PENGEMBANGAN E-LKPD BERBASIS DISKURSUS MULTI REPRESENTASI UNTUK MELATIH KEMAMPUAN BERPIKIR ABSTRAK PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR

Meinanda Putri Zalsabella(1), Swasti Maharani(2*), Darmadi Darmadi(3),

(1) Universitas PGRI Madiun
(2) Universitas PGRI Madiun
(3) Universitas PGRI Madiun
(*) Corresponding Author


Abstract


Bahan ajar yang digunakan di SMPN 02 Wungu masih bersifat konvensional. Pada proses pembelajaran matematika peserta didik hanya memahami materi melalui buku dan penjelasan dari guru sehingga tidak ada timbal balik komunikasi. Selama proses pembelajaran peserta didik terlihat tidak antusias. Belum banyak materi yang menggunakan LKPD sebagai bahan ajar. Agar peserta didik mampu meningkatkan kemampuan komunikasi, antusias dan kemapuan berpikir abstrak dalam pembelajaran, peneliti mengembangkan E-LKPD dengan model pembelajaran Diskursus Multi Representasi menggunakan website interaktif Live Worksheets untuk materi bangun ruang sisi datar. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian dengan metode pengembangan atau sering disebut RnD (Research and Development). Penelitian pengembangan ini memakai model pengembangan ADDIE. Kevalidan bahan ajar E-LKPD berbasis Diskursus Multi Representasi (DMR) adalah valid. Pada penelitian yang telah dilaksanakan E-LKPD memperoleh persentase kevalidan sebesar 82,5%. Angket respon peserta didik memperoleh persentase kevalidan sebesar 87,78%. Kepraktisan bahan ajar E-LKPD berbasis Diskursus Multi Representasi (DMR) termasuk kedalam kategori sangat praktis ditinjau dari hasil angket respon peserta didik SMPN 02 Wungu yang menunjukkan 85,42 % pada uji coba terbatas dan 86,88% pada uji lapangan. Sehingga bahan ajar E-LKPD berbasis Diskursus Multi Representasi (DMR) layak untuk digunakan dan diterapkan serta dapat membantu proses kegiatan pembelajaran untuk melatih kemampuan berpikir abstrak peserta didik.

Keywords


Berpikir Abstrak;Diskursus Multi Representasi;E-LKPD

References


Afandi, M., Rachmadtullah, R., & Syamsi, A. (2022). The Impact of the Multi-Representational Discourse Learning Model and Student Involvement in Applying Multiculturalism Values. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 6(2), 295305. https://doi.org/10.23887/jisd.v6i2.46225

Agustina, T., Sukmana, N., & Rahmawati, D. (2019). Penerapan Model Diskursus Multi Representasi ( DMR ) untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematis Siswa. Educare, 17(2), 151158.

Kumalasani, M. P. (2018). Kepraktisan Penggunaan Multimedia Interaktif Pada Pembelajaran Tematik Kelas IV SD. Jurnal Bidang Pendidikan Dasar, 2(1A), 111. https://doi.org/10.21067/jbpd.v2i1a.2345

Mahadi, U. (2021). Komunikasi Pendidikan (Urgensi Komunikasi Efektif dalam Proses Pembelajaran). JOPPAS: Journal of Public Policy and Administration Silampari, 2, 8090.

Makrygiannis, P. A., Makrygiannis, P. S., Krimpeni, M., & Vrizidis, L. (2014). The role of multi-representational learning environments to achieve instrumental genesis in mathematics. World Transactions on Engineering and Technology Education, 12(3), 495500.

Mutiani, M., Supriatna, N., Wiyanarti, E., Alfisyah, A., & Abbas, E. W. (2021). Kuhnians Paradigmatic Analysis Method As a Solution of Abstract Thinking Difficulties in Social Studies. AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan, 13(3), 16531662. https://doi.org/10.35445/alishlah.v13i3.1046

Nurhikmayati, I. (2017). Kesulitan Berpikir Abstrak Matematika Siswa Dalam Pembelajaran Problem Posing Berkelompok. KALAMATIKA Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 159. https://doi.org/10.22236/kalamatika.vol2no2.2017pp159-176

Otsuka, K., & Jay, T. (2017). Understanding and supporting block play: Video observation research on preschoolers block play to identify features associated with the development of abstract thinking. Early Child Development and Care, 187(56), 9901003. https://doi.org/10.1080/03004430.2016.1234466

Ramadhani, I. P. K. (2019). PENSA E-JURNAL : PENDIDIKAN SAINS Kemampuan Berpikir Abstrak Siswa Setelah Mengikuti Pembelajaran Saintifik. Pendidikan Sains, 7(3), 373376. https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/pensa/index

Sal Moslehian, A., Tucker, R., & Kocaturk, T. (2022). Diagrammatic Modelling Tools for Grounded Theory Research: The Implementation of a Multi-Representational Approach. International Journal of Qualitative Methods, 21, 115. https://doi.org/10.1177/16094069221127069

Siregar, F. A. (2020). Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran Abad 21. Prosding Seminar Nasional Teknologi Pendidikan, 610618. http://digilib.unimed.ac.id/38872/3/ATP 70.pdf

Sistyarini, D. I., & Nurtjahyani, S. D. (2017). Analisis Validitas terhadap Pengembangan Handout Berbasis Masalah pada Materi Pencemaran Lingkungan Kelas VII SMP/MTS. Proceeding Biology Education Conference, 14(1), 581584.

Stohl, H., & Tarr, J. E. (2016). Using Multi-Representational Computer Tools To Make Sense Of Inference. D. Mewborn (Ed.), Proceedings of the Twenty-Fourth Annual Meeting of the North American Chapter of the International Group for the Psychology of Mathematics Education. Athens, GA, 123.

Wahyuni, A. S., Purwaningsih, N. E., & Hadijah, I. (2018). Perbedaan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Model Diskursus Multi Representasi dengan Pembelajaran Konvensional. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 7. https://journal.uny.ac.id/index.php/ptbb/article/view/36511

Wahyuni, S. E., Sudarisman, S. M., & Karyanto, P. (2013). Pembelajaran Biologi Model Poe (Prediction, Observation, Explanation) Melalui Laboratorium Riil Dan Laboratorium Virtuil Ditinjau Dari Aktivitas Belajar Dan Kemampuan Berpikir Abstrak. INKUIRI: Jurnal Pendidikan IPA, 2(03), 269278. https://doi.org/10.20961/inkuiri.v2i03.9800

Zulaiha, F. (2018). Profil Keterampilan Berpikir Kritis Siswa dalam Penggunaan Worksheet dan Problemsheet menggunakan Multi Modus Representasi. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Sains (JPFS), 1(1), 2832.




DOI: http://dx.doi.org/10.24127/ajpm.v12i3.8229

Refbacks

  • There are currently no refbacks.