PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIKA

Muhammad Faisal(1*), Atmini Dhoruri(2), Faisa Nirbita Mahmudah(3),

(1) Universitas Negeri Yogyakarta
(2) Universitas Negeri Yogyakarta
(3) Universitas Negeri Yogyakarta
(*) Corresponding Author


Abstract


Literasi matematika merupakan kemampuan yang sangat penting bagi siswa di era pendidikan abad 21. Hal ini merupakan hasil dari kebutuhan untuk mengatasi berbagai kendala yang dihadapi masyarakat di dunia saat ini, namun kenyataannya siswa Indonesia memiliki kemampuan literasi matematika yang masih rendah. Oleh sebab itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan model problem based learning mempengaruhi kemampuan literasi matematika siswa dalam pembelajaran matematika.  Metode eksperimen semu dengan desain One group pretest posttest dipilih untuk digunakan dalam penelitian ini. Seluruh siswa kelas VII di salah satu SMPN di Yogyakarta menjadi populasi dalam penelitian. Sebanyak 29 siswa kelas VII C menjadi sampel penelitian. Tes tertulis yang memuat indikator kemampuan literasi matematika pada materi luas permukaan prisma dan limas digunakan sebagai alat untuk mengumpulkan data. Uji Wilcoxon digunakan untuk menguji hipotesis dengan menggunakan software SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model problem based learning memberikan dampak positif terhadap kemampuan literasi matematika siswa. Selain itu, jawaban siswa menjadi lebih sistematis setelah diberikan perlakuan.

 

Mathematical literacy is a very important ability for students in the 21st century education era. This is the result of the need to overcome various obstacles faced by society in the world today, but in reality Indonesian students have low mathematical literacy skills. Therefore, this study aims to determine whether the application of the problem-based learning model affects students' mathematical literacy skills in learning mathematics.   One group pretest posttest design was chosen to be used in this study. All seventh grade students in one of the public junior high schools in Yogyakarta became the population in the study. A total of 29 students of class VII C became the research sample. Written tests containing indicators of mathematical literacy skills on the surface area of prisms and pyramids were used to collect data. Wilcoxon test was used to test the hypothesis using SPSS software. The results showed that the use of problem-based learning model had a positive impact on students' mathematical literacy skills. In addition, students' answers became more systematic after the treatment.


Keywords


eksperimen; kemampuan literasi matematika; model problem based learning

References


Habibi, H., & Suparman, S. (2020). Literasi Matematika dalam Menyambut PISA 2021 Berdasarkan Kecakapan Abad 21. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 6(1), 57. https://doi.org/10.30998/jkpm.v6i1.8177

Hidayat, R., Roza, Y., & Murni, A. (2019). Peran Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) terhadap Kemampuan Literasi Matematis dan Kemandirian Belajar. JURING (Journal for Research in Mathematics Learning), 1(3), 213. https://doi.org/10.24014/juring.v1i3.5359

Imswatama, A., & Lukman, H. S. (2018). The Effectiveness of Mathematics Teaching Material Based on Ethnomathematics. International Journal of Trends in Mathematics Education Research, 1(1), 35–38. https://doi.org/10.33122/ijtmer.v1i1.11

Khoirudin, A., Dwi Styawati, R., & Nursyahida, F. (2017). Profil Kemampuan Literasi Matematika Siswa Berkemampuan Matematis Rendah Dalam Menyelesaikan Soal Berbentuk Pisa. Aksioma, 8(2), 33. https://doi.org/10.26877/aks.v8i2.1839

Maysarah, S., Saragih, S., & Napitupulu, E. (2023). Peningkatan Kemampuan Literasi Matematik Dengan Menggunakan Model Project-Based Learning. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 12(1), 1536. https://doi.org/10.24127/ajpm.v12i1.6627

Murtiyasa, B., Rejeki, S., & Ishartono, N. (2020). Profile of Students’ Error in Solving Mathematics Word Problems Based on PISA Frameworks. 467(Semantik 2019), 135–137. https://doi.org/10.2991/assehr.k.200827.131

Nguyen, A., Nguyen, D., Ta, P., & Tran, T. (2019). Preservice Teachers Engage in a Project-based Task: Elucidate Mathematical Literacy in a Reformed Teacher Education Program. International Electronic Journal of Mathematics Education, 15(1), 657–666. https://doi.org/10.29333/iejme/5778

Nolaputra, A. P. (2018). 4 Documents. Rome’s Apostolic Heritage, 1, 103–340. https://doi.org/10.1515/9783110765519-004

Nugraha, T. S., & Mahmudi, A. (2015). Keefektifan Pembelajaran Berbasis Masalah Dan Problem Posing. PYTHAGORAS: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 107–120.

OECD. (2019). PISA 2018 Assessment and Analytical Framework. In OECD Publishing.

Paloloang, M. F. B., Juandi, D., Tamur, M., Paloloang, B., & Adem, A. M. G. (2020). Meta Analisis: Pengaruh Problem-Based Learning Terhadap Kemampuan Literasi Matematis Siswa Di Indonesia Tujuh Tahun Terakhir. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(4), 851. https://doi.org/10.24127/ajpm.v9i4.3049

Pranitasari, D., & Ratu, N. (2020). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Pisa Pada Konten Change and Relationship. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(4), 1235. https://doi.org/10.24127/ajpm.v9i4.2685

Pratiwi, D., & Ramdhani, S. (2017). Penerapan Model Problem Based Learning ( Pbl ) Untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematis Siswa Smk. Jurnal Gammath, 2(2), 1–13.

Purwanti, A. F., Mutrofin, M., & Alfarisi, R. (2021). Analisis Literasi Matematika Ditinjau dari Kecerdasan Matematis-Logis Siswa (Analysis of Mathematical Literacy in View of Students’ Mathematical-Logical Intelligence). Jurnal Ilmu Pendidikan Sekolah Dasar, 8(1), 40–56.

Putri, A., Sumardani, D., Rahayu, W., Hajizah, M. N., & Rahman, A. (2020). Kemampuan Literasi Matematika Menggunakan Bar Model Pada Materi Aljabar. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(2), 338–347. https://doi.org/10.24127/ajpm.v9i2.2744

Rahmawati, W. A., Usodo, B., & Fitriana, D. L. (2021). Mathematical Literacy Skills Students of the Junior High School in Solving PISA-Like Mathematical Problems. IOP Conference Series: Earth and Environmental Science, 1808(1), 0–10. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1808/1/012045

Robert, D. (1999). How to Use Problem-Based Learning in the Classroom / Problems as ... In Acsd. http://books.google.co.uk/books?id=9nZPZ6N27EEC

Rohim, D. C. (2021). Konsep Asesmen Kompetensi Minimum untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Numerasi Siswa Sekolah Dasar. Jurnal VARIDIKA, 33(1), 54–62. https://doi.org/10.23917/varidika.v33i1.14993

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D (23rd ed.). Alfabeta.

Suharyono, E., & Rosnawati, R. (2020). Analisis Buku Teks Pelajaran Matematika SMP ditinjau dari Literasi Matematika. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(3), 451–462. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v9i3.819

Susanto, E., & Retnawati, H. (2016). Perangkat pembelajaran matematika bercirikan PBL untuk mengembangkan HOTS siswa SMA. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 3(2), 189–197. https://doi.org/10.21831/jrpm.v3i2.10631




DOI: http://dx.doi.org/10.24127/ajpm.v13i2.8663

Refbacks

  • There are currently no refbacks.