MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DAN SELF-CONCEPT CALON GURU DI KABUPATEN KARAWANG MELALUI PENDEKATAN OPEN-ENDED
(1) 
(*) Corresponding Author
Abstract
This study aims to investigate open-ended learning approach in improving undergraduate students’ mathematical problem-solving ability and self-concept toward linear algebra subject. Population in this study is mathematics education students FKIP Unsika in four semesters that takes linear algebra courses while the sample is two classes became experiment class and control class. The research design that used in this study is non-equivalent control group design. Results show that undergraduate students’ mathematical problem-solving ability and self-concept who followed open-ended learning approach were fostered significantly compared to undergraduate students’ who received conventional teaching method.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Afgani. D, J. 2013. Pendekatan Open-Ended dalam Pembelajaran Matematika. http://file.upi.edu/Direktori/FPMIPA/JUR._PEND._MATEMATIKA/196805111991011-JARNAWI_ AFGANI_DAHLAN/Perencanaan_Pembelajaran_Matematika/open-ended.pdf. Diakses 10 April 2014.
Effendi, L.A. (2012). Pembelajaran Matematika dengan Metode Penemuan Terbimbing untuk Meningkatkan Kemampuan Representasi dan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP. Jurnal Penelitian Pendidikan. Vol. 13, No. 2, Hal 1-10. http://jurnal.upi.edu/file/ Leo_Adhar.pdf. 10 April 2014.
Emay, A. (2011). Peningkatan Kemampuan Pemahaman dan Komunikasi Matematis Siswa SMP dengan Menggunakan Pembelajaran Kooperatif Tipe Formulate-Share-Listen-Create (FSLC). Tesis pada SPs UPI: Tidak diterbitkan.
Fauziah, A. (2009). Peningkatan Kemampuan Pemahaman dan Pemecahan Masalah Matematik Siswa SMP Melalui Strategi REACH (Relating, Experiencing, Applying, Cooperating, Transfering). Tesis pada SPs UPI: Tidak diterbitkan.
Klavir, R. & Hershkovitz, S. (2013). Teaching and Evaluating ‘Open-Ended’ Problems. http://www.cimt.plymouth.ac.uk/ journal/klavir.pdf. Diakses 12 Maret 2014.
Lambertus, Arapu, L. & Patih, T. (2013). Penerapan Pendekatan Open-Ended Untuk Meningkatkan Kemampuan Berfikir Matematis Siswa SMP. Jurnal Pendidikan Matematika. Vol. 4, No. 1, Hal 73-82. http://jurnal-pmat.webs.com/ JUR07_LAMBERTUS_73 82 _JAN2013.pdf. Diakses 12 Maret 2014.
Mahmudi, A. (2008). Mengembangkan Soal Terbuka (Open-Ended Problem) dalam Pembelajaran Matematika. Makalah pada Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika, Yogyakarta.
Mayasari, A.M. (2014). Hubungan Antara Terpaan Pemberitaan Hiv/Aids Di Surat Kabar Kaltim Post Dan Kecemasan Remaja Di Smk Negeri 2 Samarinda. Jurnal Ilmu Komunikasi Fisip Unmul, Vol. 2, No. 1, Hal 203-217.
Muchlis, E.E. (2012). Pengaruh Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) Terhadap Perkembangan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Kelas II SD Kartika 1.10 Padang. Jurnal Exacta, Vol. 10, No. 2, Hal 136-139. http://repository.unib.ac.id/519/1/08.%20Effie%20Efrida%20Mukhlis.pdf. Diakses 21 Maret 2014.
Nuryati, N. (2009). Meningkatkan Kemampuan Pemahaman dan Pemecahan Masalah Matematik Mahasiswa melalui Pembelajaran Inkuiri. Tesis pada SPs UPI: Tidak diterbitkan.
Philip, M.K., Jackson, T.K., & Dave, W. (2011). The Effect of Computer-Assisted Instruction on Student’s Attitudes and Achievement in Matrices and Transformations in Secondary Schools in Uasin Gishu District, Kenya. International Journal of Curriculum and Instruction. Vol. 1, No. 1, Hal 53-62. http://www.mu.ac.ke/ijci/ articles/vol1/mweifulltext.pdf. Diakses 23 April 2014.
Rahman, R. (2012). Hubungan Antara Self-Concept Terhadap Matematika dengan Kemampuan Berfikir Matematik Siswa. Jurnal Infinity, Vol. 1, No. 1, Hal 1-11. http://publikasi.stkipsiliwangi.ac.id/ files/2012/08/Risqi-Rahman.pdf. Diakses 23 April 2014.
Ramli, J. (2010). Pengertian Konsep Kendiri. http://eprints.utm.my/10353/ 1/bab6.pdf. Diakses 21 Maret 2014.
Riduwan. (2004). Metode & Teknik Menyusun Tesis. Bandung: Alfabeta.
Ruseffendi, E.T. (1991). Pengantar Kepada Membantu Guru Mengembangkan Kompetensinya dalam Pendidikan Matematika untuk Meningkatkan CBSA. Bandung: Tarsito.
Ruseffendi, E.T. (1998). Statistika Dasar Untuk Penelitian Pendidikan. Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Dirjen Pendidikan Tinggi. Proyek Pembinaan Tenaga Pendidikan Tinggi.
Ruseffendi, E.T. (2005). Dasar-Dasar Penelitian Pendidikan dan Bidang Non-Eksakta Lainnya. Bandung: Tarsito.
Siregar, N. (2011). Pembelajaran Geometri Melalui Model PACE Berbantuan GEOGEBRA Sebagai Upaya Meningkatkan Kemampuan Penalaran dan Komunikasi Matematis Siswa SMA. Tesis pada SPs UPI: Tidak diterbitkan.
Suharjanti, (2014). Analisis Validitas Dan Reliabilitas Dengan Skala Likert Terhadap Pengembangan Si/Ti Dalam Penentuan Pengambilan Keputusan Penerapan Strategic Planning Pada Industri Garmen. Prosiding Seminar Nasional Aplikasi Sains & Teknologi (SNAST) 2014, Yogyakarta.
Suherman, E. (2003). Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung: JICA.
Uhti. (2011). Pembelajaran Kooperatif dengan Pendekatan Open-Ended Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Sekolah Menengah. Makalah pada Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika, Yogyakarta.
Widjajanti, D.B. (2008). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Mahasiswa Calon Guru Matematika: Apa dan Bagaimana Mengembangkannya. Makalah pada Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika, Yogyakarta.
DOI: http://dx.doi.org/10.24127/ajpm.v6i2.863
Refbacks
- There are currently no refbacks.