PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBASIS GUIDED DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS

Suci Juandika(1*), I Made Arnawa(2), Ahmad Fauzan(3), Yulyanti Harisman(4),

(1) Universitas Negeri Padang
(2) Universitas Andalas
(3) Universitas Negeri Padang
(4) Universitas Negeri Padang
(*) Corresponding Author


Abstract


 

Perangkat pembelajaran merupakan acuan dalam melaksanakan pembelajaran agar tercapainya tujuan pembelajaran. Tujuan pelaksanaan pembelajaran matematika ialah mengembangkan kemampuan peserta didik dalam memecahkan masalah matematis semaksimal mungkin. Berdasarkan hasil studi literatur dan analisis pendahuluan, kebanyakan perangkat pembelajaran yang ada masih bersifat umum, maksudnya perangkat pembelajaran yang dirancang tidak dikaitkan dengan kemampuan pemecahan masalah matematis. Dengan demikian, menghasilkan perangkat pembelajaran berbasis Guided Discovery Learning berupa Rencana Pelaksanaan Pembelajaran dan Lembar Kerja Peserta Didik dengan kriteria valid, praktis, dan efektif untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik merupakan tujuan dari penelitian ini. Peserta didik kelas XI SMAN 2 Lubuk Basung merupakan subjek dalam penelitian ini. Penelitian ini ialah penelitian pengembangan dengan pendekatan model Ploomp. Untuk pengumpulan data penelitian, instrumen yang digunakan adalah lembar validasi RPP dan LKPD, angket responden, lembari observasi keterlaksanaan RPP, dan soal tes pemecahan masalah matematis. Penelitian menunjukan bahwa perangkat pembelajaran yang dikembangkan berada di kategori sangat valid untuk RPP dan LKPD, kemudian analisis uji praktikalitas menunjukan bahwa LKPD yang dikembangkan praktis dengan kategori sangat praktis, dan hasil uji efektivitas menunjukan perangkat pembelajaran efektif dengan kategori sangat baik.

 

Learning tools are a reference in implementing learning to achieve learning objectives. The implementation of mathematics learning aims to improve students' ability to solve mathematical problems as much as possible. Based on the results of literature studies and preliminary analysis, most of the existing learning tools are still general, meaning that the learning tools designed are not associated with mathematical problem-solving skills. Thus, producing Guided Discovery Learning-based learning tools in the form of Learning Implementation Plans and Learner Worksheets with valid, practical, and effective criteria for developing students' ability to solve mathematical problems is the goal of this study. Students of class XI SMAN 2 Lubuk Basung are the subjects in this study. This research is development research with the Ploomp approach. To collect research data, lesson plan and learner worksheet validation sheets, respondents' questionnaires, lesson plan implementation observation sheets, and mathematical problem-solving test questions were the instruments of this study. The research shows that the learning tools developed are in the very valid category. The analysis of the practicality test shows that the learner worksheet developed is practical with a convenient category, and the results of the effectiveness test show that the learning tools are effective with a very good category.


Keywords


Guided Discovery Learning; Kemampuan Pemecahan Masalah; Perangkat Pembelajaran

References


Afriansyah, E. A. (2016). Investigasi Kemampuan Problem Solving dan Problem Posing Matematis Mahasiswa Via Pendekatan Realistic. Mosharafa : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(3), 269–280.

Branca, N. (1980). Problem Solving as a Goal, Process, and Basic Skill. In S. Krulik, & R. E. Reys, Problem Solving in School Mathematics. NCTM.

Putri, D.R. & Nugraheni, E. A. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Guided Discovery Learning (GDL) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa SMA. Proximal: Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika, 5(2), 191–197. https://doi.org/10.30605/proximal.v5i2.1898

Hanifah, N., Labulan, P. M., & Kukuh, K. (2018). Pencapaian Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas VIII Dalam Kompetensi Dasar Geometri Kelas VII di SMP/MTs Kecamatan Sambutan Tahun Ajaran 2015/2016. Primatika : Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 71–80. https://doi.org/10.30872/primatika.v7i2.415

Ismail, I. (2019). Perkembangan Kognitif Pada Masa Pertengahan dan Akhir Anak-Anak. Jurnal Pendidikan Dasar Dan Keguruan, 4(1), 15–22. https://doi.org/10.47435/jpdk.v4i1.90

