PENGEMBANGAN E-LKPD BERBASIS DISKURSUS MULTI REPRESENTASI UNTUK MELATIH KEMAMPUAN BERPIKIR ABSTRAK PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR
(1) Universitas PGRI Madiun
(2) Universitas PGRI Madiun
(3) Universitas PGRI Madiun
(*) Corresponding Author
Abstract
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Afandi, M., Rachmadtullah, R., & Syamsi, A. (2022). The Impact of the Multi-Representational Discourse Learning Model and Student Involvement in Applying Multiculturalism Values. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 6(2), 295305. https://doi.org/10.23887/jisd.v6i2.46225
Agustina, T., Sukmana, N., & Rahmawati, D. (2019). Penerapan Model Diskursus Multi Representasi ( DMR ) untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematis Siswa. Educare, 17(2), 151158.
Kumalasani, M. P. (2018). Kepraktisan Penggunaan Multimedia Interaktif Pada Pembelajaran Tematik Kelas IV SD. Jurnal Bidang Pendidikan Dasar, 2(1A), 111. https://doi.org/10.21067/jbpd.v2i1a.2345
Mahadi, U. (2021). Komunikasi Pendidikan (Urgensi Komunikasi Efektif dalam Proses Pembelajaran). JOPPAS: Journal of Public Policy and Administration Silampari, 2, 8090.
Makrygiannis, P. A., Makrygiannis, P. S., Krimpeni, M., & Vrizidis, L. (2014). The role of multi-representational learning environments to achieve instrumental genesis in mathematics. World Transactions on Engineering and Technology Education, 12(3), 495500.
Mutiani, M., Supriatna, N., Wiyanarti, E., Alfisyah, A., & Abbas, E. W. (2021). Kuhnians Paradigmatic Analysis Method As a Solution of Abstract Thinking Difficulties in Social Studies. AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan, 13(3), 16531662. https://doi.org/10.35445/alishlah.v13i3.1046
Nurhikmayati, I. (2017). Kesulitan Berpikir Abstrak Matematika Siswa Dalam Pembelajaran Problem Posing Berkelompok. KALAMATIKA Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 159. https://doi.org/10.22236/kalamatika.vol2no2.2017pp159-176
Otsuka, K., & Jay, T. (2017). Understanding and supporting block play: Video observation research on preschoolers block play to identify features associated with the development of abstract thinking. Early Child Development and Care, 187(56), 9901003. https://doi.org/10.1080/03004430.2016.1234466
Ramadhani, I. P. K. (2019). PENSA E-JURNAL : PENDIDIKAN SAINS Kemampuan Berpikir Abstrak Siswa Setelah Mengikuti Pembelajaran Saintifik. Pendidikan Sains, 7(3), 373376. https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/pensa/index
Sal Moslehian, A., Tucker, R., & Kocaturk, T. (2022). Diagrammatic Modelling Tools for Grounded Theory Research: The Implementation of a Multi-Representational Approach. International Journal of Qualitative Methods, 21, 115. https://doi.org/10.1177/16094069221127069
Siregar, F. A. (2020). Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran Abad 21. Prosding Seminar Nasional Teknologi Pendidikan, 610618. http://digilib.unimed.ac.id/38872/3/ATP 70.pdf
Sistyarini, D. I., & Nurtjahyani, S. D. (2017). Analisis Validitas terhadap Pengembangan Handout Berbasis Masalah pada Materi Pencemaran Lingkungan Kelas VII SMP/MTS. Proceeding Biology Education Conference, 14(1), 581584.
Stohl, H., & Tarr, J. E. (2016). Using Multi-Representational Computer Tools To Make Sense Of Inference. D. Mewborn (Ed.), Proceedings of the Twenty-Fourth Annual Meeting of the North American Chapter of the International Group for the Psychology of Mathematics Education. Athens, GA, 123.
Wahyuni, A. S., Purwaningsih, N. E., & Hadijah, I. (2018). Perbedaan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Model Diskursus Multi Representasi dengan Pembelajaran Konvensional. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 7. https://journal.uny.ac.id/index.php/ptbb/article/view/36511
Wahyuni, S. E., Sudarisman, S. M., & Karyanto, P. (2013). Pembelajaran Biologi Model Poe (Prediction, Observation, Explanation) Melalui Laboratorium Riil Dan Laboratorium Virtuil Ditinjau Dari Aktivitas Belajar Dan Kemampuan Berpikir Abstrak. INKUIRI: Jurnal Pendidikan IPA, 2(03), 269278. https://doi.org/10.20961/inkuiri.v2i03.9800
Zulaiha, F. (2018). Profil Keterampilan Berpikir Kritis Siswa dalam Penggunaan Worksheet dan Problemsheet menggunakan Multi Modus Representasi. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Sains (JPFS), 1(1), 2832.
DOI: http://dx.doi.org/10.24127/ajpm.v12i3.8229
Refbacks
- There are currently no refbacks.