PENGEMBANGAN LKS BERBASIS PBL BERBANTUAN GEOGEBRA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN KESADARAN METAKOGNITIF SISWA

Nilatul Khoeriah(1*), Ali Mahmudi(2), Sudrajat Sudrajat(3),

(1) Universitas Negeri Yogyakarta
(2) Universitas Negeri Yogyakarta
(3) Universitas Negeri Yogyakarta
(*) Corresponding Author


Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang bertujuan untuk mengembangkan LKS berbasis PBL berbantuan GeoGebra untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah dan kesadaran metakognitif siswa yang memenuhi aspek valid, praktis dan efektif. Model penelitian menggunakan model ADDIE, yaitu analysis, design, development, implementation, dan evaluation. Subjek penelitian berjumlah 32 siswa MTs Negeri 8 Ciamis. Instrumen penelitian meliputi angket penilaian kepraktisan guru dan siswa, lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran, tes kemampuan pemecahan masalah dan angket kesadaran metakognitif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) LKS berbasis PBL berbantuan GeoGebra yang dikembangkan memenuhi aspek valid dengan kriteria “Sangat Baik”, (2) LKS berbasis PBL berbantuan GeoGebra yang dikembangkan memenuhi aspek praktis dengan kriteria “Sangat Baik”, (3) LKS berbasis PBL berbantuan GeoGebra yang dikembangkan memenuhi aspek efektif dimana hasil tes kemampuan pemecahan masalah dianalisis menggunakan uji one sampel t-test. Pada tahap ini diperoleh nilai rata-rata angket siswa lebih dari 75 sehingga disimpulkan bahwa LKS berbasis PBL berbantuan GeoGebra efektif untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah dan kesadaran metakognitif siswa. Berdasarkan hasil yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa LKS berbasis PBL berbantuan GeoGebra yang dikembangkan memenuhi aspek kevalidan, kepraktisan dan keefektifan.

GeoGebra-assisted PBL to improve students' problem-solving skills and metacognitive awareness that meet the valid, practical and effective aspects. The research model uses the ADDIE model, namely analysis, design, development, implementation, and evaluation. The research subjects were 32 students of MTs Negeri 8 Ciamis. The research instruments included teacher and student practicality assessment questionnaires, learning implementation observation sheets, problem solving ability tests and metacognitive awareness questionnaires. The results showed that (1) the developed GeoGebra-assisted PBL-based LKS met the valid aspects with the criteria of "Very Good", (2) the developed GeoGebra-assisted PBL-based LKS met the practical aspects with the criteria of "Very Good", (3) PBL-based worksheets assisted by GeoGebra developed meet the effective aspects where the results of the problem solving ability test analyzed using the one sample t-test. At this stage, the student questionnaire was more than 75, so it is concluded that the PBL-based LKS assisted by GeoGebra is effective for improving students' problem solving skills and metacognitive awareness. Based on the results obtained, it can be concluded that the developed GeoGebra-assisted PBL-based worksheet meets the aspects of validity, practicality and effectiveness.


Keywords


GeoGebra, Metacognitive Awareness, PBL, Problem-solving

References


Abdillah, D. M., & Astuti, D. (2021). Pengembangan lembar kerja peserta didik (LKPD) berbasis problem-based learning (PBL) pada topik sudut. Pythagoras: Jurnal Pendidikan Matematika, 15(2), 190–200. https://doi.org/10.21831/pg.v15i2.36444

Agitsna, L. D., Wahyuni, R., Friansah, D., & Friansah, D. (2019). Pengembangan Lembar Kerja Siswa Berbasis Problem Based Learning Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar Kelas Viii Smp Negeri 11 Lubuklinggau. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 8(3), 429–437. https://doi.org/10.24127/ajpm.v8i3.2360

Agustin, D., Widowati, H., & Achyani. (2017). Hubungan Kesadaran dan Regulasi Metakognitif Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa Pendidikan Biologi. Semnasdik Fkip Univ. Muhammadiyah Metro, 19–24.

Branch, R. M. (2009). Instructional design: The ADDIE approach. Department of Educational Psychology and Instructional Technology University of Georgia (Vol. 53).

Dimitri Kokotsaki, Victoria Menzies, A. W. (2016). Project-based learning : a review of the literature, 1–7. https://doi.org/10.1177/1365480216659733

Eggen, P., & K. (2012). Strategi dan Model Pembelajaran: Mengajarkan Konten dan Keterampilan Berpikir. Jakarta : Indeks.

