PENGEMBANGAN E-MODUL INTERAKTIF UNTUK MENDUKUNG ALGEBRAIC THINKING PADA MATERI TURUNAN FUNGSI ALJABAR

Sri Winarni(1), Rony Pargaulan Simanjuntak(2*), Marlina Marlina(3), Rohati Rohati(4), Ade Kumalasari(5),

(1) Universitas Jambi
(2) Universitas Jambi
(3) Universitas Jambi
(4) Universitas Jambi
(5) Universitas Jambi
(*) Corresponding Author


Abstract


Berpikir aljabar merupakan suatu metode penyelesaian masalah matematika yang menekankan kemampuan dalam mempelajari aljabar. Peserta didik sering mengalami kesulitan dalam menerapkan konsep aljabar untuk menyelesaikan masalah matematika secara efektif, karena itu penelitian tentang kemampuan berpikir aljabar juga dapat mendorong kreativitas peserta didik. Dengan mengembangkan e-modul untuk mendukung algebraic thinking, peserta didik dapat menyelesaikan masalah matematika secara efektif. Tujuan dari penelitian ini untuk mengembangkan dan menguji e-modul interaktif dalam mendukung algebraic thinking pada materi turunan fungsi aljabar dengan menggunakan model ADDIE yang valid, praktis dan efektif. Jenis penelitian ini adalah Research and Development dan subjek penelitian yaitu peserta didik kelas XI SMA Negeri 9 Muaro Jambi. Pengumpulan data diperoleh berdasarkan angket validasi materi, angket validasi desain, angket respons peserta didik dan angket respon guru, serta tes kemampuan berpikir aljabar. Adapun hasil dari penelitian ini, diperoleh: 1) rata-rata kevalidan dari segi materi sebesar 82,85% (sangat valid) dan dari segi desain 87,77% (sangat valid), 2) rata-rata praktikalitas diperoleh dari tingkat kepraktisan oleh guru sebesar 88,75% (sangat praktis) dan tingkat kepraktisan dari peserta didik 90,25% (sangat praktis), 3) rata-rata efektivitas diperoleh dari angket respons peserta didik sebesar 85,90% (sangat efektif) dan tes kemampuan berpikir aljabar dengan n-gain sebesar 0,7239 dengan tafsiran cukup efektif.

 

Algebraic thinking is a method of solving mathematical problems that emphasizes the ability to learn algebra. Students often experience difficulty in applying algebraic concepts to solve mathematical problems effectively, therefore research on algebraic thinking abilities can also encourage students' creativity. By developing e-modules to support algebraic thinking, students can solve mathematical problems effectively. The aim of this research is to produce and test interactive e-modules to support algebraic thinking on material derived from algebraic functions using the ADDIE model which is valid, practical and effective. This type of research is Research and Development and the research subjects are class XI students at SMA Negeri 9 Muaro Jambi. Data collection was obtained based on material validation questionnaires, design validation questionnaires, student response questionnaires and teacher response questionnaires, as well as algebraic thinking ability tests. The results of this research were obtained: 1) the average validity in terms of material was 82.85% (very valid) and in terms of design 87.77% (very valid), 2) the average practicality was obtained from the level of practicality by teachers was 88.75% (very practical) and the level of practicality of students was 90.25% (very practical), 3) the average effectiveness obtained from student response questionnaires was 85.90% (very effective) and thinking ability tests algebra with an n-gain of 0.7239 with quite effective interpretation.


Keywords


Algebraic Thinking; e-Modul Interaktif; Pendekatan Saintifik; Penelitian dan Pengembangan

References


Afandi, J. (2017). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan Kontekstual Budaya Lombok. Beta Jurnal Tadris Matematika, 10(1), 1. https://doi.org/10.20414/betajtm.v10i1.83

Afifah, Nur Dwi., et. a. (2023). PENGEMBANGAN E-MODUL OTAN BERBANTU PhET SIMULATION BERBASIS FLIPBOOK MAKER PADA MATERI OPERASI HITUNG PECAHAN Universitas Kristen Satya Wacana , Salatiga , Indonesia Abstrak PENDAHULUAN Matematika merupakan suatu mata pelajaran yang dapat mening- katkan k. 12(1), 1018–1025.

