PENGEMBANGAN SOAL ASESMEN KOMPETENSI MINIMUM (AKM) MATEMATIKA PADA MATERI PELUANG UNTUK PESERTA DIDIK SMP
(1) Universitas PGRI Palembang
(2) Universitas PGRI Palembang
(3) Universitas PGRI Palembang
(*) Corresponding Author
Abstract
Assesmen Kompetensi Minimum (AKM) diperkenalkan sebagai upaya peningkatan kualitas pendidikan dan evaluasi hasil belajar . AKM bertujuan untuk mengukur kemampuan berpikir kritis, kemampuan pemecahan masalah, serta literasi matematika dan membaca, yang merupakan kompetensi dasar yang harus dimiliki oleh peserta didik.Tujuan penelitian ini untuk menghasilkan soal Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) matematika untuk peserta didik SMP yang valid dan reliabel. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan (Research and Development/R&D) dengann prosedur Raja Guk-Guk. Prosedur Raja Guk-Guk terdiri dari 7 tahap, yaitu menentukan tujuan, analisis kurikulum, membuat kisi-kisi, membuat soal, melakukan telaah instrumen secara teoritis, melakukan uji coba dan analisis hasil uji coba, revisi. Objek dalam penelitian ini adalah soal asesmen kompetensi minimum (AKM) matematika. Data dikumpukan menggunakan angket dan tes. Analisis kevalidan diuji dengan koefisien korelasi product moment pearson, Reliabilitas instrumen digunakan Alpa Cronbach’s. Hasil validasi memenuhi syarat berdasarkan isi, konstruk dan bahasa. Nilai koefisien reprodusibilitas 0,92 > 0,90, nilai koefisien skalabilitas 0,77 > 0,60, yang menunjukkan soal baik untuk digunakan. Hasil dari uji validasi empiris dari 15 soal diperoleh nilai seperti terlihat pada tabel 2. , dari uji relliabilitas diperoleh r= 0,926 > 0.70 yang belrarti instrumen yang dikembangkan dinyatakan Reliable.
Minimum Competency Assessment (AKM) was introduced as an effort to improve the quality of education and evaluate learning outcomes. AKM aims to measure critical thinking skills, problem solving abilities, as well as mathematics and reading literacy, which are basic competencies that students must have. The aim of this research is to produce Mathematics Minimum Competency Assessment (AKM) questions for junior high school students that are valid and reliable. . The research method used is research and development (R&D) with the Raja Guk-Guk procedure. The Raja Guk-Guk procedure consists of 7 stages, namely determining objectives, curriculum analysis, creating a grid, creating questions, conducting theoretical instrument studies, conducting trials and analyzing trial results, revision. The object of this research is the minimum competency assessment (AKM) in mathematics. Data collection techniques used were questionnaires and tests. Validity analysis was tested using the Pearson product moment correlation coefficient. The reliability of the instrument was used by Cronbach's Alpa. The validation results meet the requirements based on content, construct and language. The reproducibility coefficient value is 0.92 > 0.90, the scalability coefficient value is 0.77 > 0.60, which indicates the questions are good to use. The results of the empirical validation test of 15 questions obtained a value of r_Calculate>r_(Table ) as shown in table 2. From the reliability test, r= 0.926 > 0.70 was obtained, which means that the instrument developed was declared Reliable.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Amelia, S., Widiati, I., & Yadrika, G. (2023). Pengembangan soal numerasi untuk peserta didik fase d. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 12(2), 2123–2138.
Andiani, D., Hajizah, M. N., & Dahlan, J. A. (2021). Analisis Rancangan Assesmen KompetensiMinimum (AKM) Numerasi Program Merdeka Belajar. Majamath: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 4(1), 80–90.
Ate, D., & Lede, Y. K. (2022). Analisis Kemampuan Siswa Kelas VIII dalam Menyelesaikan Soal Literasi Numerasi. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 472–483.
Darma, B. (2020). Statistika Penelitian Menggunakan SPSS. Guepedia.
Fatimah, C., & Puspaningtyas, N. D. (2020). DAMPAK PANDEMI COVID-19 TERHADAP PEMBELAJARAN ONLINE MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI MAN 1 LAMPUNG SELATAN. Jurnal Pendidikan Matematika Universitas Lampung, 8(4), 250–260.
Indra, K., & Rahadyan, A. (2021). Analisis Kemampuan Numerasi Siswa Kelas XI dalam Penyelesaian Soal Tipe AKM pada Pokok Bahasan Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel. Matematika Didaktis, 3(2), 84–91.
Kohler, T. (2023). A Process for Improving the Quality of Multiple-Choice Certification Exams. In Unpublished masters project manuscript, Department of Instructional Psychology and Technology, Brigham Young University, Provo, Utah. https://scholarsarchive.byu.edu/ipt_projects/56
Lestari, K. E., & Yudhanegara, M. R. (2017). Penelitian Pendidikan Matematika. Refika Aditama.
Mahmud, M., & Pratiwi, I. (2019). Literasi Numerasi Siswa Dalam Pemecahan Masalah Tidak Tersetruktur. KALAMATIKA Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 69–88.
Masfufah, R., & Afriansyah, E. A. (2021). Analisis Kemampuan Literasi Matematis Siswa melalui Soal PISA. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(2), 291–300. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v10i2.825
Maulida, N., Anra, H., & Pratiwi, H. S. (2018). Aplikasi Pembelajaran Interaktif Pengenalan Hewan pada Anak Usia Dini. Jurnal Sistem Dan Teknologi Informasi (JustIN), 6(1), 26. https://doi.org/10.26418/justin.v6i1.23726
Parinata, D., & Puspaningtyas, N. D. (2021). Optimalisasi Penggunaan Google Form terhadap Pembelajaran Matematika. Mathema: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 56. https://doi.org/10.33365/jm.v3i1.1008
Purnomo, H., Sa’dijah, C., Hidayanto, E., Sisworo, Permadi, H., & Anwar, L. (2022). Development of Instrument Numeracy Skills Test of Minimum Competency Assessment (MCA) in Indonesia. International Journal of Instruction, 15(3), 635–648. https://doi.org/10.29333/iji.2022.15335a
Purwanto, A. (2021). Pemahaman Siswa Kelas XI SMK Negeri 1 pujer dalam menyelesaikan soal AKM numerasi. Journal of Matematics Education and Learning, 1(2), 109–115.
Rajagukguk, W. (2015). Evaluasi Hasil Belajar Matematika. Media Akademi.
Satiawy, M., Christiana. M, L., & La, M. (2022). MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MATERI PELUANG DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN SNOWBALL THROWING PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 TIAKUR. Sora Journal of Mathematics Education, 3(2), 58–64.
Sibarani, G., & Syahputra, E. (2019). Analisis Kemampuan Penalaran Siswa Melalui Proses Pemecahan Masalah Matematika Pada Materi Peluang. PPs Unimed Medan, Sumatera Utara, Indonesia.
Susetyawati, M. E. (2022). Pengembangan butir soal kemampuan literasi numerasi matematika materi bangun ruang kelas viii smp di yogyakarta. Indonesian Journal Of Education And Humanity, 2(2), 52–61.
Zulbryanti, A. C., Wahyudi, W., & Nurhidayah, D. A. (2022). Ropitri: Media Pembelajaran Matematika Materi Trigonometri Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(2), 300. https://doi.org/10.20527/edumat.v10i2.14160
DOI: http://dx.doi.org/10.24127/ajpm.v13i3.8409
Refbacks
- There are currently no refbacks.
.png)

.png)