasi Matematika Dan Mathematical Habits Of Mind Siswa SMP Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar. Numeracy, 5(1), 67–76.
Rompas, J. J. I. (2015). Tambahan Pakan Buatan (Gula Tebu dan Aren) Terhadap Produksi Royal Jelly Lebah Madu Apis cerana F. Jurnal LPPM Bidang Sains Dan Teknologi, 2(1), 62–72.
Stacey, K., & Turner, R. (2015). Assessing mathematical literacy: The PISA experience. Assessing Mathematical Literacy: The PISA Experience, 1–321. https://doi.org/10.1007/978-3-319-10121-7
Wati, L. K., & Suendarti, M. (2020). Pengaruh Metakognisi dan Disposisi Matematik terhadap Literasi Matematika (Survei pada SMA Negeri di Kota Tangerang). Jurnal Pendidikan MIPA, 3(3), 1–13.
Wijaya, A., Effendi, Susanto, & Dewayani, S. (2021). Framework Asesmen Kompetensi Minimum ( Akm ). In Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Yılmazer, G., & Masal, M. (2014). The Relationship between Secondary School Students’ Arithmetic Performance and their Mathematical Literacy. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 152, 619–623. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2014.09.253
DOI: http://dx.doi.org/10.24127/ajpm.v13i2.8680
Refbacks
- ANALISIS KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIKA DAN HABITS OF MIND
- ANALISIS KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIKA DAN HABITS OF MIND