PENGEMBANGAN MODUL AJAR MATEMATIKA BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA KELAS VII SMP

Silviana Ekasari Asmar(1*), Armiati Armiati(2), I Made Arnawa(3), Yarman Yarman(4),

(1) 
(2) Universitas Negeri Padang
(3) Universitas Andalas
(4) Universitas Negeri Padang
(*) Corresponding Author


Abstract


Kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik masih tergolong rendah. Akibatnya, siswa tidak mampu memodelkan masalah tersebut dalam bentuk matematis, dan siswa juga kurang terampil dalam menginterpretasikan soal kontekstual. Kurangnya bahan ajar yang memfasilitasi kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik, maka dikembangkan modul ajar berbasis PBL yang dirancang sesuai karakteristik peserta didik yang mampu melatih kemandirian peserta didik serta meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model pengembangan Plomp. Produk yang dikembangkan adalah modul ajar dan LKPD berbasis PBL untuk kelas VII SMP materi statistika. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan modul ajar berbasis PBL yang valid, praktis, dan efektif terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik kelas VII SMP. Hasil Validasi modul ajar dan LKPD berbasis PBL sebesar 3,5 dan 3,51 dengan kriteria sangat valid. Sedangkan berdasarkan angket respon peserta didik pada tahap small group evaluation dan field test terhadap praktikalitas LKPD berbasis PBL ialah 91,41% dan 86,05% dengan kriteria sangat praktis dan angket respon pendidik terhadap praktikalitas modul ajar dan LKPD berbasis PBL adalah 93,75% dan 92,19% dengan kriteria sangat praktis. Hasil tes diperoleh rata-rata keseluruhan nilai setiap indikator kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik adalah 73,8% dengan kategori efektif.


Keywords


Kemampuan Pemecahan Masalah; Modul Ajar; Problem Based Learning

References


Abdullah Sani, Ridwan. (2014). Pembelajaran Saintifik untuk Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta : Bumi Aksara.

Afriansyah, E. A. (2016). Investigasi Kemampuan Problem Solving dan Problem Posing Matematis Mahasiswa via Pendekatan Realistic. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(3), 269280.

Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Aris, Shoimin. (2014). 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta : AR-RUZ Media

Heris Hendriana & Utari Soemarmo. (2014). Penilaian Pembelajaran Matematika. Bandung: Refika Aditarma.

Fatmala, Rizky Restiani, dkk. (2020). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Smp Kelas VII Pada Materi

Aritmetika Sosial. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 227-236

Fikadu Eshetu & Shimeles Assefa. (2018). Effects of Context-Based Instructional Approaches on Students Problem-Solving Skills in Rotational Motion. Eurasia Journal of Mathematics, Science and Technology Education. Volume 15 Issue 2

Fung, M. G., & Roland, L. (2004). Writing, Reading and assessing in an Elementary Problem Solving Class. In Problems, Resources and Issue in Mathematics Undergraduate Studies. Proquest Education Journals.

Hajar, Y., dan Sari, V.T.A. (2018). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa SMK Ditinjau dari Disposisi Matematis. Jurnal Inovasi Pendidikan dan Pembelajaran Matematika. 4, (2), 120-131.

Huda, Miftahul. 2014. Model-model pengajaran dan pembelajaran: Isu-isu metodis dan paradigmatis. Yogyakarta: pustaka pelajar

Khayati, F., Sujadi, I., Retno, D., Saputro, S., Magister, P., & Matematika, P. (2016). Pengembangan Modul Matematika Untuk Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning) Pada Materi Pokok Persamaan Garis Lurus Kelas VIII SMP. 4(7), 608621

Lathifah, H. F., Bintoro, H. S., & Ulya, H. (2021). Analisis Faktor Yang Mempengaruhi Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SD. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 10(3)

Lestari, K. E. dan Yudhanegara, M. R. (2015). Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung : Refika Aditama.

Marlina, R., Nurjahidah, S., Sugandi, A. I., Setiawan, W. (2018). Penerapan Pendekatan Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas VII MTs Pada Materi Perbandingan dan Skala. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 1(2), 113-122

Maryati, I. & Priatna, N. (2017). Analisis kesulitan dalam materi statistika ditinjau dari kemampuan penalaran dan Komunikasi statistis. Jurnal PRISMA Universitas Suryakancana, VI (2), 173- 179.

Maulida, Utami. (2022). Pengembangan Modul Ajar Berbasis Kurikulum Merdeka. (Vol. 5, Issue 2).

Maximovna, S. (2018). The Development of Hypothetical Learning Trajectory (HLT) Based on Problem Based Learning Topic Class VII SMP/ MTS.

Merta Sari, N. K. L. (2022). Pengembangan Bahan Ajar Embroidery Berbasis Merdeka Belajar Kampus Merdeka (Doctoral dissertation, Univrsitas Pendidikan Ganesha).

Murdiyani, N. M., Putri, R. I. I., Eerde, D. V., & Van, F. (2013). Developing a Model to Support Students in Solving Subtraction. Journal on Mathematics Education, 4(1), 95112.

Nimah Elvi Alpiatun, Armiati. (2019). Pengaruh Penerapan Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Kelas XI MIA SMAN 2 Padang Tahun Pelajaran 2019/2020. Jurnal Edukasi dan Penelitian Matematika. Vol. 8 No. 4

Plomp, T., & Nieveen, N. (2013). Educational Design Research. Enschede: Netherlands Institute for Curriculum Development (SLO).

Rahimah, R. (2022). Peningkatan Kemampuan Guru SMP Negeri 10 Kota Tebingtinggi Dalam Menyusun Modul Ajar Kurikulum Merdeka Melalui Kegiatan Pendampingan Tahun Ajaran 2021/2022. ANSIRU PAI: Pengembangan Profesi Guru Pendidikan Agama Islam, 6 (1): 92-106.

Rahmawati, Alfi, dkk.(2022). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP Pada Materi Teorema Pythagoras. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika. 6 (1): 365-374

Rahmawati, Dinda, dkk. (2022). Penerapan Model PBL Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP Kelas VII Pada Materi Himpunan. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 5(6), 1725-1734.

Sari, N. I. (2020). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Peserta Didik Ditinjau Dari Kemandirian Belajar Matematika Peserta Didik SMP Negeri 1 Bagan Sinembah Pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel. In Journal of Physics A: Mathematical and Theoretical (Vol. 44, Issue 8)

Simon Adjei Tachie. (2019). Meta-cognitive Skills and Strategies Application: How this Helps Learners in Mathematics Problem-solving. Volume 15 Issue 5

Siska Apulina Peranginangin, Sahat Saragih & Pargaulan Siagia. (2019). Development of Learning Materials through PBL with Karo Culture Context to Improve Students Problem Solving Ability and Self-Efficacy. International Electronic Journal of Mathematics Education. Volume 14 No. 2

Syahrir, Susilawati. (2015). Pengembangan Modul Pembelajaran Matematika SMP. Jurnal Ilmiah Mandala Education (JIME), 1(2): 162-171.

Wulansari, T., Putra, A., Rusliah, N., & Habibi, M. (2019). Pengaruh model pembelajaran berbasis masalah pada materi statistika terhadap kemampuan penalaran statistik siswa. AKSIOMA : Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 10(1), 35.




DOI: http://dx.doi.org/10.24127/ajpm.v13i1.8368

Refbacks

  • There are currently no refbacks.