Kamarullah, K. (2017). Pendidikan Matematika di Sekolah Kita. Al Khawarizmi: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika, 1(1), 21. https://doi.org/10.22373/jppm.v1i1.1729

Marlina, R., Nurjahidah, S., Sugandi, A. I., & Setiawan, W. (2018). Penerapan Pendekatan Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas VII MTs Pada Materi Perbandingan dan Skala. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 1(2), 113. https://doi.org/10.22460/jpmi.v1i2.p113-122

Mawaddah, S., & Anisah, H. (2015). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Pada Pembelajaran Matematika dengan Menggunakag) di SMPn Model Pembelajaran Generatif (Generative Learning) di SMP. EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 166–175. https://doi.org/10.20527/edumat.v3i2.644

Nasution, D. H., & Yerizon. (2019). Development of student worksheets based on discovery learning to improve student mathematical problem solving ability in class X senior high school. International Journal of Scientific and Technology Research, 8(6), 228–231.

Rahimmiptahuddin, R. (2018). Implementasi Model Guided Discovery Learning Dalam Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Dan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Trigonometri Kelas X Mia-1 Madrasah Aliyah Negeri 3 Banjarmasin Tahun Pelajaran 2017/2018. EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 197–209. https://doi.org/10.20527/edumat.v6i2.5684

Rahmi, I., & Arnawa, I. M. (2018). Developing Learning Instrument Based on Guided Inquiry Using CRA Sequence To Improve Students’ Problem Solving Skill. ICME : International Conference on Mathematics and Mathematics Education 2018, 285, 219–221. https://doi.org/10.2991/icm2e-18.2018.51

Ramadhani, R. (2017). Peningkatan Kemampuan Pemahaman Konsep Dan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Sma Melalui Guided Discovery Learning Berbantuan Autograph. Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran Matematika, 10(2), 72–81. https://doi.org/10.30870/jppm.v10i2.2032

Rostika, D., & Junita, H. (2017). Sd Dalam Pembelajaran Matematika Dengan Model Diskursus Multy Representation ( DMR). Jurnal Pendidikan Dasar, 9(1), 35–46.

Septiani, A., Yuhana, Y., & Sukirwan, S. (2022). Pengembangan LKPD untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika : Systematic Literature Review. Jurnal Basicedu, 6(6), 10110–10121. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i6.3782

Simamora, R. E., Saragih, S., & Hasratuddin, H. (2018). Improving Students’ Mathematical Problem Solving Ability and Self-Efficacy through Guided Discovery Learning in Local Culture Context. International Electronic Journal of Mathematics Education, 14(1). https://doi.org/10.12973/iejme/3966

Susanti, S., Musdi, E., & Syarifuddin, H. (2017). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Penemuan Terbimbing Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Materi Statistika. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 1(2), 305. https://doi.org/10.33603/jnpm.v1i2.561

Tahir, T., & Kurniawan, P. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Penemuan Terbimbing Terhadap Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Mahasiswa. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(4), 1059–1066. https://doi.org/10.24127/ajpm.v9i4.3003

Tambunan, S. J., Sitinjak, D. S., & Tamba, K. P. (2019). Pendekatan Matematika Realistik Untuk Membangun Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas Xi Ips Pada Materi Peluang [Realistic Mathematics Education in Building the Mathematics Problem-Solving Abilities of Grade 11 Social Science Track Students S. JOHME: Journal of Holistic Mathematics Education, 2(2), 119. https://doi.org/10.19166/johme.v2i2.1691

Winda Safitri, Hendra Syarifuddin, Edwin Musdi, A. A. (2022). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Penemuan Terbimbing Untuk Meningkatkan Komunikasi Matematis Peserta Didik Kelas Viii Smp. Jurnal Edukasi Matematika Dan Sains, 8(2), 173–183. https://doi.org/10.25273/jems.v10i2.12269

Yusri, D. R. L., Permana, D., & Arnawa,I.M.(2021).Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Problem Based Learning (Pbl) Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(4), 2859. https://doi.org/10.24127/ajpm.v10i4.4367




DOI: http://dx.doi.org/10.24127/ajpm.v13i2.8524

Refbacks

  • There are currently no refbacks.