Hidayatulloh, M. S. (2017). Pengembangan E- Modul Matematika Berbasis Problem Based Learning Berbantuan Geogebra Pada Materi Bilangan Bulat. Aksioma: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 24. https://doi.org/10.26877/aks.v7i2.1416

Hohenwarter, M., Hohenwarter, J., Kreis, Y., & Lavicza, Z. (2008). Teaching and calculus with free dynamic mathematics software GeoGebra. 11th International Congress on Mathematical Education, (July), 1–9.

Indriani, M., Niswah, C., & Arifin, S. (2017). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (Lkpd) Berbasis Inkuiri Terbimbing Pada Materi Transformasi Geometri. Jurnal Pendidikan Matematika RAFA, 3(2), 165–180. https://doi.org/10.19109/jpmrafa.v3i2.1739

Lester, F., & Cai, J. (2016). Posing and Solving Mathematical Problems. Posing and Solving Mathematical Problems, (January). https://doi.org/10.1007/978-3-319-28023-3

NCTM. (2000). National Council of Teachers of Mathematics. The Arithmetic Teacher, 29(5), 59. https://doi.org/10.5951/at.29.5.0059

Pendidikan, J., Vija Rukminingrum, D., Hanurawan, F., & Mudiono, A. (2017). Tersedia secara online EISSN: 2502-471X pengetahuan metakognitif belajar siswa kelas v sd. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian dan Pengembangan (2), 280–284.https://doi.org/10.17977/jp.v2i2.8547

Permendikbud. (2022). Peraturan Menteri Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi Tentang Standar Proses Pada Pendidikan Usia Dini, Jenjang Pendidikan Dasar dan Jenjang Pendidikan Menengah. Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 16 Tahun 2022 Tentang Standar Proses Pendidikan Dasar Dan Menengah, 1(69), 5–24.

Polya. (1973). How to solve it: A New Aspect of Mathematical Method. New Jersey, USA: Pricenton University Press.

Purwanti, R. D., Pratiwi, D. D., & Rinaldi, A. (2016). Pengaruh Pembelajaran Berbatuan Geogebra terhadap Pemahaman Konsep Matematis ditinjau dari Gaya Kognitif. Al-Jabar : Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), 115–122. https://doi.org/10.24042/ajpm.v7i1.131

Ramadhani, R., & Narpila, S. D. (2018). Problem based learning method with geogebra in mathematical learning. International Journal of Engineering and Technology(UAE), 7(3.2 Special Issue 2), 774–777. https://doi.org/10.14419/ijet.v7i3.2.18753

Risfalidah, Rosidin, U., & Sutiarso, S. (2019). Pengembangan LKPD Berbasis Problem Based Learning Ditinjau Dari Disposisi Dan Kemampuan Komunikasi Matematis. JPPM (Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika), 12(2), 271–283.

Savery, J. . (2006). Overview Of Problem-based Learning : Devinition and Distinction Interdisciplinary. Journal Problem-based Learning, 1(1), 9–20.

Solihah, A. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) terhadap Hasil Belajar Matematika. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 1(1), 45–53. https://doi.org/10.30998/sap.v1i1.1010

Squier, K. L. (2018). Metacognitive awareness. A Construct-Based Approach (CBA) to Implementing Comprehensive School Counseling Programs. Trial-Based Cognitive Therapy, 45–46.

Sudrajat, Mahmudi, A., & Setyorini, A. I. (2022). Pengembangan LKPD berorientasi HOTS untuk memfasilitasi kemampuan pemecahan masalah non-rutin siswa. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 11(4), 3432–3443.

Sugiyanto, Y., Hasibuan, M. H. E., & Anggereni, E. (2018). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Kontekstual Pada Materi Ekosistem Kelas VII SMPN Tanjung Jabung Timur. Edu-Sains: Jurnal Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, 7(1), 23–33. https://doi.org/10.22437/jmpmipa.v7i1.7279

Syahril, R. F., Saragih, S., & Suanto, E. (2023). Pengembangan modul ajar berbasis problem based learning untuk memfasilitasi kecakapan pemecahan masalah matematis. Aksioma: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 12(2), 1987–1997.

Tran, T., Nguyen, N.-G., Bui, M.-D., & Phan, A.-H. (2014). Discovery Learning with the Help of the GeoGebra Dynamic Geometry Software. International Journal of Learning, Teaching and Educational Research, 7(1), 44–57.

Widoyoko, S. E. P. (2020). Teknik Penyusunan Instrumen Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Belajar.




DOI: http://dx.doi.org/10.24127/ajpm.v13i1.8534

Refbacks

  • There are currently no refbacks.