PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS PENEMUAN TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS

Ma'ruf Darmawan(1*), Sugeng Sutiarso(2), Nurhanurawati Nurhanurawati(3),

(1) Universitas Lampung
(2) Universitas Lampung
(3) Universitas Lampung
(*) Corresponding Author


Abstract


Kemampuan pemecahan masalah merupakan salah satu kemampuan yang harus dimiliki siswa dan merupakan faktor penting dalam pembelajaran matematika. Tujuan penilitian ini adalah untuk menghasilkan LKPD berbasis penemuan terbimbing yang valid, praktis dan melihat peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang menggunakan LKPD berbasis penemuan terbimbing serta mengenalisis efektivitasnya untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis pada materi persamaan garis lurus . Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Bandar Lampung tahun pelajaran 2022/2023. Jenis penelitian yang dilakukan adalah Research and DevelopmentI menggunakan model Borg and Gall. Dari hasil penelitian dan pengembangan dapat disimpulkan bahwa LKPD yang dikembangkan untuk materi persamaan garis lurus memiliki kategori valid dan praktis. Hasil uji efektivitas menunjukkan bahwa LKPD berbasis penemuan terbimbing dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis dengan rata-rata N-gain sebesar 0,50. Hal ini menunjukan peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik yang mengikuti pembelajaran menggunakan LKPD berbasis penemuan terbimbing termasuk dalam peningkatan dengan kriteria cukup efektif dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa.

Problem solving ability is one of the abilities that students must have and is an important factor in learning mathematics. The aim of this research is to produce valid, practical, guided discovery-based LKPD and see an increase in the mathematical problem solving abilities of students who use guided discovery-based LKPD and identify its effectiveness in improving mathematical problem solving abilities in straight line equations. The subjects of this research were class VIII students of SMP Negeri 1 Bandar Lampung for the 2022/2023 academic year. The type of research carried out is Research and Development using the Borg and Gall model. From the results of research and development it can be concluded that the LKPD developed for straight line equation material has a valid and practical category. The effectiveness test results show that guided discovery-based LKPD can improve mathematical problem solving abilities with an average N-gain of 0.50. This shows an increase in the mathematical problem solving abilities of students who take part in learning using guided discovery-based LKPD, including improvements with criteria that are quite effective in improving students' mathematical problem solving abilities.


Keywords


Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis, LKPD, Penemuan terbimbing

References


Anggoro, B. S. (2016). Meningkatkan Kemampuan Generalisasi Matematis Melalui Discovery Learning dan Model Pembelajaran Peer Led Guided Inquiry. Al-Jabar: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), 11–20. https://doi.org/10.24042/ajpm.v7i1.23

Arifina, S., Kartono, & Hidayah, I. (2019). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah pada Model Problem Based Learning Disertai Remedial Teaching. Eduma : Mathematics Education Learning And Teaching, 8(1), 85–97.

Dwianjani, N. K. V., Candiasa, I. M., & Sariyasa. (2018). Identifikasi Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. NUMERICAL: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 2(2), 153–166.

Hartono, W., & Noto, M. S. (2017). Pengembangan Modul Berbasis Penemuan Terbimbing untuk Meningkatkan Kemampuan Matematis pada Perkuliahan Kalkulus Integral. Jurnal JNPM ( Jurnal Nasional Pendidikan Matematika ), 1(2), 320–333.

Jumhariyani. (2016). Pengaruh Metode Penemuan Terbimbing Dan Kemampuan Berpikir Kritis Terhadap Kemampuan Matematika Siswa Kelas IV SD Sekecamatan SetiaBudi Jakarta Selatan. Jurnal Pendidikan Dasar, 7(1), 62–73.

Khasinah, S. (2021). Discovery Learning : Definisi, Sintaksis, Keunggulan, dan Kelemahan. Jurnal Mudarrisuna : Media Kajian Pendidikan Agama Islam, 11(3), 402–413.

Mardhiyah, R. H., Aldriani, S. N. F., Chitta, F., & Zulfikar, M. R. (2021). Pentingnya keterampilan belajar di abad 21 sebagai tuntutan dalam pengembangan sumber daya manusia. Lectura: Jurnal Pendidikan, 12(1), 29–40.

Muzaki, L., Slamin, & Dafik. (2015). Pengembangan Perangkat Pembelajaran berbasis Metode Guided Discovery Learning Berbantuan E-Learning dengan Aplikasi Atutor pada Pokok Bahasan Lingkaran. Pancaran, 3(2), 25–34.

Rahadian, D. (2016). Pergeseran Paradigma Pembelajaran Pada Pendidikan Tinggi. Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 2(1), 1–7. https://doi.org/10.31980/jpetik.v2i1.60

Rahmawati, N. D., Rodliyah, I., & Saraswati, S. (2022). Inovasi Pembelajaran Abad ke-21 Melalui Pelatihan Pengembangan Soal HOTS Matematika Tingkat Sekolah Dasar. GERVASI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(3), 595–603. http://114.4.104.248/index.php/gervasi/article/view/3617%0Ahttp://114.4.104.248/index.php/gervasi/article/download/3617/1988

Revita, R. (2017). Validitas Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Penemuan Terbimbing. Suska Journal of Mathematics Education, 3(1), 15–26.

Septiani, A., Yuhana, Y., & Sukirwan, S. (2022). Pengembangan LKPD untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika : Systematic Literature Review. Jurnal Basicedu, 6(6), 10110–10121. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i6.3782

Sri Hartati, Ilham Abdullah, S. H. (2017). Pengaruh Kemampuan Pemahaman Konsep, Kemampuan Komunikasi Dan Koneksi Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah. JPM : Jurnal Pendidikan Matematika, 11(2).

Sriwidiarti, D. (2016). Keefektifan Metode Penemuan Terbimbing dan Metode Pemberian Tugas pada Pembelajaran Bangun Ruang Sisi Lengkung. Jurnal Pendidikan Matematika Dan Sains, 4(1), 63–74.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan, Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Suhaeni, Tandiayuk, M. B., & Rizal, M. (2016). Analisis Pemecahan Masalah Siswa Berkemampuan Matematika Tinggi Dalam Menyelesaikan Masalah Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Dikelas VII SMP Negeri 12 Palu. Aksioma, 5(1).

Sumartini, T. S. (2016). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa melalui Pembelajaran Berbasis Masalah. Jurnal Pendidikan Matematika STKIP Garut, 5(2), 148–158.

Utriadi, G., & Suastika. (2021). Pengembangan LKPD Berbasis Pendekatan Saintifik untuk Meningkatkan Sikap Ilmiah Siswa Pada Tema 9 Subtema 1 Muatan Pelajaran IPA Kelas V. Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan Indonesia, 11(2), 1–10.

Wungo, D. P., Susilo, D. A., & Pranyata, Y. I. P. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Penemuan Terbimbing Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa. Jurnal Terapan Sains Dan Teknologi, 3(2), 1–12.

Zebua, T. G. (2021). Teori Motivasi Abraham H. Maslow Dan Implikasinya Dalam KegiatanBelajar Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 68–76.




DOI: http://dx.doi.org/10.24127/ajpm.v13i1.8045

Refbacks

  • There are currently no refbacks.