Apriliyanto, B. (2019). Analisis Kesalahan Siswa dalam Pemecahan Masalah Turunan Fungsi Aljabar. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 3(2), 117. https://doi.org/10.32585/jkp.v3i2.300

Badawi, A., Richmad, & Agoestanto, A. (2016). Analisis Kemampuan Berpikir Aljabar dalam Matematika pada Siswa SMP Kelas VIII. Unnes Journal of Mathematics Education (UJME), 5(3), 182–189. http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/ujme

Chan, Z. C. Y. (2018). A systematic review on critical thinking in medical education. International Journal of Adolescent Medicine and Health, 30(1), 1–15. https://doi.org/10.1515/ijamh-2015-0117

Fitriani, F., & Salsinha, C. N. (2021). Komparasi Pengaruh Pendekatan Scientific Dan Open-Ended Terhadap Kemampuan Literasi Matematis Siswa Menengah Pertama Di Kefamenanu. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(2), 972. https://doi.org/10.24127/ajpm.v10i2.3562

Ganesan, M., & Muruganantham, G. (2015). Developing of E-content package by using ADDIE model. International Journal of Applied Research, 1(3), 52–54. www.allresearchjournal.com

Hayati, S., Budi, A. S., & Handoko, E. (2015). Pengembangan Media pembelajaran Flipbook Fisika Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik. Seminar Nasional Fisika, IV, 49–52. https://journal.unj.ac.id/unj/index.php/prosidingsnf/article/view/4810/3587

Istikomah, I., Astuti, E. P., & Kurniawan, H. (2020). Kemampuan Berpikir Aljabar Siswa Climber dalam Menyelesaikan Masalah SPLDV. AlphaMath : Journal of Mathematics Education, 6(2), 96. https://doi.org/10.30595/alphamath.v6i2.8117

Kamol, N., & Har, Y. B. (2010). Upper Primary School Students’ Algebraic Thinking. Proceedings of the 33rd Annual Conference of the Mathematics Education Research Group of Australasia, July, 289–296. https://files.eric.ed.gov/fulltext/ED520911.pdf

Kholifah, N. (2019). PENDEKATAN ILMIAH (SCIENTIFIC APPROACH) DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI KURIKULUM 2013: Studi Analisis Berdasarkan Paradigma Positivistik. CENDEKIA : Jurnal Studi Keislaman, 5(1), 1–22. https://doi.org/10.37348/cendekia.v5i1.70

Kusumaningsih, W., Darhim, Herman, T., & Turmudi. (2018). Improvement algebraic thinking ability using multiple representation strategy on realistic mathematics education. Journal on Mathematics Education, 9(2), 281–290. https://doi.org/10.22342/jme.9.2.5404.281-290

Murtihapsari, M., Patandean, S. N., Surbakti, P. S., Larasati, C. N., & Toding, M. T. (2021). Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad (Student Team Achievment Divison) Terhadap Hasil Belajar Kognitif Peserta Didik Secara Daring. Quantum: Jurnal Inovasi Pendidikan Sains, 12(2), 185. https://doi.org/10.20527/quantum.v12i2.11109

Nurmawanti, I., & Sulandra, I. M. (2020). Exploring of Student’s Algebraic Thinking Process Through Pattern Generalization using Similarity or Proximity Perception. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(2), 191–202. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v9i2.603

Purwanti, R. D., Pratiwi, D. D., & Rinaldi, A. (2016). Pengaruh Pembelajaran Berbatuan Geogebra terhadap Pemahaman Konsep Matematis ditinjau dari Gaya Kognitif. Al-Jabar : Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), 115–122. https://doi.org/10.24042/ajpm.v7i1.131

Riduwan, DR. M. B. (2015). Skala Pengukuran Variabel-Variabel Penelitian. Bandung: ALFABETA

Rohmatulloh, R., Nindiasari, H., & Fatah, A. (2023). Pengembangan E-Modul Interaktif Berbasis Problem Based Learning (Pbl) Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 12(4), 3599. https://doi.org/10.24127/ajpm.v12i4.8172

Saryadi, W., & Sulisworo, D. (2023). Development of E-Module Based on the Discovery Learning to Improve the Student Creative Thinking Skills. JTAM (Jurnal Teori Dan Aplikasi Matematika), 7(1), 11. https://doi.org/10.31764/jtam.v7i1.10185

Septiati, E., Misdalina, M., & Rohana, R. (2022). Pengembangan Modul Elektronik Konsep Dasar Bilangan Berbasis Flipped Classroom Bagi Mahasiswa Pgsd. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 11(2), 1173. https://doi.org/10.24127/ajpm.v11i2.4976

Sidik, M. K., & Rumbia, L. (2021). Pengembangan Modul Matematika Dengan Pendekatan Saintifik Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(4), 2826. https://doi.org/10.24127/ajpm.v10i4.4250

Sufairoh. (2016). Pendekatan Saintifik dan Model Pembelajaran K-13. Jurnal Pendidikan Profesional, 5(3), 116–125.

Vennebush, G. P., Marquez, E., & Larsen, J. (2020). Embedding Algebraic Thinking throughout the Mathematics Curriculum. Mathematics Teaching in the Middle School, 11(2), 86–93. https://doi.org/10.5951/mtms.11.2.0086

Wahyuniar, L. S., Shofia, N., & Rochana, S. (2018). PROSES BERPIKIR ALJABAR SISWA MTs KELAS VIII MENURUT TAKSONOMI SOLO DITINJAU DARI PERBEDAAN GENDER. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 15(3–2), 32–39.




DOI: http://dx.doi.org/10.24127/ajpm.v13i3.8540

Refbacks

  • There are currently no refbacks.